Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Hukum Menjatuhkan Talak dalam Keadaan Marah

Posted by Farid Ma'ruf pada 13 November 2010

Tanya :

Ustadz, bagaimana hukumnya suami menjatuhkan talak dalam keadaan marah? Apakah jatuh talaknya?

Jawab :

Menurut Wahbah Zuhaili marah (ghadhab) ada dua. Pertama, marah biasa yang tak sampai menghilangkan kesadaran atau akal, sehingga orang masih menyadari ucapan atau tindakannya. Kedua, marah yang sangat yang menghilangkan kesadaran atau akal, sehingga seseorang tak menyadari lagi ucapan atau tindakannya, atau marah sedemikian rupa sehingga orang mengalami kekacauan dalam ucapan dan tindakannya. (Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, 9/343).

Para fuqaha sepakat jika suami menjatuhkan talak dalam keadaan marah yang sangat (kategori kedua), talaknya tidak jatuh. Sebab ia dianggap bukan mukallaf karena hilang akalnya (za`il al-aql), seperti orang tidur atau gila yang ucapannya tak bernilai hukum. Dalilnya sabda Nabi SAW,“Diangkat pena (taklif) dari umatku tiga golongan : anak kecil hingga baligh, orang tidur hingga bangun, dan orang gila hingga waras.” (HR Abu Dawud no 4398). (Ibnul Qayyim, Zadul Ma’ad, 5/215; Sayyid Al-Bakri, I’anah al-Thalibin, 4/5; Wahbah Az-Zuhaili, Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, 9/343; Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah, 29/9).

Namun fuqaha berbeda pendapat mengenai talak yang diucapkan dalam keadaan marah biasa (thalaq al-ghadbaan). Pertama, menurut ulama mazhab Hanafi dan sebagian ulama mazhab Hambali talak seperti itu tak jatuh. Kedua, menurut ulama mazhab Maliki, Hambali, dan Syafi’i, talaknya jatuh. (Hani Abdullah Jubair, Thalaq al-Mukrah wa al-Ghadbaan, hal. 19; Ibnul Qayyim, Ighatsatul Lahfan fi Hukm Thalaq al-Ghadban, hal. 61).

Pendapat pertama antara lain berdalil dengan hadits ‘A`isyah RA bahwa Nabi SAW bersabda,”Tak ada talak dan pembebasan budak dalam keadaan marah (laa thalaqa wa laa ‘ataqa fi ighlaq).” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah). (Musthofa Al-‘Adawi, Ahkam Al-Thalaq fi al-Syari’ah al-Islamiyah, hal. 61).

Pendapat kedua antara lain berdalil dengan riwayat Mujahid, bahwa Ibnu Abbas RA didatangi seorang lelaki yang berkata,”Saya telah menjatuhkan talak tiga kali pada isteriku dalam keadaan marah.” Ibnu Abbas menjawab,”Aku tak bisa menghalalkan untukmu apa yang diharamkan Allah. Kamu telah mendurhakai Allah dan isterimu telah haram bagimu.” (HR Daruquthni, 4/34). (Hani Abdullah Jubair, Thalaq al-Mukrah wa al-Ghadbaan, hal. 24).

Menurut kami, yang rajih (kuat) adalah pendapat kedua, yakni talak oleh suami dalam keadaan marah tetap jatuh talaknya. Alasannya, hadits ‘A`isyah RA meski menyebut talak orang yang marah tak jatuh, tapi yang dimaksud sebenarnya bukan sekedar marah (marah biasa), melainkan marah yang sangat. Imam Syaukani menukilkan perkataan Ibnu Sayyid, bahwa kalau marah dalam hadits itu diartikan marah biasa, tentu tidak tepat. Sebab mana ada suami yang menjatuhkan talak tanpa marah. (Imam Syaukani, Nailul Authar, hal. 1335).

Kesimpulannya, suami yang menjatuhkan talak dalam keadaan marah dianggap tetap jatuh talaknya. Sebab kondisi marah tidak mempengaruhi keabsahan tasharruf (tindakan hukum) yang dilakukannya, termasuk mengucapkan talak. Kecuali jika kemarahannya mencapai derajat marah yang sangat, maka talaknya tidak jatuh. Wallahu a’lam.

Yogyakarta, 12 Nopember 2010

Muhammad Shiddiq Al-Jawi

About these ads

87 Tanggapan to “Hukum Menjatuhkan Talak dalam Keadaan Marah”

  1. Indah Lestari said

    Ustadz…..
    Gimana jika setiap ada masalah seorang istri selalu mengucapkan kata-kata “CERAI”
    Mohon penjelasan

    • cut said

      belom jatuh talak a krna yg lbih hak suami mentalakkan istri kcuali dia memfasah di pengadilan apabila dikabulkan maka telah jatuh talak/cerai a

  2. Marz zea said

    Assalammualaikum…
    Ustaz,
    Suami saya mengatakan bahawa akan jatuh talak 3 sekiranya suami saya meminum arak lagi dan dia telah meminum arak. Adakah talak 3 yang dikatakannya itu jatuh secara sah?

  3. INDOVISION said

    Bagaimanakah hukumnya jika seorg suami yg dgn marah luar biasa & pula dg pengetahuan agama yg minim & melakukan thalaq 3 dlm wktu bersamaan?
    Mhn pencerahannya, trims….

  4. joko said

    Assalammualaikum…
    Ustad
    saya mau tanya….
    jika suami dalam 1 hari mengucapkan talak sampai 3X karna sang istri yang tidak bisa diajak untuk menyelesaikan masalah dengan tenang & istri malah membuka pintu supaya orang disekitar tau….
    pada saat itu sang istri sedang mengandung….
    apakah masih disebut mukrim dalam islam ustad….?????
    mohon penjelasannya……
    trimakasih….

  5. iq said

    Suami saya sudah 4 kali mengucapkan talak sepanjang perkawinan kami. Namun kita balikan lagi tanpa ada lafaz rujuk. Bagaimana status kami? Menurut dia karena lagi emosi jadi gak pikir panjang. Malah yg terakhir kata cerai diucapkan 3 kali berturut2. Bagaimana dg status kami?sejak kapan talak itu sudah jatuh?

  6. lukman said

    ustad :
    saya seorang suami,saya belum pernah mengucapkan talak atau cerai,,tetapi saya sering berkata kasar contohnya ketika marah dan istri g berusaha untuk menenangkan malah terlihat binggung dan cuek saya berkata”jangan lagi urusin kerjaan aku,urusan kamu ya kamu, urusan aku ya aku” apa sikap sya yang seperti itu termasuk Talak/cerai..

  7. bagai mana hukum talak ketika haji atau umrah

  8. beti said

    Assalamualaikum…..
    Ustadz….
    saat saya hamil suami saya pernah menyuruh saya untuk tidak pulang ke rumah melainkan menyuruh saya untuk pulang ke orang tua namun saya tetap pulang ke rumah suami karena saya tidak tau lagi harus kemana karena tidak mungkin saya pulang ke rmh ortu saya..
    kemudian setelah anak saya lahir suami sms kata pisah karena saya lom mau di ajak pindah dari rumah ortu dengan alasan saya habis melahirkan otomatis saya masih dalam kondisi lemah. isi sms sempat saya bawa ke kantor kua dan kata penghulu setempat tu sdh jtuh talak 1 dan suami harus minta maaf sama istri+ortunya baru isa rujuk kembali dan akhirnya kami rujuk kembali.
    lalu yang ke-3 dia mengucapkan kata “semua sdh berakhir dan kita ketemu di kantor agama” karena saat itu saya minta mertua saya menjemput saya dari rmh ortu untuk di bawa pulang ke rmh suami.
    bagaimana dgn status saya….???apakah sudah jatuh talak….???sampai sekarang kami pisah karena saya takut bahwa pa yang di ucapkannya merupakan talak… mohon di beri masukan agar kami tidak menyalahi aturan Allah…..

  9. Jamhari said

    Ass.wr.wb Saya berkata cerai kepada istri dalam keadaan marah via telepon tetapi saya menyadari yg saya ucapkan di luar kendali mohon saran dan petunjuknya jika saya menyesali semua itu dan bolekah saya berhubungan badan dgn istri saya bgm hukumny.terimakasih wassalam

  10. nor asmak binti ismail said

    ustaz…
    bagaimana pula hukum si suami meletakkn talak..contohnye,kami bergaduh melalui sms.d phujung pergaduhan kami si suami mengatakan skiranya si isteri td keluar dari rumah 2 maka jatuh la talak.kmudian si isteri keluar juga kerana marah dengan sikap si suami yang menganggap perkataan talak tu mainan.keesokan harinya bila si isteri bertanyakn sekali lagi kepada si suami berkaitan talak yang di tulis dalam sms tu,si suami mengatakn sekadar ugutan dan tanpa niat sama sekali…boleh tolong jawab dengan kadar segera…terima kasih.

  11. sundari said

    Assalamualaikum Wr.Wb
    ustad :
    suami saya setiap kali marah selalu mengucapkan kata talak,tanpa dia kasih tau apa alasan dia marah.dan kemarin waktu di marah lagi dia mengucapkan kata “tidak usah talak 3 talak 1000 kamu sekarang q kasih” jadi sekarang bagaimana degan status saya .mohon penjelasannya…terima kasih…

  12. darsilah said

    suami sy paernah mengatakan talak 2x,dalam keadaan marah.kami ingin baikan lagi,ap syaratnya?

  13. ve2n said

    ustadz saya ingin bertanya…klu seandainya suami mengucapkan cerai/pisah dlm keadaan marah 1x. lalu 1 jam setelah reda amarahnya..dia menyadari kehilafannya dan minta maaf. lalu bagaimana menurut islam? apakah bisa langsung rujuk begitu saja ataw ada syarat tertentu yg harus dilaksanakan?

  14. feby said

    singkat saja.bgni pak,bila suami mengatakan cerai 2x.apa termasuk talak 2 ? trimakasih

    • Budi said

      Talak yang diucapkan dua atau tiga kali sekaligus dalam satu majelis adalah terhitung talak satu dan masih dapat rujuk kembali.

      • yandhie said

        mas budi_mohon sebutkan dasar hukumnya..soalnya banyak yang bertanya seperti itu tapi saya ragu untuk menjelaskan kareba belum tau dalil hadits yang menguatkannya..trimakasih

      • NU said

        Maaf pa budi,yg di maksud satu majlis gmana?coz kalu dah jelas adad nya ,misal talak 3.maka dia jatuh 3..mohon pencerahanya .trnuhun

  15. aby said

    Asslkm,

    ustad saya mau bertanya, saya sedang dalam permasalahan dengan istri, lalu kami bicara baik2…dan permasalahan tersebut berujung pada permintaan istri utk menceraikannya, saya tetap tidak berucap talak…..kemudian istri terus mendesak dan mendesak….hingga saya seperti sadar dan tidak sadar….karena saat itu jg saya sedang kurang enak badan dan pembicaraan tersebut sudah jam 01.00 dini hari sedang ngantuk – ngantuknya….kemudian saya di desak utk ucapkan talak….lalu sadar atau tidak sadar saya ber ucap ” saya hari ini menceraikan kamu” itu pun sambil di tuntun istri untuk berucap demikian,

    dan saat itu saya tetap tdr satu ranjang terpisahkan anak kami yg masih kecil, kemudian esok harinya karena kami masih merasa suami istri entah kenapa, istri saya merayu saya untuk berhubungan. lalu kami melakukan hubungan tentunya dgn keraguan dlm diri saya apakah saya sudah menjatuhkan talak atau tidak.

    saya ingin tanyakan:
    1.apakah sudah jatuh talak bagi istri saya

  16. Kiru said

    Jika dalam keadaan sadar suami berkata “Loe, Gue, End”, apakah itu termasuk talak atau tidak?

  17. Harumi said

    Ustad.yang ingin saya tanyakan adalah…. jika suami mengatakan saya tinggalkan engkau kepada istri lebih dari 3x dan menelpon orang tua istri…silahkan jemput anak bapak karena saya ingin memulangkan dia ke bapak, tapi tidak mengucapkan kata cerai. apakah itu termasuk talak atau tidak. ?? terima kasih ustad.

  18. siti rohaida said

    salam ustaz, bagaimanakah hukumnya sekiranya pada talak pertama dijatuhkan,seseorang tidak membuat aduan ke pejabat agama.kemudian,mereka merujuk semula dan hidup sebagai suami isteri semula.kemudian,mereka bercerai semula untuk kali kedua…….

  19. fitri said

    ustadz…mohon jawabannya,jika seorang suami mengancam cerai istrinya jika terus2an susah diatur, apakah itu sudah termasuk talak?

  20. kemala said

    uztad bagaimana jika seorang suami dalam keadaan marah sangat mengatakan ” saya dan dia akan bercerai” didepan orang tuanya. apakah perceraian itu sah ?? mohon jawabannya

  21. otong said

    ass. wr. wb.
    ustz. apakah sah? perkawinana seorang wanita yg hamil di luar nikah. dan lalu jatuhin kata talak beberapakali oleh suami dlm keadadan marah dan bimbang/curiga lantaran (benarkah ank yg di kand. itu anak’y) kemudian di setelah itu di campuri kembali oleh suaminya dalam waktu beberapa jam tanpa ada kata rujuk, bagaimana hukumnya? haruskah mereka menikah kembali?
    sukhron..

  22. bowo said

    sy mau tanya,jika pernikahan yg tidak sah ketika suami mengatakan cerai kepada istrinya,apa talak itu sudah jatuh???karena ketika menikah dulu sang istri dulu sudh pernah menikah dan ketika menikah dengan suami yg kedua sang istri belum mendapatkan surat cerai dr suami pertamanya.bagaimana apa talak itu sah terucap dr suami yg kedua??thanks di tunggu pengertiannya

  23. dhany said

    ustad bgai mna hkum nya saat kita bertengkar n ribut sama istri,,,di dlam hati udah tersbut kata cerai tpi blum di utara kan lwat kata2,apa kah talak kita sudah jatuh,n msih bsa kah kita mlnjut kan rumah tngga kita…mhon pnjelsan nya ……?????

  24. nhaia said

    salam uztad..
    lgsung sja saya mau brtanya jika suami telah mengeluarkan kata talak sbenyak 2x dlm kurun wktu 2blan apakah itu sdah trmasuk cerai??? dan bgaimana jika kami ingin brhbungan kmbli sbgai suami istri? mhon panjlasanx krena orgtua saya sdah mendesk saya untuk segera menceraikan suami saya..

  25. shida said

    salam uztad…
    langsung saja saya mau bertanya waktu sy bertengkar sama suami sy sempat suami sy bilang mau pisah sama sy tpi itu dia katakan dalam keadaan emosi…apakah itu berarti sudah jatuh talak ke saya….tpi waktu itu sy dalam keadaan haid….apakah kami harus nikah ulang??? makasih sebelumnya….

  26. riziq said

    asalamualaikum..?salam hormat buat pa,ustad maap pa ustad sy mau nanya…..saya punya temen yg udah punya istri tp dia sering bilang sama perempuan lain kalu dia masih sendiri…yg ingin saya katakan apakah dengan cara berbohong seperti itu jatuh talak apa tidak…?

  27. Suta said

    Asalamualaikum Wr. Wb,…..
    Saya sudah menjatuhkan talak 1 pada istri saya. tetapi saya sudah 3 kali minta rujuk pada istri saya, Istri saya tidak menjawab/tidak dapat mengambil keputusan, tetapi Ibu istri saya yang menolaknya.
    Tetapi melalui via SMS istri saya ingin rujuk tetapi ingin mendapat restu lagi dari ibunya.
    Apa yang saya harus lakukan Ustad ?
    Mohon dijawab krn saya tidak ingin lama-lama jauh dari anak-istri saya.

  28. Assalamualaikum … kalau menurut saya semarah-marahnya manusia,kalau di tanya namanya sendiri pasti dia ingat. lalu apakah ini yg namanya hilang kesadaran?tp dia masih ingat namanya dan nama istrinya atau hal yg lain. Kalau yg sudah hilang kesadaran menurut sy dia mungkin di rasuki jin. jd dia tidak ingat sama sekali tentang keadaan apapun. lalu bagaimana mengkatagorikan keadaan marah seperti ini?

  29. cut said

    asslm gmn pndpat ustd jika suami dlm keadaan marah dia mngucapkan ” udah kutalak km
    1000″

  30. dia said

    ustad saya punya anak 1masih usia 1th suami saya kalau marah sring mengucapkan cerai dan menyuruh pulang ke rumah orang tua q tpi q g mau ustad di cerai karena kasian anak q dan suamiku apakah itu udah termasuk talak dan apakah saya masih di perbolehkan berhubungan suami istri masih halalkah q untuk suamiq

  31. Rany said

    Suami ku sll mengucap thalaq d saat dy mrah bsr maupun kcil,aq muak dan aq pun menantang ny,meskipun ssungguh ny aq blm siap untk brpisah,aq g tau ap yg hrs aq lakukan,hrs bertahankah aq?

  32. Ass.wr wb. Pak ustad saya lapas talak 1 baru2 hari,bagai cara mau rujuk ustad, dari sunar ,pekan baru

  33. musthafa said

    assalamualaikum.. pa uztad mau tanya nih jika suami menyuruh si istri pulang pada org tua.y karena masalah si istri yg belum siap menjadi istri dan tak tau apa2 ttg kewajiban.y ! apakah itu sudah talak?
    kata2 nya paling jelas gini “pulang saja pada org tua.mu jika kamu sudah siap maka kembali padaku”

  34. ega said

    dear ustadz,
    jika seorang istri sdg dalam kadaan hamil muda (-+2/3 bulan),seoramg suami mengucapkan kata2 “saya akan menceraikan kamu jika anak ini telah lahir” kepada istrinya hingga 2x pengucapan bagaimana hukumnya dan penyelesaiannya,dikala itu sang suami sdg marah dng istrinya…dan smp selang kehamilan tua (-+6bulan) sang suami tdk mengucapkan permintaan maaf atau rujuk sekalipun dng istrinya.
    mohon bantuan jawaban dan infonya,terima kasih…

  35. khairan said

    Assalamualaikum wr wb…

    Suami saya sering sekali mengucapkan kata cerai tp kami msh hidup satu rumah Dan melakukan hub suami istri..saya bingung dgn semua ini..sebab persoalan kecil pun suami suka sekali ucap cerai..apakah hubungan saya jinah atau bgimana??mohon penjelasannya ustad….wasslam

  36. arya said

    Assalamualaaikum..wr.wb
    Pak ustadz yg terhormat..
    saya telah berumahtangga selama 7 tahun dan telah di karunia sorang anak perempuan umur 6 tahun, Langsung saja ya pak ustadz..
    Dulu saya pernah bertengkar dgn istri saya. istri saya minta cerai..Sehingga secara spontan saya melafaskan kalimat di bawah ini dalam keadaan marah tanpa niat dan pada waktu yang berbeda-beda….
    seingat saya begini :
    kejadian 1. suami : baik-baiklah..layani saya elok2 (Mohon maaf pak ustad)
    istri : diam (Muka muram, marah)
    suami : kalau macam ni terus cerai aja dah (tanpa Niat Spontan)
    kejadian 2. istri : ceraikan aku
    Suami : saya ceraikan dikau nanti (Tanpa Niat spontan)
    kejadian 3. istri : ceraikan aku
    suami : Memang dikau nak aku ceraikan (Tanpa Niat spontan)
    kejadian 4. istri : aku mau pisah
    suami : yuk kita urus kepengadilan dlm hati menyerahkan semua ke pengadilan tetapi tidak sampai ke pengadilan (Tanpa Niat spontan)
    kejadian 5. istri : aku mau pindah ke rumah mamaku
    suami : Pergilah,,, seminggu dua minggu
    istri : aku tak mau balik lagi
    Suami : pergilah, 1 bulan 2 bulan,, tak usah harap2 aku lagi.. (tanpa niat utk cerai, dlm keadaan marah)
    Dari masing2 kalimat di atas apakah jatuh talak pak ustadz…??? mohon penjelasannya. Terima kasih pak ustadz
    Wassalamualaikum wr. wb

  37. lina said

    ass.wr wb
    ustad saya mw bertanya jika suami menyerahkan istrinya kepada orang tua nya dan keesok hari nya dia menyesal dan ingin rujuk,apa perlu melakukan ijab kabul lagi..???dan itu jatuh talak berapa ustad…???
    terima kasih atas wktu nya …
    wss.wr.wb

    • Prabowo Sudarsono said

      Menurut saya, perceraian itu suatu hal yang sangat serius karena selain dibenci oleh Alloh juga mengakibatkan korban dari pihak lain seperti anak dan hubungan silaturahim kedua belah keluarga besar. Dan perceraian mengubah segalanya yang tadinya halal menjadi haram (dan begitu pula sebaliknya).

      Dengan melihat betapa serius dampak perceraian, prosesi atau tata cara untuk bercerai juga tidak bisa sekedar dibuat sederhana (misal cukup suami mengucap “Kamu saya cerai” tanpa mempertimbangkan secara benar benar apakah ucapan suami tersebut karena dalam keadaan emosi/tertekan/terpaksa).

      Yang terbaik dalam suatu prosesi perceraian adalah dengan melakukan talak cerai di depan majelis hakim di Pengadilan Agama sehingga niat atau keputusan bercerai tersebut memang benar benar sudah dipertimbangkan secara matang dan sudah dipertimbangkan pula semua dampak buruk yang diakibatkan dari perceraian tersebut nantinya.

      Perceraian itu walaupun halal tetapi dibenci oleh Alloh dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai hamba Alloh untuk menjauhi semua yang dibenci oleh Alloh.
      Dan singkat kata, semua prosesi perceraian yang tidak dilakukan di depan majelis hakim di Pengadilan Agama adalah tidak sah.

  38. ilmi eman said

    saya telah dua kali menjatuhkan talaq kemudian rujuk kembali. kini saat isteri saya hamil 5 bulan
    saya menjatuhkan talaq 3.Apakah talaq saya sah.
    Sebulan kemudian isteri saya menyatakan tidak
    mau dieraikan dan mohon maaf untuk rujuk kembali dan mengakui kesalahannya yang lalu.

    Apakah kami boleh rujuk.

  39. Adika Yahya said

    assalammualaikum wr wb Ustad, sy mau tanya istri minta cerai dan mengajukan ke pengadilan agama alasannya sy dianggap pembohong. perlu ustad ketahui segala kebutuhan hidup terpenuhi dari nafkah suami sampai urusan rumah tangga suami yang mengerjakannya. Dalam pengadilan sdh 8 kali sidang hasilnya pengadilan agama tidak mengabulkan pemintaan istri untuk cerai alasan hakim pengajuan cerai salah alamat bukan di tempat kelahiran istri tapi domilsili sekarang. 6 bulan setelah sidang dipengadilan agama, Istri berkata Orang tuanya tidak ridho pada saya dan sering mengusir saya dari rumah, padahal rumah tersebut hasil jeri payah saya membeli dengan mencicil. saya hanya bisa bersabar dan berdoa agar diberipetunjuk. Yang saya tanyakan: Bagaimana langkah saya sebagai suami ustad dan rencana 1 Juli 2013 saya akan pindah mengontrak meninggalkan 3 anak serta seorang isteri klo itu jalan terbaik.

  40. ibnu said

    assalamu’alaikum
    ustad..
    kl setiap kali bertengkar suami mengucapkan kata BERAKHIR,CERAI atau PUTUS kepada isterinya apa itu sama saja dengan talak?
    dan kalau melalui via sms gimana hukumnya?
    mohon penjelasanya..

  41. ibnu said

    Ustad..
    Jika seorang suami mengucapkan kata PUTUS atau Berakhir berkali melalui sms kpd istinya,ap itu sama dgn talak?bisa rujuk ap tidak?

  42. ibnu said

    apa arti dari masa iddah?
    mohon d jelaskan

  43. Suriyati said

    Apakah jatuh talak jika suami mengucapkanny saat mabuk” kita cerai kalau kamu mau”?

    • Suriyati said

      Asalammualaikum.ustadz. Saya seorang istri yg sedng kebingungan,karna orang tua saya bilang law suami saya sudah menjatuhkan talak dgn berkata” kita cerai kalau kamu mau” itupn dlm keadaan mabuk. Bagaimana ustadz apa sudah jatuh talak?

  44. Qnyonk said

    saya beberapa kali berkata / menawarkan Talak atau Gugatan Cerai kepada istri saya, karena karena sifat dan perilakunya yang tidak baik..
    (*contoh: ..elo mau gue talak atau mau gugat cerai gue ..?)
    apakah harus saya jatuhkan Talak 1 atau Talak 2 kepada istri saya agar dia berusaha memperbaiki sifat & perilakunya..?
    terima kasih..

  45. lely said

    tahun 2004, suami saya pernah mengatakan,” jangankan talak 3, talak 17 saya kasih” dia berkata dalam keadaan marah,
    saya minta di nikahkan kembali, dia janji akan menikahi saya tetapi dia ingkar, sampai sekarangkami tidak pernah menikah kembali, yang saya akan :
    1. apakah sejak 2004 artinya saya sudah / di talak suami saya
    2.kah hubungan suami istri halal?
    3. apa yang harus saya katakan

  46. Eka said

    ustad..
    apakah sah perceraian atau talak, yang tidak pernah di keluarkan dari mulut atau kata2 oleh suami..?
    sedangkan hanya surat yang menyatakan ingin cerai dengan istrinya..
    tetapi surat itu ia buat sendiri dan bermatrai..
    ketika istri menggugat tidak ingin bercerai dari suaminya, tetapi suami menyatakan perceraian itu sah.dan sang istri membakar surat itu..
    tetapi beberapa hari kemudian sang suami masih berhubungan dengan sang istri., sampai sekarang ustad..sang suami sendiri masih menafkahkan istri lahir batin ustad..
    tapi keluarga sang suami menyangka perceraian itu sah..
    apakah itu beneran sah menurut agama dan negara ustad..
    mohon balasannya ustad.?
    wassalam.

  47. anik said

    Asalamukalaikum ustd, saya mau tanya
    Suami saya setiap bertengkar dia sllu mngucapkn kata2 berpisah itupun dah ada 3 x lbh apakh itu termasuk talaq ustad
    Terimakasih

  48. hamba Allah said

    pak ustad bagaimana hukumnya jika suami tidak memberi nafkah sepantasnya dan hanya mementingkan ibunya yg selalu minta uang. Dan si istri memberi makan suami dan anak2nya padahal gaji suami lebih tinggi.mertua sakit2an.pernah suatu saat sambil marah suami ini bilang lihat saja ntar kalau bpk kamu sakit daripada gw bayarin berobat mending gw cerai in elu.gw tingl kasih jatah ke anak gw dan asuransi elu gw cabut.
    Bagaimana menurut hukum agama pak ustad?
    Waalaikum salam wrwb.
    Terima kasih
    hamba ALLAH

  49. fahmi said

    aaahhhhhh…… pussssiiiing cerai talak ga ada yg pasti hukumnya…..gimana sih kesimpulan nya??????? apakah jatuh talak pada saat suami keadaan emosi. sudah jelas-jelas kata-kata orang emosi ga bisa di ambil, kalau menurut saya suatu keputusan yg diambil harus dalam keadaan sehat jasmani at rohani nya dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. lah kok kata2 orang sedang emosi di amin nin sama saja mengamin kan kata setan. Berarti orang yang mengamin kan kata2 orang sdg emosi setan juga…….

    • fahmi said

      sampai saat menulis ini belum ada jawaban yg pasti apakah SAH MENGUCAPKAN KATA2 CERAI TERHADAP ISTRI PADA SAAT SANG SUAMI SEDANG EMOSI. POKOKNYA GA ADA YG NAMANYA EMOSI TERBAGI DUA RINGAN DAN BERAT, EMOSI YA TETAP EMOSI. YANG MANA YANG BENARRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR…… ooooooooooooooiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

      KALAU NGASIH JAWABAN JANGAN MENURUT INI MENURUT ITU !!!!!!

      • sari mulyeni said

        لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. Saya sepakat dengan komentar P’ Fahmi ya.

  50. Assalamu’alaikum wr wb
    Rumah tangga saya sedang dlm masalah dan kami berpisah tuk instropeksi diri masing-masing…memang sdh beberapa kali pembicaraan tapi belum ketemu solusinya…dan tiba-tiba suami saya mengajukan surat cerai dan juga lewat sms tanpa menyatakan langsung, apakah sah jatuh talak seperti itu?karena saya masih sangat ingin rumah tangga kami utuh…saya mohon jawabannya. Terima kasih
    wassalamu’alaikum wr wb

  51. ayin said

    assalam ustaz,, saya nak bertanya.. suami saya semalam dalam keadan marah menceraikan saya dalam sms,, adakah jatuh talak?kerana selepas itu dia menyesali perbuatannya kerana menceraikan saya..

  52. tanty-pasuruan said

    Ass wrwb.
    Ustadz,apa saja dan bagaimanakah kalimat2 talak itu?? Apakah istri yang telah diusir dari rmh oleh suaminya sudah termasuk talak??
    Dan apakah kalimat talak itu haris diucapkan secara lisan, bagaimana bila kalimatnya ” Lebih baik kamu pulang ke rumah orang tua-mu saja…” tetapi disampaikan melalui surat atau sms??

  53. ass pak ustadz .saya suami yg telah mengatakan cerai 2x pada istri saya… tp hati saya lngsng merasa bersalah krna telah mengatakan nya….

  54. Assalamualaikum ustad…..
    saya pernh mentalak istri saya ketika dalam keadaan marah….
    setiap pertengkaran istri minta cerai dan saya mengiyakan juga dalam keadaan emosi dan sudah 3 kali…..
    bagaimanakah hukumnya ustad…..???

  55. Peretdoang said

    Bagaimana jika talak tiga dikatakan pada saat orang itu mabuk dan marah

  56. Peretdoang said

    Assalaamualaikum…..
    Saya menjatuhkan talak dalam keadaan marah yg sangat & mabuk, itupun langsung talak 3. Dan itu terjadi karena saya mengetahui istri saya ada hubungan dengan cowok lain. Dan istri saya mengakuinya dan memancing emosi saya supaya saya menjatuhkan talak kepada dia. Gimana itu hukumnya ustad?? Mohon petunjuk & bimbingannya.

  57. kinoy said

    pak ustad sya mau tny apabila suami ktika dsaat sangat marah dan sms utk meminta cerai .apa sah ? kbtulan kita jarang ktmu krena istri kliah dsemarang dan sya kerja di bandung .kita meributkan ttg jarak yg jauh pda sbnrnya kita baik” sja dan sngat rukun jika lg brsama satu atap .suami dsaat itu sgt emosi krena ingin slalu satu atap shgga emosi tersebut mnjadi kan hilangny akl sehat. mnta ptunjukny

  58. dian said

    apa hukum nya pabila suami melafaskn cerai ketika mrah pada istri yg belum habis pantang bersalin

  59. Aldes said

    Suami saya menyatakan cerai disaat emosi dan kesal karna saya selalu mengucapkan kata cerai . . ,apa masih suami istri apabila suami saya menyatakan cerai saat emosi dan kata katanya juga terbawa emosi suasana . . , tlg beri jwban

  60. sintya said

    Assalamualaikum ustad
    Saya mau tanya,kalau suami mengucapkan talaq yang hukum nya haram misalnya mengucapkan kata talaq lebih dari 3x kali dalam 1 wktu,maka apakah bisa rujuk kembali??.. dan kalau bisa rujuk kembali,bagaimana cara rujuknya??..
    terimakasih Ustad

  61. anandaelshyananta said

    Ass Pak Ustadz saya mau bertanya bagaimana hukumnya jika suami sudah mengucapkan kata cerai satu kali,apakah masih bisa tidur bersama dengannya

  62. novits said

    ass..ustadz
    bagiamana hukumnya jika suami menucapkan kata perceraian sebanyak lebih dari 3 x sering setiap kali ada masalah…
    apakah jatuh talaknya pada seorang istri

  63. Widiarti said

    Ass…ust akhr2 ini rmh tangga saya sedang d uji. Puncak’y kmrn suami saya benar2 marah. Lewat tlp dy marah & brkata kpd saya “udah cerai2 aja”. Kmd suami sya mengirimi saya sms “udah ayah ngga mau sama bunda lg”.
    Apakah itu sudah dsb talak?? Pengetahuan agama suami saya sangat minim.
    Mohn balasannya..

  64. Putri mandalika said

    Tolong di perjelas lagi

  65. herlina said

    Pak ustad sy mau Tanya ? Pada saat marah suami saya berkata bawa dia akan meninggalkan saya suatu hari nanti…bukan sekarang tapi entar suatu hari…apakah itu disebut dengan talak….. lalu saya mau Tanya jg..tahun kmrn saya barusan ijab Kabul lg karena suami saya per ah menalak saya…apakah kedua Ini jg talak..mohon dijawab…trims

  66. zulfitara said

    assalamualaikum pak ustad,sya mau tnya,
    1.sya mnkah 3 thn yg lalu,dan pnya ank stu,wktu sya hmil,swmi sya,iseng2 bkin srat cerai,dtlis tgang.tpi tdak pakai mterai,lalu dia mta sya tnda tgan,tpi tdak sya tnda tgan,apakah itu sdah tlak,?
    2.lalu stlah ank xmi lhr,kmi brtngkar,dan dgan emosinya suami sya berkata”mlay mlam ini kmu bkan istri sya lg,, tpi stlah tu dia mta maf,,
    3.sya ngnep drmah ortu sya krna sya dn anak sya sdang tdak enak bdan,,lalu suami sya blang,kalau besox kmu tdak plang,kta crai,tpi bsoxnya saya plang,krmah kmi,wlwpun cma sbntar.lalu sya krmah ortu lg,krna blm shat btul,, apakh tlak suami sya sdah jatuh?
    4.stlah bbrpa blan kmi kmbli brtgkar,dlam prtgkaran itu suami sring blang,kta crai aja ya?,stlah brtgkar sya plag.krmh ortu.dia tlfn dan blang,kta crai aja ya? sya meng iyakan,apkah itu tlak?

    ksmplanya,tlak brpakah yg sdah djthkan suami sya? blehkah rjuk kmbli? gmana crnya? mhon bntuanya ustad,,

  67. milah said

    Assalmualaikumm. ..sya nak tanya soalan apakah jatuh talak kpada istri melalui sms dgn talak 1 dlm keadaan dia emosi..tanpa niat nak mentalakkn istrinya…wassalamm

  68. aurel said

    aslm. ustadz…
    gmn jika suami mengucapkan “kalau tidak hamil sudah saya ceraikan kamu” apa itu sudah jtuh talak dr suami saya ustadz?? mohon penjelasannya

  69. assallammualaikum. pa ustad.apakah istri yg minta cerai tpi masih mau berhubungan badan.apa sudah rujuk saya takut itu jinah.karena selama dia minta pisah berhubungan dgn laki2 lain. sekarang dia minta rujuk dalam keadaan hamil. yg saya takut kan ke hamilan nya d gugurin.apa yg harus saya lakukan.d sisi lain anak ngerasa bahagia karna kedua orang tua tpi lain hal saya takut terjadi apa2 karna kandungan nya

  70. marni said

    Assalamualaikum ustad,

    Q mau bertanya, apakah sah klau suami mentalak istri , talak 1. Talak 2 , Talak 3 dalam waktu yang sama,,, cuman beda detik, apakah thu termasuk talak 3 yha, tolong penjelasannya ustad

  71. nurhasan said

    sy mau tanya seputar talak 12 dan 3 Rt sy sdh berjalan 9 tahun suami istri sama2 bekerja.slama 3 thn sy tinggal atau numpang di rumah mertua RT sy aman2 sj begitu pindah rumah slama 5 thn sampai skg ini sy sering banget bertengkar hebat sm istri sy.sy sering mengucapkan kata kata cerai pisah pulang saja kerumah orang tua mu.dari kata kata itu pada dasar sy karna emosi.nakut2 in.dan terakhir 2 minggu yg lalu sy bertengkar lewat tlp dari pertengkaran tersebut sy mengatakan skarang kita slesaikan sj sy uda gak kuat bertengkar terus slama 5 tahun kita pisah kita cerai.lg pula hubungan keluarga kita sdh di campur tangan sm keluarga km istri gak menjawab apa2 yang sy tanyakan “apakah ucapan sy termasuk talak 12atau3?boleh kah sy rujuk lg dari talak 12 dan 3?
    istri sedang hamil 5 bln anak yg ke tiga.brp bln masa iddah nya.boleh kah rujuk sebelum masa iddah dgn lisan dan perbuatan(jimak) setelah akhir masa iddah tidak ada rujuk lg kan pak ustadz? kalo bertengkar sama istri pasti ada yg penting sy gak mengucapkan talak lg kpd istri karna sadar sifat dan kelakuan istri sy selama ini.mhn balasan nya pak ustadz

  72. faeyza said

    ust.
    sy seorang isteri k’2. tetapi sy telah dtalak 3 dlm keadaan hamil. sebelum mengucapakan hal itu, suami saya telah meminta kepada sy utk mengiyakan apapun yg dikatakannya krn dia terpaksa dan hanya utk mnyenangkan / memenuhi tuntutan istri k’1.. sdh 2 org ustad yg sy tanya, katanya to tdk sah, akan tetapi sy masih takut jk itu sah. saat istikharah pun sy selalu dberi Allah petunjuk utk ttp bertahan / ttp bersamanya bukan mengacuhkannya. bagaimana pendapat ustad ?
    sy tdk mau akan menjadi zina jk sy ttp btahan. apa hukum dan adakah hadis atau dalil atau ayat Al Quran atau apakh yg bsa mbuat sy ttp berada pd jln Allah. trima kasih.

  73. yanie said

    ust sya ingin bertanya apakah suami sya sudah menjatuhkan talak karna dia sudah mengatakan kata CERAI sebanyak 2x dalam keadaan marah yang berlebihan

  74. shinta said

    Ustad Maaf saya mau bertanya
    Kata” nyeren keun(bahasa sunda)
    Apa itu termasuk talak?
    Dann jika seorang suami menyuruh istri untuk memilih ibu atau suami,sebaik nya harus bagai mana menghadapi nya?
    Dan jika sudah d talak ingin rujuk tapi ibu melarang tetap pda pendirian nya yg mengingin kan perceraian antara suami istri itu bagai mna menghadapi dan solusi nya?

  75. Budi said

    Maaf saya salah kolom. Yg sy mksd adlh utk menjawab pertanyaan sundari, darsilah dan Jamhari diatas, skli lg afwan jiddan, syukron katsiron

  76. farizal said

    asslm ustdz…saya pernah menjelaskan kepada istri saya mengenai talak, kemudian saya membuat contoh kata talak supaya istri mudah memahaminya, contoh talak tersebut seperti “saya cerai kamu”. apakah dengan demiakian sudah jatuh talak saya kepada istri? padahal saya cuma ngasih contoh kata talak, tanpa ada niat untuk mentalaknya. mohon penjelasannya.

  77. Prabowo Sudarsono said

    Saya rasa tidak, karena tidak ada niat sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 952 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: