Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Seputar Kepercayaan Kaum Kristen

Posted by Farid Ma'ruf pada 13 Januari 2007

Publikasi 24/05/2004
hayatulislam.net – Soal: Mohon di jawab:

1. Saya sekarang punya temen beragama kristen, dan dia punya kengininan untuk memilih agama yang baik dia tertarik islam tapi saya harus membuat dia yakin dulu kalu islam benar-benar benar. Tolong kasih saya kunci yang menunjukkan kebenaran Islam atas kristen (mungkin dalam bentuk buku atau situs). Saya punya buku ahmad deedat, apakah buku tersebut sudah mewakili semua pernyataan untuk mengalahkan statemen orang kristen?

2. Orang kristen percaya atas penebusan dosa oleh Yesus tolong beri pelurusan dari hal tersebut menurut Islam?

3. Tolong beritahu doa untuk membuka hidayah bagi seseorang beserta artinya?

4. Tolong berikan penjelasan mengenai trinitas tuhan yang ada 3 tapi satu dan bagaimana cara untuk mematahkan pendapat mereka bahwa hal itu salah.

Terima kasih.

Jawab: 1. Untuk pertanyaan pertama anda bisa mengunjungi link website hayatulislam.net. Menurut saya buku Ahmed Deedat sudah cukup untuk menunjukkan kesalahan agama Kristen, namun anda bisa melengkapinya dengan bacaan-bacaan lainnya, misalnya karya Dr. Mohammad Atour Rahim, yang berjudul Misteri Yesus dalam Sejarah (terj). Menurut saya, buku ini sangat bagus untuk menjelaskan kesalahan mendasar ajaran Kristen, sebab di dalam buku itu dituturkan tentang inkripsi Qumran yang isinya banyak berseberangan dengan Injil modern. Anda juga bisa membaca buku Taarikhul Injil wal Kanisah, (Sejarah Injil dan Gereja, edisi terj).

Langkah pertama, anda bisa memberikan buku-buku yang mengkaji dan mengkritik ajaran Kristen dari sisi pandang Islam kepada teman anda tersebut. Jika ia gemar membaca buku, maka langkah ini akan sangat efektive untuk mempengaruhi pikirannya. Setelah ia membaca buku itu, maka ajaklah ia berdiskusi mengenai isi buku itu. Misalnya, berikan kepada teman anda itu, buku Misteri Yesus dalam Sejarah. Setelah selesai membaca, ajaklah ia untuk mendiskusikan apa yang ia baca. Anda harus bisa meluruskan pemahaman-pemahaman teman anda itu, tatkala berdiskusi dengannya, agar interpretasi dirinya terhadap Islam dan Injil benar.

2. Tentang penebusan dosa. Penebusan dosa (kifarat) bermakna bahwa al-masih telah mati disalib untuk menebus dosa seluruh umat manusia. Dengan demikian, mereka menyakini bahwa al-Masih adalah penyelamat.

Ajaran Kristen menyakini bahwa setiap manusia yang terlahir di dunia berdosa. Dosa ini merupakan dosa warisan dari Nabi Adam dan Hawa. Doktrin ini bisa dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut. Sesungguhnya, orang Kristen percaya bahwa amal shaleh (perbuatan baik) merupakan penentu bagi selamat atau tidaknya manusia. Namun mereka memiliki keyakinan bahwa jika Allah menerima taubat seseorang karena RahmatNya, maka ini akan bertentangan dengan KeadilanNya. Karena manusia sudah terlahir dalam keadaan dosa, maka manusia harus dihukum, bukan diampuni. Jika Allah mengampuni manusia berarti Allah menafikan sifat Keadilan yang mengharuskan DiriNya menghukum manusia. Walhasil, Rahmat Tuhan akan bertumbukan dengan Keadilan Tuhan. Oleh karena itu, Tuhan mengorbankan al-Masih (yang bebas dari dosa) untuk menebus seluruh dosa anak manusia.

Paham ini memberi konsekuensi keyakinan, bahwa tidak ada yang terbebas dari dosa selain Isa al-Masih. Bahkan, Nabi-nabi yang terlahir di dunia ini tidaklah terbebas dari dosa (bandingkan dengan doktrin dosa warisan).

Keyakinan ini terbantah oleh kenyataan-kenyataan berikut ini:

Pertama, di Injil sendiri dinyatakan bahwa ada orang-orang tertentu yang bebas dari dosa (ma’shum).

Di dalam Lukas 1:15, 66, 80, Markus 6:20 dan 1:4, dinyatakan bahwa “Yohannes adalah manusia ma’shum, penuh dengan Roh kudus mulai dari rahim ibunya. Ia adalah orang suci dan takwa kepada Allah.”

Habil, anak nabi Adam juga merupakan manusia yang ma’shum, takwa dan terpercaya. [lihat Matius, 23:35; Ibrani 11:4].

Daniel juga orang yang penuh dengan Roh para dewa yang kudus [lihat Daniel 4:8 dan 6;21-22]. Masih banyak keterangan lain yang termuat di dalam Injil dan Taurat yang menyebutkan orang-orang yang ma’shum dan suci.

Walhasil, doktrin penebusan dosa oleh Yesus justru bertentangan dengan Injil sendiri. Sebab, ada orang selain Yesus yang terlahir dalam keadaan ma’shum. Jika Yesus dilahirkan untuk menebus dosa seluruh manusia –karena manusia itu (menurut pandangan Kristiany) telah memikul dosa–, tentunya seluruh manusia selain Yesus bukanlah orang ma’shum. Namun, Injil sendiri malah menyebut orang-orang yang ma’shum. Walhasil, doktrin penebusan dosa malah bertentangan dengan ajaran Injil sendiri.

Kedua, doktrin penebusan dosa menyakini bahwa Yesus lahir untuk menebus dosa dan memikul dosa seluruh umat manusia. Al-Masih mati disalib untuk menyelamatkan orang yang percaya kepada penyalibannya. Akan tetapi, Injil sendiri malah membantah pandangan ini.

“Janganlah ayah dihukum mati karena anaknya, janganlah anak dihukum karena ayahnya; setiap orang harus dihukum karena dosanya sendiri.”[Ulangan 24:16]

“Tertulis dalam taurat, yakni kitab Musa, di mana Tuhan telah memberi perintah: “Janganlah ayah mati karena anaknya, janganlah juga anak mati karena ayahnya, melainkan seorang harus mati karena dosanya sendiri.”[II Tawarikh 25:4]

“Pada waktu itu orang tidak akan berkata lagi: “Ayah-ayah makan buah mentah, dan gigi anak-anaknya menjadi ngilu, melainkan: Setiap orang akan mati karena kesalahannya sendiri; setiap orang yang makan buah mentah, giginya sendiri menjadi ngilu.”[Yeremia 31:29-30]

“Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya.”[Yebezkiel 18:20-22]

“Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati.”[Yebezkiel 18:4]

Ayat-ayat di atas merupakan bukti bahwa setiap orang itu berdosa karena perbuatannya sendiri. Tidak ada dosa yang dipikul oleh seorang anak karena kesalahan bapaknya. Walhasil, ayat-ayat ini malah menghancurkan doktrin penebusan dosa.

Ketiga, Umat Masehi yakin bahwa, dosa yang dilakukan Adam pindah kepada anak keturunannya. Dosa itu diwariskan kepada anak-cucunya melaui nutfah ayah. Oleh karena itulah, al-masih dilahirkan tanpa ayah, agar tetap terpelihara dari bekas-bekas dosa warisan tersebut.

Keyakinan semacam ini justru bertentangan dengan Injil sendiri. Kitab suci telah menyatakan bahwa Adam dan Hawa telah makan buah dari pohon larangan itu. Dengan demikian, keduanya sama-sama bergelimang dosa. Bahkan, dosa Hawa jauh lebih besar. Sebab, dialah yang memulai dan membujuk Adam [lihat Kejadian 3:6]

“Lagi pula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa.”[I Timotius 2:14]

Perjanjian Baru dan Perjanjian Lama sudah mengatakan bahwa, perempuan itulah yang menyebabkan dosa pertama. Filsafat masehi juga berpendapat bahwa perempuanlah yang menyebabkan terjadinya dosa awal dan seluruh umat manusia memikul beban dosa itu melalui nutfah laki-laki akibat dosa pertamanya. Lantas, kita bisa mengajukan pertanyaa, ‘Tapi mengapa Isa-Masih harus dikecualikan dari dosa warisan itu, padahal dia dilahirkan oleh perempuan yang menyebabkan terjadinya dosa pertama?

Demikianlah, anda sudah kami jelaskan mengenai doktrin penebusan dosa.

3. Doa agar dimudahkan mendapatkan hidayah. Allahummaj’alhum minal muhtadiin, wa yassirhum fi taqabbul dakwatika wa diinika, wa hidayatika, birahmatika ya arhamarraahimiin. “Ya Allah, jadikanlah mereka bagian dari orang-orang yang mendapatkan petunjuk, dan mudahkanlah mereka dalam menerima seruanMu, agamaMu, dan hidayahMu. Dengan rahmatMu kabulkanlah doa’ku Ya Maha Pengasih.

4. Untuk doktrin trinitas sudah pernah dijelaskan pada Tanya jawab sebelumnya. [Tim Konsultan Ahli Hayatul Islam (TKAHI)]

12 Tanggapan to “Seputar Kepercayaan Kaum Kristen”

  1. nia said

    saya ingin menanggapi parnyataan nomer
    1. Injil itu ada perjanjian baru dan perjanjian lama.Antara perjanjian baru dan lama terdapat perbedaan. Di dalam perjanjian lama ada syarat – syarat tertentu untuk manusia masuk surga. Manusia diliat dari imannya. manusia tetap harus bersusah payah melakukan segala kebaikan agar berkenan di hadapan Tuhan. Untuk itulah karena begitu besar kasih Tuhan maka Dia menyediakan suatu cara yang lebih mudah yaitu dengan Dia menjelma menjadi manusia dan turun ke dunia dan ia disebut Yesus itu sndr untuk. Dia manusia suci yang berasal dari surga.
    2.Pada dasarnya manusia diciptakan bersih dari dosa. Tetapi karena bujukan iblis dia menjadi berdosa. Dan sifat dosa itulah yang menurun kepada manusia lainnya. Tidak ada satupun manusia yang bersih dari dosa di dunia ini. sebagai contoh..anak kecilpun yang belum tahu apa apa.dan ia belum mengerti dosa..jika dia dipukul sama temannya, pasti ada keinginan dalam dirinya untuk membalas. itulah yang disebut dosa.Jadi yang disebut sebagai dosa turunan adalah manusia pada dasarnya mempunyai sifat penuh dengan dosa.karena tidak ada seorangpun manusia yang suci di dunia ini kecuali Tuhan Yesus yang pernah hadir di dunia. dan dia berasal dari Surga yang tidak menerima sifat – sifat dari orang tuanya sendiri.Karena dia dikandung tidak berdasarkan hubungan dengan suaminya sndr,melainkan benihnya datang dari surga.Berbeda dengan manusia biasa yang dikandung langsung dari orang tuanya.kalau bukan dosa turunan..manusia tidak usah bersusah payah berbuat kebaikan dsb karena dia dengan leluasa bisa masuk surga.karena dia merasa suci.tetapi seperti yang saya katakan diatas,seluruh manusia itu mempunyai sifat dosa dalam dirinya.dan karena manusia sudah jatuh dalam dosa maka dia dilempar ke dunia.dan manusia lainnya keturunan adam mewarisi sifat dosa tersebut.itulah yang disebut dosa warisan. tetapi memang tiap manusia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya sendiri.tidak ada yang bisa menolong.dia harus mempertanggung jawabkan sendiri.cuma pada dasarnya kalau belum menerima Tuhan Yesus maka dia belum bisa diselamatkan.

    • ronnie said

      Aku bukan ahli alkitab, satu saja yang aku tau PENEBUSAN DOSA yang di maksud di sini adalah kembalinya SIGNAL yang terputus antara ALLAH dan manusia sejak kejatuhan adam dan hawa, hingga saat YESUS di salib dan menembus alam kubur, sejak itu nggak perlu lagi manusia berdoa dengan minta bantuan nabi nabi atau orang orang suci atau melalui media media, cukup datang pada TUHAN dengan apa adanya dan hati terbuka kapan saja di mana saja tanpa batas, DIA langsung bisa di telpon setiap saat dan nggak kena roaming atau biaya pulsa……gratis tis …tis….tis……dan kita nggak perlu malu curhat dan minta apa saja dalam kepolosan nyata seorang anak bapanya……he….he….he…..

  2. jj..11 said

    saya akan meberikan tanggapa…

    saya menekan kan kembali tolong jangan menyamakan perjanjian lama dengan perjanjian baru, dan saya tekankan perjanjian baru bukan menghilangkan hukum taurat, contonya pada 10 perinta Tuhan,jangan mencuri, tp Yesus mengatakan bahwa pengen, mencuri aja itu dah dosa, disini dijelaskan bahwa keinginan aja dah berupah dosa, kenapa kita punya kinginana kan dosa…yaitu berkaitan erat denagn dosa turunan, dosa warisan, jiwa pikiran manusia sudah dikuasai dengan kebaikan dan kejahatan itu sifat paling…paling dasar manusia, makanya bayi sekali pun sudah dapat warisan…antara berdosa dan dosa warisan, tolong dibedakan..itu sangat beda jauh, berdosa itu karena perbuatan, sedangkan warisan…ya seperti yang gw terangin diatas..

    jd jangan punya anggapan seorang bayi koq gak tau apa2 dah punya dosa…eee..p tunggu dulu..seperti yang saya utarakan td punya dosa dan dosa warisan berbeda, jd bayi itu tidak BERDOSA atau tidak punya dosa, dia cuma ada cikal bakalnya berbuat dosa
    dan semuanya itu kita sebagai mahluk lemah tidak akan bisa menghilangkan itu…sampai kapan pun……!

    coba anda berf=pikir sendiri2 renungkan baik2, jujur pada diri sendiri, anda dan saya berdosa gara2 apa..!
    apa gara2 orang, lingkungan ajaran atau apa…?????

    kalo menurut gw ..nee..! gw berdosa akibat dari dosa wrisan, dan akibat rendahnya pemahman saya akan ajaran Yesus, jd saya berdosa akibat SAYA sendiri, makanya obat dari dosa saya ya…itu YESUS…

    kenapa YESUS jd penebus dosa saya, karena dia satu2nya manusia yang gak punya dosa, kekal gak punya dosa, didunia ini manusia gak punya dosa tidak ada kecuali TUHAN… berarti YESUS adalah TUHAN, simple kan mudah kan sebenarnya, tp gak masuk AKAL…nah itu td kalo masuk AKAL sama aja semua yang kita terima itu adalah ajran dari manusia…karena TUHAN itu gak akan perna masuk AKAL manusia sampai hari kiamat..kita hanya bisa mengartikan perintah2 NYA itupun masih sering salah.

  3. TA212 said

    Ass.Wr.Wb
    Terimakasih sebelumnya atas pemikiran-pemikiran teman2 semua sgt berguna bagi pembaca seperti saya. saya tertarik pada forum ini karena penyampaian teman2 sekalian masih sopan & tidak ada yang menyinggung. walaupun ada beragam cara penyampaiannya. Banyak manfaat yang saya dapatkan dgn membaca forum ini. Salah satunya adalah dpt memperteguh keimanan terhadap agama yang saya yakini.
    Menurut saya diskusi untuk mencari kebenaran tidak harus memaksakan pendapatnya pada orang lain. toh manfaatnya bukan hanya untuk lawan bicara tetapi untuk para pembaca seperti saya ini. karena dlm perspektif saya sbg audiens terkadang ada hawa nafsu dlm meraih pengakuan dari lawan bicara. tentu hal tersebut dpt terlihat tidak mewakili kepentingan agamanya melainkan kepentingan pribadi. Untuk itu harap menjaga sikap dan tutur kata kita bila kita merasa mewakili agama umat kita masing2.
    Bukankah dengan diskusi salah satu manfaatnya adalah berbagi ilmu pengetahuan. diskusi yang sopan akan nikmat untuk dibaca dan ditelaah, serta lebih banyak hal positifnya. biarlah benar atau salahnya di nilai oleh pembaca di dalam hati dengan demikian kejujuran-kejujuran informasi dapat dijadikan bekal untuk para pencari kebenaran dalam perjalannya mendapatkan hidayah. Terimakasih dan Wassalam

  4. heri said

    saya bukan orang kristen saya ingin bertanya jika benar jesus
    tuhan, 1.lalu siapa tuhan sebelum jesus lahir ?
    2. jikajesus tuhan kenapa ia (mau)disiksa bukankah ia tuhan?
    3. kebanyakan orang barat yg mayoritas kristen percaya
    pada teori darwin (nenek moyang manusia adalah kera)
    bukankah ini juga berarti percaya tuhan jesus keturunan kera

    • ronnie said

      Tidak ada ceritanya ilmu pengetahuan dan pemahaman spiritual bisa nyambung, namun saat ini telah juga terbantahkan theory darwin itu, telah pula nyata pada masa perhitungan ala darwin manusia masih kera namun kini dikatakan pada masa yang sama manusia telah punya peradaban, ilmu pengetahuan selalu berkembang dan selalu ada theory theory baru setelah theory yang lama masih di terima secara umum.

      Memahami apa yang terjadi dan scenario besar di belakang pentas penyaliban YESUS, butuh waktu lebih dari 5 thn bagi saya membolak balik apa sebenarnya ini, padahal saya telah percaya dan di babtis.

      Lalu apa sich sebenarnya….? saya sedikit banyak sudah menyinggung nya di balasan lain di atas ini, dan mungkin kalo di ceritakan akan terdengar sangat futuristik dan melampaui jaman, saya kuatir kalau anda tak cukup berpandangan terbuka akan berfikir, masa TUHAN bisa begini dan begitu….yang pasti…jika anda percaya jangan batasi pikiran TUHAN dengan pikiran anda karena pasti tidak nyambung.

  5. dany said

    saya mau tanya :
    1. kenapa tuhan anda disembah pakai arah angin>?
    2. menurut arah angin itu anda mengarah kepada batu besar kubus & sekali setahun dibersihkan sama pemerintah, apa benar tuhan itu batu?
    3. saya juga tanya salah derajat arah angin balinglah doa kita?
    4. saya mau tanya kita beribadah sama tuhan kenapa dicicil?
    5. saya pernah baca, “salah satu nabi” harus dipastikan masuk sorga, konon dengan pengikutnya?
    6. saya mau tanya dengan halal bunuh orang, apa benar?
    7. saya mau tanya isu – isunya nih, nabi isa ada dilantai 3 kerajaan sorga, saya mau tanya kenapa pengikutnya harus masuk neraka jahanam lantai basemen?
    8. saya mau tanya, kenapa nabi isa disebut – sebut dalam alquran, apa tidak haram?
    9. saya mau tanya, kebenaran apa sebenarnya yang diinginkan pengikut islam, kebenaran yang nyata, berwujud, atau apa saya tidak tahu?
    10. saya beberapa kali baca kitab “suci” saya hanya baca isinya sumpah atas apa gitu saya kurang jelas?
    11. saya mau tanya, ada agama yang bersumpah atas kambing, monyet, bintang, binatang, bulan, banyak deh, saya mau tanya, saya juga baca, ada larangan bersumpah, bagaimana maksudnya?
    12. saya sebenarnya netral, saya tidak memihak siapapun, saya hanya membandingkan, tolong jangan berpikiran negatif, ini untuk kebaikan bersama, saya bisa kasih saran, gimana kalau belajar bahasa timur tengah dulu, kan seperti beli karung dalam batu, saya sih kasih saran saja, karena agama bukan tradisi?
    13. saya menyoroti masalah poligami, adil yang gimana, adil sakit hatinya, atau gimana, saya juga mau tanya, nabi melakukan/menyarankan poligami karena alasan banyak laki-laki yang mati akibat perang, saya berharap jaman sekarang jangan di samakan, apa laki-laki mati gara – gara nafsu?
    14. saya lihat banyak orang jihat,sebenarnya jihat itu apa, ada angapan gue bela muslim benar, gue matikan agama lain itu pahala?
    15. saya mempertanyakan ke existan agama islam kurang, apa ga berani bersaing, kenapa ada aliran yang katanya menyimpang itu hancurkan, buktikan dong kalau bagus, biarkan orang melakukan sukanya?
    16. saya pernah tahu, katanya dulu umat muslim itu menyembah ke betlehem, tapi belakangan ke mekkah, kenapa berubah, tuhan pindah rumah ya, buat selamatan dong?
    17. saya lihat ada pengorbanan hewan, apa semua dunia ini milik tuhan, kenapa manusia mengorbankan milik tuhan, harusnya manusia mengorbankan dirinya sendiri untuk tuhan?
    18. saya tahu semua aliran agama lebih dari orang yang menganut, saya pelajari & saya ambil kesimpulan, saya tidak berkata sembarangan saya bisa tunjukan dalam kitab “suci”?
    19. saya baca artikel di atas, katanya semua orang berdosa jelas dengan agama apapun dong, lalu saya pernah baca, orang muslim itu langsung masuk sorga & ga melewati jembatan gantung neraka, maksudnya apa saya ga jelas, jelas orang berdosa harus dihukum tetapi kenapa pada hari kiamat malah masuk lift ke lantai 8 VIP surga?
    20. saya mau tanya dalam agama islam, ada larangan sangat keras terhadap hubungan terhadap roh – roh harus kasar, lalu kenapa ada upaya – upaya untuk menghubungi roh – roh baik, apa sebaiknya kita harus menyembah & meminta kepada tuhan?
    21. saya bukannya pisimis, saya optimis agama islam adalah agama yang kuat & berkuasa, karena sudah takdir, saya juga percaya agama ini akan semakin kuat sampai akhir dunia bahasa kerennya kiamat, agama ini akan jadi agama yang sangat kuat, saya juga lihat agama islam punya kekuasaan yang sangat hebat, takdir – takdir, tapi tenang semuanya terkendali masih ada pengawasan, aku sih berharap tuhan memelihara pengikut – pengikutnya?
    666. agama islam punya nomor cantik, mirip dengan tanda – tanda kiamat, mudah – mudahan orang – orang yang taat tetap percaya?
    1920. saya mau tanya ada hadis yang dipakai/diciptakan untuk politik arab, diciptakan, ini agama atau politik sih?9999.
    111. sudah dulu, soalnya banyak banget yang harus saya bilang, tapi saya harap, manusia tetap manusia, saya lihat anda sebagai manusia, saya hargai anda sebagai manusia, saya tidak membenci anda, tapi agama saya menyatakan anda itu 666, tapi saya tetap berpikir positif, mungkin itu orang yang radikal di arab sana, di indonesia mungkin beda, mungkin?
    144. saya bisa kasih saran, kenapa orang islam mengkritik agama kristen, coba lihat agama islam sendiri, jangan mempengaruhi agama orang lain, selama lue ga ngangu gue, gue ga ngangu lue, kita saling menghargain aja, kalau ga suka dengan yesus sebagai tuhan, apa urusan saudara, kita lihat nanti siapa di sorga & di neraka, kita butuh bukti bukan sumpah, sumpah loe>>>>>
    good bye/….

    Tanggapan :
    Silakan anda ikuti forum2 atau tulisan2 yang membahas keimanan. Misalnya, buku2 Irene Handono (mantan biarawati yang masuk Islam).

    • ronnie said

      saya mengikuti YESUS KRISTUS, namun saya hanya orang percaya dan bukan pengikut agama tertentu, debat kusir membandingkan agama tak akan ada ujungnya, suatu saat kita semua akan berada di alam lain, jika kita yakin di sana nanti bertemu TUHAN, mari bertanya mana agama yang paling benar, dalam hati, saya hanya berharap bertemu YESUS saja, tak penting apa jawaban nya…karena saya tak ingin membenarkan diri hanya TUHAN yang berhak membenarkan saya, jika tidak pun…..apa yang bisa saya lakukan, karena saya manusia saja.

  6. Adly Oktariyanto said

    Mahasiswa psikologi, jogja.
    Perlu teman-teman ketahui kita adalah manusia yang di ciptakan oleh Zat Pencipta, untuk dapat berfikir. secara pemikiran saya dalam hal logika tidak seharusnya kita saling menyalahkan. agama bukanlah tradisi, turunan, adat dari yang sebelumnya, untuk itu agama kudu dikaji sendiri, dipelajari dengan arus informasi yang jelas. yakinilah Dia jika engkau merasa yakin…sembahlah Dia jika engkau merasa Dia yang telah memberikan kamu kehidupan rezeki,cobaan kesenangan ataupun penderitaan.Sesungguhnya manusia Tidaklah sempurna terkecuali Zat yang menciptakan manusia itu sendiri.Seperti agama yang saya anut bahwa agama saya bersifat dakwah, tidak pernah memaksakan ajarannya kepada orang lain, jika manusia itu percaya kami bersukur jika tidakpun kami berdoa agar selalu dibukakannya pintu hati untuk dapat menerima ajaran yang kami berikan. Saya berfikir logis jika ada yang mempertanyakan kitab suci “sesuci apakah kitab yang diberikan kepada manusia?”
    a.jika antara ayat yg satu tidak bertentangan dengan ayat yang lain.
    b.jika ayat tersebut tidak bercampur tangan oleh manusia,(ibarat kata “makan” ditamabah “dimakan”,ataupun “memakan”. maka maknanya telah berubah
    itu saja yang perlu di tanamkan dalam pemikiran secara logis, jika ada keraguan antara salah satunya maka kitab itu sudah tidak suci lagi. jika tidak suci lagi kenapa dituruti?
    Ambilah makna hidup sebenarnya, bahwa kita selalu menebarkan kebaikan, janganlah kita saling berpecah belah karena saling ingin menanamkan idiologinya, hormatilah cara berfikir, cara pandang, tanpa harus dilihat dari derajat kekayaan,intelektual, keturunan ataupun lainnya, karena di mata Zat Pencipta kita adalah sama yang saling berlomba untuk mendapatkan kebaikan yang menghasilkan sebuah kenikmatan dari -Nya.
    “bukankah Tuhan itu Maha Mengetahui?” maka Dia Tahu apa yang telah Diciptakan-Nya, utuk itu janganlah manusia itu berlebih membuat siksa, keburukan, kerusakan dimuka bumi dan sebagainya. kita harus saling belajar untuk dapat memahami orang lain termasuk diri kita sendiri.
    seorang pencuripun diberikan rezeki oleh Tuhan-nya, tetapi Rezeki seperti apa?kan ada halal dan haram. untuk itu ajaklah orang itu untuk mendapatkan yang halal bukan justru mematikannya karena kesal. Semoga Zat Pencipta yang menciptakan kita dapat memberikan pemikiran secara logis dilihat dari sisi porsi manusia itu sendiri. Sudah banyak kerusakan dimuka bumi tidak adasalahnya kita bangun kembali kebersamaan sebagai manusia untuk hidup saling berdampingan.Wasalam….

  7. Imel said

    haduh..haduh.. loh kok yg nasrani jad gerah krn artikel ini? sampe turut menjelaskan ttg kepercayaan Yesus-nya, seolah artikel ini hendak memaksa nasrani memeluk islam. Sepemahaman saya… masalahnya kan ad nasrani yang tertarik masuk Islam, namum si muslim temannya ini butuh masukan bagaimana menjelaskan ttg Islam dan keraguan tmn nasraninya tersebut thd kitabnya.
    Cara-cara dan nasihat yg diberikan oleh si penasihat ini cukup baik kok dan hanya memberikan penjelasan ttg hal-hal yang umumnya sering diragukan umat nasrani (umat nasrani yang tidak meragukannya, berarti kuat iman thd keyakinannya) :]
    Jika sdh dijelaskan berbagai hal ttg keraguannya si teman nasrani ini, dan dy masih merasa tidak yakin akan Islam, ya gak apa-apa dy tetap memeluk agamanya tanpa bisa seorangpun termasuk teman si nasrani ini untuk memaksanya memeluk Islam.
    Buat Dany, anda spertinya tidak menunjukan kearifan dalam berdiskusi, karena pertanyaan anda sudh menunjukkan antipati anda thd Islam. Dijelaskan sedemikian rupa pun, anda pasti tetap memberi label buruk/jelek thd Islam. Karena beberp pertanyaan anda menunjukkan bahwa anda telah termakan issue bohong ttg Islam namun anda percayai sbg Islam yang nyata. Kalau saya sarankan, mas Dany langsung bertanya saja pada ahlinya, yaitu ahli agama Islam, yaitu para kyai/dai. Semoga anda bisa menemukan jawabannya.

  8. ronnie said

    Setiap manusia di beri pilihan bebas, agama hanya sebuah kotak yang di bentuk dari tuntunan dan aturan aturan supaya manusia dapat hidup dan memanusiakan dirinya sendiri.

    Hanya kejujuran dan caracter yang akan terlihat nyata untuk membedakan mana gandum mana jewawut, jadi ambil waktu diam dan observasi diri baru kemudian menentukan pilihan.

    Sebagai manusia tak ada hak kita berkata kitalah dan agama kita yang 100% benar

  9. stiap manusia berhak memilih keyakinan yg ia yakini,
    dan keyakinan itu tdk bs dipaksa.
    tetapi sebagai manusia kita wajib mencari kebenarannya….
    janganlah sampai kita menyesal ketika semua sudah terlambat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: