Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Hukum Seputar Wanita Haid

Posted by Farid Ma'ruf pada 14 April 2007

Ustadz saya mau bertanya hukum membaca al-Quran, masuk masjid, dan masalah rambut rontok dalam mandi wajib, bagi wanita yang haid? Mengapa terjadi pro kontra dalam masalah ini?

Nur Ewi

‘alaikumussalam,

Dik Ewi, menurut Imam Abu Hanifah, Syafi’i, dan Ahmad, haram hukumnya wanita haid membaca Al-Qur`an. Imam Malik membolehkan membaca beberapa ayat. Sedangkan menurut Imam Dawud az-Zahiri, boleh wanita haid membaca al-Quran (ad-Dimasyqi, Rahmatul Ummah, hlm. 18)

Mengapa timbul perbedaan pendapat? Sebab para ulama berbeda dalam menilai hadis dalam masalah ini. Nabi saw. bersabda,”Tidaklah boleh orang junub dan juga wanita haid membaca sedikit pun dari al-Quran.” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad). Sebagian ulama menganggap hadis ini dhaif (lemah) sehingga tidak layak menjadi hujjah (alasan) (Kifayatul Akhyar, I/77-79; Subulus Salam, I/88). Sementara itu sebagian ulama lainnya menganggap hadis itu bukan hadis dhaif.

Pendapat yang lebih kuat (rajih), adalah pendapat yang mengharamkan wanita haid membaca al-Quran. Sebab meskipun sebagian ulama melemahkan hadis di atas, namun hadis tersebut dianggap hasan (cukup baik) oleh Imam as-Suyuthi, sehingga layak menjadi dalil (As-Suyuthi, al-Jami’ ash-Shaghir, hlm. 205). Namun, yang diharamkan adalah jika wanita haid itu semata berniat membaca (qira`ah), sebagai amal ibadah. Jika, dia tidak meniatkannya sebagai bacaan ibadah, boleh hukumnya membaca al-Quran. Misalnya, membaca Al-Quran dengan niat berdzikir, memberi nasehat atau berdakwah, menceritakan kisah, atau menghafal ayat. (as-Sayyid al-Bakri, I’anatuth Thalibin, I/69). Hal ini sesuai hadits Nabi,”Sesungguhnya perbuatan-perbuatan itu bergantung pada niat-niatnya.”

Dik Ewi, tentang wanita yang sedang haid masuk masjid, jumhur ulama, yakni Imam Abu Hanifah, Malik, Syafi’i, dan Ahmad, sepakat wanita yang haid tidak boleh berdiam di dalam masjid. Namun Imam Dawud Az-Zahiri membolehkan wanita haid dan orang junub berdiam di masjid (ad-Dimasyqi, Rahmatul Ummah, hlm. 17)

Akar perbedaan pendapat itu karena para ulama berbeda pandangan mengenai hadis Nabi saw. yang berarti, “Sesungguhnya aku tidak menghalalkan masjid bagi wanita yang haid dan orang junub.” (HR Abu Dawud). Jumhur ulama menganggap hadis ini sahih atau hasan, sehingga mengamalkannya dengan mengharamkan wanita haid masuk dan berdiam di masjid. Namun ada ulama yang tidak menganggapnya sebagai hadis yang layak saebagai hujjah. Karenanya mereka tidak mengamalkannya.

Namun pendapat yang lebih kuat adalah pendapat jumhur, karena hadis di atas sesungguhnya adalah hadis yang layak menjadi hujjah. Hadits ini shahih menurut Ibnu Khuzaimah. (Subulus Salam, I/92). Menurut Ibn al-Qaththan, hadis ini hasan (Kifayatul Akhyar, I/80).

Kemudian tentang rambut rontok dan mandi wajib. Dalam mandi wajib, wanita haid diharuskan meratakan air ke seluruh tubuh hingga rambut, termasuk rambut yang rontok sebelum seseorang mandi wajib (Kifayatul Akhyar, I/39; I’natuth Thalibin, I/75). Dalilnya adalah hadis Nabi saw.,”Barangsiapa meninggalkan tempat (selubang) rambut dari mandi janabah yang tidak dibasuh, maka akan diberlakukan begini begini di neraka.” (HR Abu Dawud). Karena itu, rambut termasuk yang harus dibasuh dalam mandi wajib. Termasuk yang rontok sebelum mandi wajib. Kemungkinan perbedaan pendapat bisa saja muncul karena sebab-sebab seperti yang diterangkan di atas. Yaitu karena berbeda penilaian terhadap hadis, atau berbeda dalam memahami pengertian hadis. Wallahu a’lam.[Shiddia al Jawi]

sumber : Majalah Sobat Muda

About these ads

47 Tanggapan to “Hukum Seputar Wanita Haid”

  1. samsudin said

    Islam selalu dibingungkan terhadap perbedaan masalah hukum fiqh sehingga terkadang kita meragukan kebenaran islam sehingga sahabat saya kepingin bertanya manakah dari beberapa imam fiqh yang mendekati kebenarannya

    • minan Hana said

      Ya itulah Ke istimewaan Islam dengan Majhibul Arba’ah nya , sehingga pas dengan Hadist Nabi yang mewajib kan Belajar selama hayat dikandung badan, sehingga dengan demikian kebingungan kita akan hilang, karena masing masing majhab ada dalilnya, dan referensi kitab nya pun tidak hanya opada satu kitab.

  2. rOZMA said

    Ass.saya juga bingung dengan pendapat orang2 tentang itu .

  3. Liya said

    Assalamualaikum Ustadz..
    saat ini saya sedang dalam kebingungan tentang masalah haid…
    begini ustadz, siklus haid saya termasuk yg tidak teratur
    dan saya sampai hari ini masih bingung dengan batas waktu haid dan ciri darah haid…ternyata semakin sy dapat informasi baru tentang hukum haid, aturannya ckup bnyk.yg ingin sy tanyakan, brp jumlah hari maks haid untuk siklus yang tdk teratur (10 atau 15 hr)?dan bagaimana ciri darah haid( warna atau bnyk darah? ). apakah kita juga harus menqadha shalat setelah haid?
    mohon reply nya yah Ustadz, terima kasih banyak.

    Wassalam

  4. Lia said

    Ass….

    Saya juga tidak tahu, kebenaran tentang masalah ini. Satahu saya, ya kala wanita lagi haid dilarang ke mesjid. Cuma secara logika, kita pertanyakan saja pada diri kita, APAKAH PANTAS DISAAT KITA LAGI DALAM KEADAAN KOTOR dan TIDAK SUCI (menurut Dokter, darah haid itu darah kotor)KITA MEMASUKI DAERAH YANG SUCI, sementara KITA TIDAK!!
    Perlu dingatkan agama ISLAM tidak susah, melainkan hanya orang-orang yang didalamnya yang membuat susah, dan terkadang tidak logika. Islam selalu berfikir dengan Logika!

    WASSALAM

  5. syifa said

    saya juga masih bingung tata cara mandi wajib setelah haid dan haram/tidaknya memegang al quran ketika sedang haid.

  6. hermawan said

    hadis Nabi saw. yang berarti, “Sesungguhnya aku tidak menghalalkan masjid bagi wanita yang haid dan orang junub.” (HR Abu Dawud) adalah hadits lemah, Syaikhul Imam Al Albani telah melemahkan hadits ini di dalam kitabnya Irwaaul Ghalil (no. 193). sehingga tdk bisa dijadikan dalil pelarangan wanita haidh berdiam di masjid.
    tetapi larangan itu berasal dari riwayat lain, yakni:
    dari Ummu ‘Atiyah, ia berkata: “Kami diperintahkan untuk keluar pada hari raya sehingga kami mengeluarkan anak-anak gadis dari pingitannya dan wanita-wanita yang sedang haid, MEREKA BERADA DIBELAKANG ikut bertakbir dan berdoa bersama mereka serta ikut mengharap berkah kebaikan hari ini dan kesuciannya” (HR. Bukhari).

  7. dita said

    ass…
    saya pernah mendengar,kalau wanita yang sedang haid itu tidak boleh keramas dan memotong kuku,apa itu benar

  8. dina said

    assalm….smuanya aku mau tanya nih…
    aku tipe cwek yang dapet haid 1X dalam 3 bulan…
    biasanya darah yang keluar biasa2 aja…
    namun sekarang aku mens…
    hari ke-1 sampe ke-3 darah yang keluar cuma tetes2san aja…hari ke-4 sampai sekarang (hari ke-12) keluar terus darah yang deras…

    mohon bantuannya….
    saya harus bagaimana?

    makasih

  9. neoriz said

    assalamu’alaikum pa’ ustad

    saya seorang perjaka, mempunyai pacar. pacar saya punya penyakit rahim(kista ringan)/ ato pendarahan ringan. setelah kontrol dan check up ke dokter katanya ga masalah soalnya masih stadium 3, sekarang masih menjalani terapi pengobatan. yang saya tanyakan disini dia antara haid dan pendarahan kurang bisa membedakan, sama sama sakitnya,.. dia tanya masalah sholat kepada saya, jika dia waktu pendarahan apa boleh untuk sholat atau puasa di bulan ramadhan sekarang ini? soalnya dia tidak bisa membedakan mana yang haid atau pendarahan.
    saya bilang kalo masih bimbang sholatnya setelah mandi wajib dan di khodo’
    gimana hukum sholatnya dan puasanya
    wa’alaikumsalam

  10. Dianita said

    Ustadz semakin saya mempelajari pendapat berbagai ulama yang berbda semakin saya bingung. trus yang mendekati kebenaran yang mana?

  11. ed said

    Guru agama saya di Jawa Barat bilang: Kista dan sejenisnya digolongkan darah penyakit. Jadi sebaiknya pake pembalut, lalu tetap sholat.

    Untuk penderita kista, bisa menghubungi Bu Nurul di 021 68522704. Insya Allah beliau bisa membantu. Jangan takut biayanya. Biasanya pengobatan pertama cuma-cuma sampai khasiatnya terbukti. Untuk pengobatan selanjutnya (biasanya maksimal 3 kali minum jamu rempah-rempah) kalu terbukti ampuh, beliau hanya charge ganti biaya obat sekitar 50 hingga 150 ribuan.

    Untuk yang bingung setelah banyaknya perbedaan pendapat, saran saya tanya hati dan pakai logika. Lalu belajar ilmu agama langsung ke orang yang anda percaya. Tidak perlu jadi santri, freelance aja. Tapi itu jauh lebih baik dari pada baca beda pendapat di internet. Saya aja jadi pusing.

  12. bunefey said

    saya juga bingung soal rambut yang rontok yang harus disucikan ketika mandi wajib..ada perbedaan pendapat dan itu membuat saya semakin bingung soalnya rambut saya dlm kategori rontok yg kadang g diapapain juga rontok g disisir rontok apalagi kalo disisir..mohon solusinya.wass

    • m0nik said

      yg dimaksudkan harus disucikan ketika mandi wajib apabila kita sdg menstruasi.. maka rambut itu disimpan smpai slesai mens baru semua disucikan termasuk rambut rontok tadi..

  13. Nengsih said

    Kalau saya selama ini masih meyakini kalau seorang wanita sedang haid tidak boleh memasuki masjid atau tempat ibadah karena takutnya jika wanita tersebut duduk didalam masjid sedang haid akan tertinggal darah haidnya atau istilahnya tembus dan mengenai rambut yang rontok ketika haid harus dicuci pada saat mandi wajib berarti kita harus mengumpulkan rambut yang rontok tersebut sampai kita selesai masa haid dan dicuci ketika kita mandi wajib aduh…begitu repotnya untuk ngumpulin rambut yang rontok.

    • iis said

      soal rambut rontok saat haid… apa hukumnya jika kita tidak menyertakan rambut pada saat mandi wajib. dulu saya memang mengumpulkan rambut yang rontok saat haid karena kakak saya bilang rambut itu akan menjadi cambuk yang akan mencambuki saya di akherat jika tidak mensucikannya… tapi setelah dewasa banyak teman saya yang tidak mngumpulkan rambutnya yang rontok saat haid.Mana yang benar…dan apa hukuman bagi yang tidak mensucikan rambutnya…

  14. siti m said

    salamualikum..
    aku emang bingung juga..dengan yg hukum haed ini karena di bagian hadis aku baca kataya orang haid bisa baca alquan..dn aku ingin jels yg mana yg benr..aku bingungya..kalou maslh hadis tapi aku pingin ayat yg jles..dari alkuran..letakya di ayat berapa dn di..surah berapa..itu aja de bagi keyakinan ku,,semoga dengan permintaan ini bisa meyakinkan bagi hukum islam.hukum bagi wanita yg lagi haid..karena jangan sampy meragukan..sehingga berdosa juga jadi mana yg benr jadi aku montaya ayat yg tercantum dalm alquan bukan hadis wasalm

  15. Ya ayyatuhannafsul mutmainnah,
    irji’ii ilaa rabbiki roodiyataan mardiyah,
    fadkhuli fii ibaadi.
    Wadkhuli jannati.

    Sahabat,utk mjd hambaNya yg dpt dridhoiNya &msk ke surgaNya yg agung, jgnlah brsusah2, & berkecil hati. Bkankah Allah SWT. Slalu menjanjikan qt yg trbaik & memberi qt jalan yg mudah.
    Yg pntg, qt mau serius mgejar ridhoNya, tdk maen2, & jgn lp! Ttp brsandar pd aturan yg sdh brlaku.
    InsyaAllah, smua’y kan trasa indh & menentramkan hati

  16. Ninis Oemar said

    Asslkm, ikut nimbrung ya..
    Klo manurut saya, beberap madzhab yang sudah berlaku itu anda pelajari sja smua, smuanya punya alasan masing2 tentang hal itu. Setelah itu, anda sendiri yang menentukan mo ikut madzhab siapa? Back to ourselves….

  17. assalamualaikum wr wb.
    saya mau tanya soal rambut wanita yang rontok pd saat haid,apakah wajib mengumpulkan nya dan membasuhnya pada saat mandi bersuci,alias berdosa bila tertinggal,apa tidak diwajibkan?menurut 4mahzab,alqur’an dan hadist.
    mhn penjelasannya terima kasih
    wassalam

  18. siti fauziah said

    asslm….
    saya mau bertanya apakah berkeramas ketika haid saat belum waktunya (haid belum selesai) itu diharamkan atau tidak ? dan kira-kira mhudaratnya untuk kita atau bukan?

  19. NURHAYATI NUFUS said

    assalamu’alaikum……………
    bgaimana tentang khodo’ puasa yang di wakilkan???

  20. Dewy said

    asslmulkm
    artikelnya bagus…^_^

  21. wuti said

    Aslkm…saya seorang ibu dg 2 putra,usia 30 thn,setelah anak ke 2 saya dan suami sepakat ikut program KB (spiral).awal bulan terjadi keluhan@ dg adanya darah yang keluar,setelah konsultasi dg dokter,hal itu dianggap biasa dan merupakan dampak sementara saja.memang bebar ,hal itu hany berlaku 3 bulan saja,setelahnya siklus haid normal.namun akhir2 ini keluhan itu muncul lg,bahkan ketika shalat saya jd was2…2 bulan terakhir hal itu terjadi terus menerus..untk konsultasi lagi ke dokter saya masih bingung dan terus terang ragu…apa yg mesti saya lakukan?????mohon petunjuk krn kerinduan saya untuk shalat tdk tertahan lagi.trimakasih atas saran dan bantuanya.Wasakm

  22. dian ekawaty said

    gmn menurut islam klo darah haid dr pembalut yg g dicuci dan langsung dibuang begitu saja????

  23. alie said

    kalo Benar wanita dilarang masuk ke masjid?bagaimana dengan masuk di mushola? samakah Hukum nya,Mohon Petunjuk nya terima kasih!!!

  24. Erna said

    Aslm Ustdz.
    Dari sekian bayak perbedaan tentang wanita haid, yang mana yang kita jadikan pedoman. karena bisa2 kita kehilangan kepecayaan. Walaupun niat dpt menjadi pedoman namun jika disudutkan dengan ancaman api neraka kok kayanya sadis . Jadi banyak wanita yang lupa akan bacaan dan takut ke mesjid karena ancaman itu.

  25. david said

    assalamu’alaykum..
    1. saya mau menanyakan apakah saat haid itu rambut seorang muslimah jika ada yang berjatuhan harus dikumpulkan?(sampai-sampai ada orang tertentu jika selama masa haid tidak berani mandi). karena saat dulu istri saya belajar di pesantren ada keterangan yang menjelaskan demikian. jadi termasuk memotong kuku harus di simpan dulu, tidak boleh hilang/terbuang.
    2. lalu dalam kasus yg sama saat belum masa haid pada salah satu bagian tubuh kita tidak ada benjolan (karena sesuatu hal)lalu saat haid ada benjolan, teman istri saya bilang bagian itu harus dipotong.
    bagimana dengan demikian?, mohon penjelasan nya! jika ada beserta dali yg menerangkan tentang hukum kedua hal yang saya tanyakan. terima kasih, jazakumulloh…..

  26. ayuni said

    ass,,,, saya sdh hmpir 1 blan tdk solat sy kangen ingin solat tp sayang aku udah hampir 1 bulan haid ,
    kl udah hmpir 1 bln gitu apa blh saya solat dan kramas……….??????????

  27. saya masih bingung apakah rambut yang rontok pada saat haid harus dikumpulkan dan ikut dimandikan pada saat kita junub atau dimandikan pada saat kita mandi biasa ???

    jjur saya mash bingung sampai sekarang.

  28. acep sumarna said

    Apakah boleh istri kita yang sudah haid, tapi belum bersuci di setubuhi, dan bersucinya disekaliguskan dengan mandi wajib junub,,,???
    jika boleh bagaimana niatnya??

  29. wenty said

    assalammuallaikum
    saya bingung dengan masalah rambut serta keramas pada saat wanita sedang haid ..
    mohon penjelasan nya ustadz..

  30. ozy said

    salamullah alaikum jamian…para ukhuwah sekalian.perbedaan ulama berdasarkan kilas balik dr ajaran rasulullah dalam bunyi hadis nya,,,hal itu tidak menyebabkan lemah nya islam.,malah memotifasi kita mencari kebenaran dalam islam.,,jgn rusak iman kita dengan melecehkan agama dan mempersalahkan para ulama..kita nya sendiri yg belum menyadari tentang kewajiban kita untuk senantiasa menuntut ilmu sebanyak2 nya…dan itu jg karena kebodohan kita semata

  31. shiti said

    Assalammu’alaikum
    ustadz saya mau tanya seperti yg d jelaskan d atas bahwa rambut rambut rontok harus ikut mandi wajib,tp klo misal sudah ikut d basuh ktika mandi wajib pertama kemudian haid lagi ketika mandi wajib lg tk ikut teebasuh gimana??apa hukum ny sudah suci atw harus d basuh lagi…
    Wassalam…

  32. saski said

    assalamu’alaikum…
    kalau rambut rontok harus ikut dimandikan? maksudnya apa ya ustadz? kalau ada yg rontok tp kt ga tau gmn? soalnya rambut saya suka bgt rontok..
    mohon jawabannya ya ustadz..
    wassalam…

  33. Asri yulia said

    Assalaamu’alaikum,,
    pak ustadz, sya mau tnyya, soal tanda brhntiinya haid,
    sya sring skali bingung soal ini, jika dlm 5/6/7 hari stlh haid darah yg brwrna merah sdh tdk kluar, ttapi msii ada cairan brwrna kkuning-kuningan, apa itu msih dpt dsbut drah haid atau apkh sya sdh trkena kwajiban untuk mandi ??
    mohon jawabannya y pak,.
    wassalaam..

  34. reinrin said

    kalau wanita haid keramas itu hukum nya gmna?
    terus apa hubangan juga?

  35. mashfufah said

    asslamualaikum wrwb..
    nama saya mashfufah dari ogan ilir
    saya mau tanya tentang wanita yang lagi haid tapi kalau mandi dia keramas dan bersisir, alasannya dia tidak biasa kalau tidak membasahi kepala/ rambut karna sering pusing..
    alasan dia bersisir takut rambutnya kusut dan dia menyimpulkan kalau menyisir rambut itu rontoknya tigak disengaja di banding memotong / mencabutnya…
    terus masalah membaca alquran, kami sedang belajar di perguruan tinggi akan tetapi ada mata kuliah yang mewajibkan mengikuti hapalan alquran tersebut, pertanyaannya, apakah kami boleh membaca alquran tersebut seiring kami lagi mengalami menstruasi sedangkan hapalan tersebut diberi waktu sampe 1 minggu ?
    trimakasih
    wassalamualaikum wrwb….

  36. cimay said

    asskum

    jikala belums selesai haid boleh keramas gk,,,wanita haid boleh masuk makm gk,,,???

  37. ziedafarid said

    Izin ngutip ya pak ustadz…
    tq

  38. Aina chumairoh said

    ass ustadz saya mau bertanya seandainya rambut haid itu tidak sengaja apa hukumnya

    terima kasih ustadz

  39. Aina chumairoh said

    Ass ustadz seandainya
    saya mengumpulkan rambut
    itu tetapi rambut itu hilang tidak sengaja apa hukumnya??

    terima kasih

  40. Assalamualikum ustad.
    ustad saya pernah di tanya sama teman saya, pertayaan nya adalah, apa perbedaan antara orang yang behadast dengan orang yang berdosa. & mereka sama” masuk masjid.??????

  41. Najma said

    Assalaamu’alaikum. Wr. Wb.
    Ust.mhn utk d jlaskan hukum rambut rontok saat wnta haidh, kmudian keramas rmbut saat haidh, apakah rmbut hrus d kmpulkan smpai slsai haidh??? Lalu bgmn hkm mmotong kuku. Mhn pnjelasan dgn dalil yg shohih. Jazakumulloh.

  42. 7hana said

    Ass.. Bagaimana hkumx org yg Smentra haid ith kmudian keramas..?

  43. 123456789sindy said

    apakh dosa bagi kita kalau kita sedang haid dan darah kita d cuci oleh ibu kita tanpa d sengaja??????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 983 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: