Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Hukum Rebonding

Posted by Farid Ma'ruf pada 3 Februari 2010

Tanya :
Ustadz apa hukumnya rebonding? (Dudung, Majenang)

Jawab :
Rebonding adalah meluruskan rambut agar rambut jatuh lebih lurus dan lebih indah. Prosesnya dua tahap. Pertama, rambut diberi krim tahap pertama untuk membuka ikatan protein rambut. Kemudian rambut dicatok, yaitu diberi perlakuan seperti disetrika dengan alat pelurus rambut bersuhu tinggi. Kedua, rambut diberi krim tahap kedua untuk mempertahankan pelurusan rambut.

Proses rebonding melibatkan proses kimiawi yang mengubah struktur protein dalam rambut. Protein pembentuk rambut manusia disebut keratin, yang terdiri dari unsur sistin (cystine) yaitu senyawa asam amino yang memiliki unsur sulfida. Jembatan disulfida -S-S- dari sistin inilah yang paling bertanggung jawab atas berbagai bentuk dari rambut kita. Rambut berbentuk lurus atau keriting dikarenakan keratin mengandung jembatan disulfida yang membuat molekul mempertahankan bentuk-bentuk tertentu. Pada proses rebonding, pemberian krim tertentu bertujuan untuk membuka/memutus jembatan disulfida itu, sehingga bentuk rambut yang keriting menjadi lemas/lurus.

Proses rebonding menghasilkan perubahan permanen pada rambut yang terkena aplikasi. Namun rambut baru yang tumbuh dari akar rambut akan tetap mempunyai bentuk rambut yang asli. Jadi, rebonding bukan pelurusan rambut biasa yang hanya menggunakan perlakuan fisik, tapi juga menggunakan perlakuan kimiawi yang mengubah struktur protein dalam rambut secara permanen. Inilah fakta (manath) rebonding.

Menurut kami, rebonding hukumnya haram, karena termasuk dalam proses mengubah ciptaan Allah (taghyir khalqillah) yang telah diharamkan oleh nash-nash syara’. Dalil keharamannya adalah keumuman firman Allah (artinya), “Dan aku (syaithan) akan menyuruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu mereka benar-benar mengubahnya”. (QS An-Nisaa` [4] : 119). Ayat ini menunjukkan haramnya mengubah ciptaan Allah, karena syaitan tidak menyuruh manusia kecuali kepada perbuatan dosa.

Mengubah ciptaan Allah (taghyir khalqillah) didefinisikan sebagai proses mengubah sifat sesuatu sehingga seakan-akan ia menjadi sesuatu yang lain (tahawwul al-syai` ‘an shifatihi hatta yakuna ka`annahu syaiun akhar), atau dapat berarti menghilangkan sesuatu itu sendiri (al-izalah). (Hani bin Abdullah al-Jubair, Al-Dhawabit al-Syar’iyah li al-‘Amaliyat al-Tajmiliyyah, hlm.9).

Dari definisi tersebut, berarti rebonding termasuk dalam mengubah ciptaan Allah (taghyir khalqillah), karena rebonding telah mengubah struktur protein dalam rambut secara permanen sehingga mengubah sifat atau bentuk rambut asli menjadi sifat atau bentuk rambut yang lain. Dengan demikian, rebonding hukumnya haram.

Selain dalil di atas, keharaman rebonding juga didasarkan pada dalil Qiyas. Dalam hadis Nabi SAW, diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud RA, dia berkata,“Allah melaknat wanita yang mentato dan yang minta ditato, yang mencabut bulu alis dan yang minta dicabutkan bulu alisnya, serta wanita yang merenggangkan giginya untuk kecantikan, mereka telah mengubah ciptaan Allah.” (HR Bukhari).

Hadis ini telah mengharamkan beberapa perbuatan yang disebut di dalam nash, yaitu mentato, minta ditato, mencabut atau minta dicabutkan bulu alis, dan merenggangkan gigi. Keharaman perbuatan-perbuatan itu sesungguhnya didasarkan pada suatu illat (alasan penetapan hukum), yaitu mencari kecantikan dengan mengubah ciptaan Allah (thalabul husni bi taghyir khalqillah) (Walid bin Rasyid Sa’idan, Al-Ifadah al-Syar’iyyah fi Ba’dh al-Masa`il al-Thibbiyyah, hlm. 62). Dengan demikian, rebonding hukumnya juga haram, karena dapat diqiyaskan dengan perbuatan-perbuatan haram tersebut, karena ada kesamaan illat, yaitu mencari kecantikan dengan mengubah ciptaan Allah.

Sebagian ulama telah menyimpulkan adanya illat dalam hadis tersebut, sehingga mereka mengambil kesimpulan umum dengan jalan Qiyas, yaitu mengharamkan segala perbuatan yang memenuhi dua unsur illat hukum, yaitu mengubah ciptaan Allah dan mencari kecantikan. Abu Ja’far Ath-Thabari berkata,”Dalam hadis ini terdapat dalil bahwa wanita tidak boleh mengubah sesuatu dari apa saja yang Allah telah menciptakannya atas sifat pada sesuatu itu dengan menambah atau mengurangi, untuk mencari kecantikan, baik untuk suami maupun untuk selain suami.” (Imam Syaukani, Nailul Authar, 10/156; Ibnu Hajar, Fathul Bari, 17/41; Tuhfatul Ahwadzi, 7/91).

Adapun meluruskan atau mengeriting rambut tanpa perlakuan kimiawi yang mengubah struktur protein rambut secara permanen, yakni hanya menggunakan perlakuan fisik, seperti menggunakan rol plastik dan yang semisalnya, hukumnya boleh. Sebab tidak termasuk mengubah ciptaan Allah, tapi termasuk tazayyun (berhias) yang dibolehkan bahkan dianjurkan syara’, dengan syarat tidak boleh ditampakkan kepada yang bukan mahram. Wallahu a’lam.

Jakarta, 31 Januari 2010

Muhammad Shiddiq Al-Jawi

About these ads

58 Tanggapan to “Hukum Rebonding”

  1. Adi said

    Setuju Pak Ustadz sudah lama saya pikir kalau rebonding itu haram karena menurut saya itu dah termasuk kufur (maaf kalo salah). Tapi kenapa baru sekarang ya mulai dibahas? Anybody knows?

  2. nurani_agency said

    Shubhanallah..Begitu hukum Allah SWT begitu indah untuk melindungi ummat-Nya dari Kekufuran atas ciptaan yang diberikan -Nya. Jazaakallahu khaiir atas artikelnya yang sangat bermanfaat ini. Sekaliyan saya ijin utk di posting ulang di FB.

    Tanggapan :
    silakan diposting ulang

  3. winarto said

    hmmmm jadi tambah ilu ni sya ustad, syukran laka…

  4. winarto said

    maaf maksud saya tambah ilmuuuuu gitu….

  5. raihan said

    mav pa ustd ana kurang setuju klo kita niatnya untuk tazyyun untuk suaminya gmn???? lagi pula rasul telah besabda yang artinya: sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai yang indah2,,,, dan juga segala perbuatan tergantung pada niatnya,,,,,,,,,,

    • aziz said

      “sesungguhnya apa yang menurutmu indah, belum tentu indah di mata Allah, dan apa yang menurutmu buruk, belum tentu buruk di mata Allah”…

      kira-kira begitulah,,,

      wallahu a’lam bishoab,,

      .

  6. Tufail said

    To Raihan:

    Allah suka yag indah haruslah bermula dengan perkara yang halal terlebih dahulu. Jika kita mengatakan orang lelaki otu pakai cincin emas kelihatan ganteng, lalu apakah memakai cincin emas menjadi halal? Tidak sama sekali. Manath rebonding telah dinyatakan dalam tulisan di atas yang ternyata mengubah ciptaan Allah (struktur rambut).

    Hadis segala perbuatan(amal) bergantung pada niat…hadis ini menunjukkan amalan yang asalnya boleh.Yang ditekankan dalam hadis ini adalah niat ikhlas lillahi taala dalam melakukan amalan kepada Allah.Ini terbukti pada sambungan hadis tersebut…fa man kaanat hijratuhu ilallah wa rasuluh fahijratuhu ilallah wa rasuluh hingga akhir…

    Hadis ini selalu digunakan secara semberono oleh orang ramai sehingga perbuatan haram dianggap halal kerana niat yang baik. (contohnya kasus robin hood yang mencuri dengan niat membantu oang miskin).

  7. Anisa said

    Saya setuju ustadz,

    Ustadz, pertanyaan saya, bagaimana jika orang itu terlanjur melakukan rebonding, sedangkan saat dia melakukan rebonding dia tidak tau jika rebonding itu diharamkan?

    Lalu bagaimana yang alasannya melakukan rebonding karena rambut ikalnya tidak nyaman dan menggangu?

    Syukran ustadz, buat jawab pertanyaan adek nih.

  8. ana said

    Ana setuju ma Ust
    karena mnrt ana cantik itu dtgnya dari hati bkn penampilan seperti merebonding rambut, kt diciptakan sedemikian indah mengapa kt hrs merusak keindahan tsb.

  9. ensei said

    maap pak ustadz,,,,klo pendapat ane dan mayoritas kawan2 ane,,setelah mmbhas masalah ini dalam forum masail fiqhiyah yg diasuh oleh DR,Aminuddin Yaqub,,,hukumnya tergantung dri konteksnya,,,,1) dri bhN yg dgunkan, 2) tujuan dlakukannya 3) melihat unsur manfaat dan dhorurynya,,,,dsb……
    klo mmg bhannya dri bhan yg halal mka sah2 sja,,,,masalahnya bhan yg dgunakn tu mnrut kawan2 dri MUI terbuat dri bhan2 yg najis,,,,mengenai tujuan pun sngat mnntukan,,,,bila tujuaannya untuk membka aurat dan menmpakkan kepda ygvkan muhrimnya mka hukumnya haram,,,bgtupun sebaliknya,,,,trims wassalamualaikum

    • Rindu Sunnah said

      Mengelak tapi setuju. Lihat fakta saja, dengan rebonding kebanyakan kan untuk menunjukkan ketampanan atau kecantikan. Penulis kan pakai dalil qiyas yang juga sudah jelas, qur’an & sunnah. Sementara antum berdalil pakai “pendapat”.

  10. siti said

    terlambat terlambat terlambat
    setelah beberapa tahun baru ada larang klo rebonding itu ga halal
    nahh gimana nihh gue ?? dah rebonding berkali2
    masuk neraka dong gue
    coba ustad bilang dari awal, kan ga gini jadinya

  11. Anggie said

    Ass.pak ustadz terus jika rebonding di haramkan,bagaimana dengan wanita2 yang rambutnya susah di atur,serta ingin memiliki kecantikan seperti wanita lain..nya

    tolng di balas yha pak ustadz

  12. maria said

    waduh aq da perna rebonding tapi blm tau kalau haram. Tapi benar juga rebonding itu lama-kelamaan malah merusak rambut. Ya lebih baik mensyukuri apa yang telah di karuniakan oleh Allah kepada kita dan merawatnya.

  13. dajja sabilillah said

    nmaaf sebelumya,,,,merubah ciptaan Allah itu Dosa gimana ya maksudnya,,,,,
    Apa Berarti Melakukan Operasi Pada penderita penyakit Sumbing itu Dosa…..”ITUKAN TERMASUK MERUBAH CIPTA AN ALLAH”

  14. Amin said

    Wanita kalau dasarnya sudah cantik,tetap aja cantik walau berambut ikal.asal ia rajin merawat rambutnya.rambut ikal itu seksi lho.perempuan2 berambut lurus tak akan begitu cantik jika hanya mengandalkan rambut lurusnya saja.ada bagian2 yang di ikalkan agar terlihat makin cantik.bagi yang kriting macam orang papua(kribo abiez),maka hendaknya ridha pada takdir aja dan mensyukuri pemberian Allah.nilai kebahagiaan manusia bukan dari penampilan saja.jasad ini akan hancur dimakan ribuan ulat,yang tersisa tengkorak.gak ada tengkorak satu lebih cantik dari tengkorak satunya.sama rata kalau udah dimakan tanah.yang tetap cantik dan segar ialah ruh yang dihiasi iman,amal saleh dan takwa.

  15. eky said

    Asslm. Pa ustadz,,
    Saya baca beberapa hukum rebonding/kriting dalam islam
    Sebagian besar hukumnya diperbolehkan asal tidak dilakukan dg tujuan untuk dipamerkan kepada orang lain/bukan muhrimnya.
    Jika dia hanya menampakkan kpd muhrim dan suaminya saja maka diperbolehkan pak….
    Dan yg jelas diharamkan itu jika menyambung rambut.
    Terima kasih.

  16. Nova said

    SUBHANALLAH,, SUNGGUH BESAR Keagungan-Mu,, Sesungguhnya engkau Maha Pemaaf lagi Maha penyayang

  17. Novi said

    Sebaiknya kita mensyukuri apa yang telah diberikan oleh-Nya(Sang ILLAHI), Dengan didasArkan keimanan serta berusaha untuk tidak mengubah pemberian ALLAH
    LETS WE DO IT, EVERYTHINK WE DO ALLAH BE WITH US

  18. Nova said

    SUBHANALLAH,, Begitu besar keagungan-Nya Maha Benar ALLAH yang MAHA PEMAAF Lagi MAHA PENYAYANG

  19. Novi said

    kita harus mensyukuri nikmat ALLAH dengan tidak Mengubahx sesungguhx Syetan selalu mnggoda dan berusaha mmbujuk kita ke jalan yang salah, LETS WE DO IT EVERYTHINK WE DO ALLAH BE WITH US

  20. Feby said

    Asw. .
    Para ulama msh berbeda pendapat ttg hal ini. Wallahu’alam bis showab.
    Dulu sblum saya akhwat (maksudx menutup aurat dg kaffah dan tarbiyah) saya pun rasa2x dr sMA hingga kuliah smester 2 mungkin ada 4 kali bonding. Sbnarx udah tw hukumx haram dr pelajaran agama di sekolah, mengenai merapikan gi2, trmasuk tuh behel, tato, extention rambut, hingga meluruskan rambut. Tp ya sayax aja yg bandel.

  21. Mutmainnah said

    Astagfirullah hampir saja Q melakukan perbuatan yg di haramkan oleh Allah,makasih ustadz atas nasihatX!!!!!

  22. nia said

    bUkanX,,,,,,,,,,,,,,,,,riboNdinG gaK merubah ciptaan Allah, hanya meMperbaiki diri
    mOhOn pEnjelasanX paK ustadz,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  23. dide said

    Berarti, pake Behel gigi juga Haram ya pak ? kan dlm HR.Bukhari, mentato,cabut alis, dan meregangkan gigi untuk kecantikan juga termasuk mengubah ciptaan Allah. wayooo..yg pake Behel Gigi…copotin Behelnya…^_^

  24. mega puspita said

    buat apa sih kalian rebonding buang” uang,,wanita itu wajib tutup aurat,pake JILBAB !!

  25. salma said

    asslm…ustz
    klo org rebonding u/nyenengin suamix gmn???
    truz hukum pake behel gmn ustz coz ky’x sy rncana mo psng???

  26. shela said

    Oo.. bgtu y,
    saya baru tau kalau rebonding itu hukum nya haram, tapi saya sudah pernah rebonding sebanyak 4x.. bagaimana itu pak ustad, tapi wktu itu saya belum tau kalau ternyata itu haram & sekarang saya tidak akan meluruskan rambut saya lagi

  27. Resti said

    terlambat …

    Saya udah rebonding ,, gimana ni pak ustad …

    Saya tau kalau rebonding tu haram , tapi kata kakak saya gag …

    Katanya rebonding tu tidak mengubah ciptaan allah secara permanen tapi hanya sementara …
    jadi gag apa apa …

    Ya , jadi saya rebonding …

    Ternyata haram ,, saya baru tau …

    Tapi saya pake jilbab pak ustad …
    Saya tidak memperlihatkan rambut saya kepada yg bukan muhrim …

  28. afix ananta said

    hmmm, nih ustadz cari sensasi. kayak artis aja. kalo merubah rambut yg dak permanen boleh ya? masak mo cantik malah ribet, kesalon tiap hari mang gak pake duit. rebonding tuh sah-sah aja. lebih simpel dan irit, apalagi jaman sekarang. mbok pada ngurusin hal-hal yg lebih penting, gimana membina mensejahterakan umat, gimana memerdekakan palestina.

    survey saya, semua salon muslimah yg pernah saya jambangi semua melakukan servis pelurusan alias rebonding. capek deh pak ustadz.

  29. afix ananta said

    lama-lama khitan juga haram dong. oh ya, kalo rambut tuh bisa tumbuh, jadi aslinya tetep aja. lo keriting tumbuhnya keriting. lo mikir yg logis dong. jaman sekarang lo gak cari sensasi gak terkenal sih ya.

  30. iceu veranita said

    bgmn klo di rebonding niatnya pgn ngebasmi kutu, soalnya udh berbgai mcm cr dilakukan kutu&telornya ga musnah2 sy tkt nular ke anak sy yg msh kcl. Klo potong rambut jg merubah ciptaan Allah dong?

    • Rindu Sunnah said

      Pemahaman tentang merubah ciptaan Allah tidaklah sedangkal yang ibu sampaikan. Kalau kasusnya seperti ibu (kutu nggak hilang), dan sudah maksimal solusinya, di gundul saja..dengan begitu bisa mulai dari awal melakukan perawatan secara intens. Namun kemudian bertaubat dengan menutupkan jilbab (Al Ahzab : 59) itu lebih mulia dan selanjutnya giat memperdalam ilmu tentang jilbab.

  31. bgmn klo di rebonding niatnya pgn ngebasmi kutu, soalnya udh berbgai mcm cr dilakukan kutu&telornya ga musnah2 sy tkt nular ke anak sy yg msh kcl. Trs Klo potong rambut jg merubah ciptaan Allah dong?brtti org2 biar pd jabrig aja rmbtnya

  32. ni buat mbak2 dan mas2 yach,,,,

  33. teguh hatiqu said

    setau saya rebonding tidak mengubah rambut secara permanen karena stlah obatnya hilang maka akan kembali tidak lurus.
    rebonding cuma meluruskan sementara, jadi hemat saya penjelasan diatas kurang benar.

  34. nikmah said

    assalamualaikum.. sya mau brtanya, lalu bgaimana hukumnya dg perawatan rambut smooting?? apakah juga haram seperti rebonding. mohon balasannya. trimkasih. wassalamualaikum

  35. rapid said

    Bukankah wanita muslim diwajibkan pake kerudung/hijab? Buat apa rebonding? Utk nyenengin suami? jika suami tu berakhlak baik&tau ilmu agama tentu tidak akan menyuruh istrinya dlm menyalahi hukum agama&tiada ketaatan dlm maksiat.
    Jika dg alasan rebonding, dll tu cm sementara lalu pulih lagi, bukankah menyambung rambut dg cemara (dlm hadis ky gt) lbh sebentar lg sementaranya?
    Jika dg alasan bibir sumbing, dll sejenis itu adalah memperbaiki bukan merubah. Ingat, emas emg dilarang bagi laki2 tp sahabat ada yg melapisi gigi mereka dg emas supaya tdk cpt keropos. Lain lg dg khitan, itu termasuk dari sebagian perintah dan keutamaan.
    Kenapa sampeyan yg g setuju rebonding tu haram tdk mau memilah2 pola pikir sampeyan? Jauh amat mikirin Palestina juga, emg sampeyan jg niat jihad ke sana?

  36. moena said

    Waduh piye iki! Kalo di pikir2 mmg betul soalnya kalo bonding ga boleh kramas slama3 hari! Kalo selama 3 hari kita melakukan sesuatu yang mengharuskan kramas gmn hayo????

  37. succi said

    Kalo saya .. Terima kasih sekali dengan artikel ini, jadi saya tau tentang hukum rebonding .. Saya pun akui kalo saya sudah rebonding 5x dan mudah2an setelah tau seperti ini bisa berfikir berkali2 lagi kalo rebonding itu haram, sekali lagi terima kasih. Dan untuk yang merasa kalo rebonding itu tidak haram.. Silahkan saja rebonding .. Semua tindakan sudah pasti ada resikonya , dan dosa juga masing2 yang merasakannya . Sok atuh .. Tinggal kesadaran masing2 ajja .. N kuncinya tetep harus mensyukuri ciptaan Allah :)

  38. agus said

    rebonding rambut wajar2 z,,wong itu mahkota kok…yg gak boleh rebonding hidung ..he e
    maaf y..

  39. ulil said

    !. ust d hadist udh d jlskn bahwa hukum.a rebonding itu haram gmn dngn kayu Allah mncptkn kayu kemudian d rubah sma manusia d jadikn meja,bangku dll bkn dia mengubah takdir.a Allah…

    2. apakh jga’ d haramkn bagi perempuan yg di rebonding tp dngn niat untuk membahagiakn suami,, N tdk pamer kpd org lain hanya untuk suami sj…kt.a “INNAMA A’MALU BINNIYAT” sesungguhnya perbuatan itu di awali dngn niiiaaat..hehe.

  40. Hekal Leo said

    Syukuri apa yang ada…

  41. nurida said

    alhamdulillah ,,saya sekarang tahu lw haram,,

  42. Nana said

    dri dlu qhu pngn bnding rmbut qhu…
    tp,krna hkm’a hram…
    akhir’a gk jdi dech…

  43. sari said

    yg saya dengar,sbagian ustadz yg pemahaman quran & hadits nya jg tinggi, membolehkan rebonding jika termasuk berhias.. maaf sy mo tambahkan info soal proses rebonding yg sy baca d situs lain (saya lupa namanya), berdasarkan pakar rambut bahwa rambut yg terlihat itu adalah rambut mati seperti ijuk ato kuku, sedangkan rambut yg hidup itu adalah akar yg berada d bawah kulit kpala.. Jadi jelas menurut saya tidak merubah struktur rambut hidup.. Klo dr akarnya d ubah strukturnya seperti rekayasa genetika yg bersifat permanen tidak butuh pengulangan, itu yg dsebut mengubah..dan sy mo tanya kenapa ustadz mengqiyaskan dgn hadits mengenai alis & gigi yg notabene dhalalkan utk terlihat pd wanita,jelas jika dhias akan terlihat oleh yg bukan muhrim & mmg jd sbg sihir pemikat kaum pria jika alis dbentuk.knp tdk mengqiyaskan dgn hadits mengenai menyisir rambut agar rapi dan mewarnai rambut,yg jelas objeknya pun sama & dlakukan oleh rasul.. Saya baca d komentar ada yg menyarankan d botak, itu pun bukan solusi & apa tdk terkena hukum menyamai laki” nantinya.wallahu’alam bishowab,just sharing..

  44. rahma said

    jadi bingung guenya..

  45. handrimedan said

    ass………yg benar yg mna sich……..!!!!

  46. Gavela Savitri said

    kalau semooting gimana pak ustad?
    kalau reebonding kan hanya sementara dan pasti akan kembali ke asal rambutnya semula,,,

  47. dhe said

    cba deh xlian fkir,. buat ap si kta bonding rmbt,. sdang kta sndri d’hrskn mmkai hijab,. udh jls donk psti rmbt kta kan trttp n gk d’lihat o/ org lain, jd gk mslh mskpun rmbt kta kritng jg. gk ad yg comment jg kan mrka gk tau rmbt kta,. jd inti’y cblh mntp aurat klian dg mulai mmkai hjab dr skrg ..

  48. ahhh… masaa….
    kalau mutihin kulit yang tadinya item jadi putihkan merubah ciptaan allah…
    jadi sama aja haram tah????

  49. raga said

    ikhtilaaful min ummatiy,,rahmatun(au kama qool) hadist rullulah

  50. Royyatna said

    Saya stuju skali..

  51. uchiee said

    kalau rambut di catok hukumnya apa??

  52. jay_metro said

    yang bener mah rambut-tuh di jilbapin

  53. Aku tresno karo monyet said

    Aq sudah,direbonding,gimana nih,tapi kalo aku sdh besar mw pkek kerudung

  54. putri widia said

    saya mau tanya klau msal.ny rmbutnya susah diatur,klau melakukan smoothing boleh apa gx ??? smoothing kan termasuk perawatan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 969 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: