Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

HUKUM ORANG BERBUAT ZINA

Posted by Farid Ma'ruf pada 18 Januari 2007

Soal: Di daerah tempat saya tinggal, ada orang (Mukhson) yang pernah berbuat maksiyat perzinaan, namun waktu disidang di tingkat RT/RW, dia mengaku salah dan ingin bertobat dan sekarang ia rajin sekali ibadah di masjid. Namun ternyata perzinaan itu diulang lagi, konon menurut pengakuan korban beberapa kali. Orang itu tidak mengakui perbuatannya, sebelumnya pernah tanda tangan berjanji untuk tidak mengulanginya. Tapi sang korban (familinya sendiri yang sejak kecil dinafkahi si pelaku) bersaksi dan membeberkan bukti visum dokter. Saat ini orang tersebut dianggap cukup meresahkan warga walaupun aktif di masjid tapi oleh warga dikucilkan bahkan hampir diusir.

1) Bagaimana solusi Islami terhadap kasus ini?

2) Bagaimana menghukumi seorang pezina dizaman sekarang yang tidak ada Kholifah (Daulah Islam yang berwenang)?

3) Bagaimana kaifiyat menghakimi pezina dalam peradilan Islam?

4) Bagaimana bila saksi tidak ada atau kurang dari 4 orang, tapi ada pengakuan korban?

5) Bagaimana menurut Syariah, kalau warga masyarakat memberikan hukuman dengan mengucilkan (tidak ditanya/tidak dilibatkan di masyarakat) atau mengusirnya?

6) Bagaimana hukumnya kalau pelaku zina kemudian dinikahkan?

Jawab: 1. Dalam pandangan Islam, zina merupakan perbuatan kriminal (jarimah) yang dikatagorikan hukuman hudud. Yakni sebuah jenis hukuman atas perbuatan maksiat yang menjadi hak Allah SWT, sehingga tidak ada seorang pun yang berhak memaafkan kemaksiatan tersebut, baik oleh penguasa atau pihak berkaitan dengannya. Berdasarkan Qs. an-Nuur [24]: 2, pelaku perzinaan, baik laki-laki maupun perempuan harus dihukum jilid (cambuk) sebanyak 100 kali. Namun, jika pelaku perzinaan itu sudah muhson (pernah menikah), sebagaimana ketentuan hadits Nabi saw maka diterapkan hukuman rajam.

2. Yang memiliki hak untuk menerapkan hukuman tersebut hanya khalifah (kepala negara Khilafah Islamiyyah) atau orang-orang yang ditugasi olehnya. Jika sekarang tidak ada khalifah, yang dilakukan bukan menghukum pelaku perzinaan itu, namun harus berjuang menegakkan Daulah Khilafah terlebih dahulu.

3. Yang berhak memutuskan perkara-perkara pelanggaran hukum adalah qadhi (hakim) dalam mahkamah (pengadilan). Tentu saja, dalam memutuskan perkara tersebut qadhi itu harus merujuk dan mengacu kepada ketetapan syara’. Yang harus dilakukan pertama kali oleh qadhi adalah melakukan pembuktian: benarkah pelanggaran hukum itu benar-benar telah terjadi. Dalam Islam, ada empat hal yang dapat dijadikan sebagai bukti, yakni: (1) saksi, (2) sumpah, (3) pengakuan, dan (4) dokumen atau bukti tulisan. Dalam kasus perzinaan, pembuktian perzinaan ada dua, yakni saksi yang berjumlah empat orang dan pengakuan pelaku. Tentang kesaksian empat orang, didasarkan Qs. an-Nuur [24]: 4.

Sedangkan pengakuan pelaku, didasarkan beberapa hadits Nabi saw. Ma’iz bin al-Aslami, sahabat Rasulullah Saw dan seorang wanita dari al-Ghamidiyyah dijatuhi hukuman rajam ketika keduanya mengaku telah berzina. Di samping kedua bukti tersebut, berdasarkan Qs. an-Nuur: 6-10, ada hukum khusus bagi suami yang menuduh isterinya berzina. Menurut ketetapan ayat tersebut seorang suami yang menuduh isterinya berzina sementara ia tidak dapat mendatangkan empat orang saksi, ia dapat menggunakan sumpah sebagai buktinya. Jika ia berani bersumpah sebanyak empat kali yang menyatakan bahwa dia termasuk orang-orang yang benar, dan pada sumpah kelima ia menyatakan bahwa lanat Allah SWT atas dirinya jika ia termasuk yang berdusta, maka ucapan sumpah itu dapat mengharuskan isterinya dijatuhi hukuman rajam. Namun demikian, jika isterinya juga berani bersumpah sebanyak empat kali yang isinya bahwa suaminya termasuk orang-orang yang berdusta, dan pada sumpah kelima ia menyatakan bahwa bahwa lanat Allah SWT atas dirinya jika suaminya termasuk orang-orang yang benar, dapat menghindarkan dirinya dari hukuman rajam. Jika ini terjadi, keduanya dipisahkan dari status suami isteri, dan tidak boleh menikah selamanya. Inilah yang dikenal dengan li’an.

4. Karena syaratnya harus ada empat orang saksi, seseorang tidak dapat dijatuhi hukuman. Pengakuan dari salah satu pihak tidak dapat menyeret pihak lainnya untuk dihukum. Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah diceritakan bahwa ada seorang budak laki-laki yang masih bujang mengaku telah berzina dengan tuannya perempuan. Kepada dia, Rasulullah menetapkan hukuman seratus camnukan dan diasingkan selama satu tahun. Namun demikian Rasulullah Saw tidak secara otomatis juga menghukum wanitanya. Rasulullah Saw memerintahkan Unais (salah seorang sahabat) untuk menemui wanita tersebut, jika ia mengaku ia baru diterapkan hukuman rajam (lihat Bulugh al-Maram bab Hudud). Hasil visum dokter juga tidak dapat dijadikan sebagai bukti perbuatan zina. Hasil visum itu dapat dijadikan sebagai petunjuk saja.

5. Tuduhan perzinaan harus dapat dibuktikan dengan bukti-bukti di atas. Tidak boleh menuduh seseorang melakukan zina, tanpa dapat mendatangkan empat orang saksi.

6. Berzina termasuk perbuatan kriminal yang harus dihukum. Jenis hukumannya hanya ada dua, yakni jilid dan rajam. Bagi pezina ghaoiru muhson yang dijatuhi hukuman jilid, bisa saja mereka dinikahkan setelah menjalani hukuman. Al-Qur’an dalam Qs. an-Nuur [24]: 3 memberikan kebolehan bagi pezina untuk menikah dengan sesama pezina. Tentu saja, ini berbeda dengan pezina muhson yang dijatuhi hukuman rajam hingga mati, kesempatan untuk menikah bisa dikatakan hampir tidak ada. [Tim Konsultan Ahli Hayatul Islam (TKAHI)]

About these ads

147 Tanggapan to “HUKUM ORANG BERBUAT ZINA”

  1. Adjeng berkata

    well its sooo not fair for women. what if they had been raped, and there’s no 4 witness?

  2. Farid Ma'ruf berkata

    Jangan disalah pahami. Zina berbeda dengan perkosaan, khususnya bagi korban. Bagi pemerkosa, maka ia telah berzina. Tetapi bagi korban, tentu ia tidak dianggap berzina.
    Saya rasa semua orang bisa membedakan antara zina dengan perkosaan.

    • Ibnu Azka berkata

      Lalu bagaimana hukumnya yang diperkosa, kalau it tidak dikategorikan berzina. sbb, sepengetahuan ane Zina itu “ketemunya dua khitanan (laki-laki & perempuan) yang blm ada ikatan pernikahan.”

      • ichsan berkata

        kalau yang namanya diperkosa itu kan dipaksa….
        lha kalau zina itu sendiri lebih mengarah pada persetujuan kedua belah fihak.(laki-laki & perempuan) tersebut..
        lalu kalaupun ditanya hukumnya yang diperkosa ……
        mereka kan hanya jadi korban.dan kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk menolong saudara kita yang kesusahan.bukan mempertanyakan apa hukumnya……

        mohon difikirkan lagi ya……

      • Kak Ra Atjeh berkata

        kaluau yang di perkosa merasa nikmat sama aja dgn berzina.

  3. FAIZ berkata

    Saya rasa kita juga harus memperhitungkan pertobatan para pezina dan itu menggugurkan had, dan hakim pun berhak menggugurkan bila terlihat tanda-tanda tobat dari pelaku. dan ini merupakan pendapat ibnu taimiyah, ibnu qoyim dan yusuf qardhawi. dan itulah yang mendekati kebenaran dan nurani.

  4. Fatih berkata

    Mikum,,hukumnya zina tu gmn dlm islam?
    Denger2,,amal ibadahnya ga diterima selama 40 tahun,,benrkah demikian?Ato ada hukuman lain?Krn saya pgn zina

  5. mujiono berkata

    hukuman berzina dgn pelacur apa?dan hukuman selain rajam ada ga?

  6. Engong berkata

    Bagaimana kalo zina berkali-kali tanpa hukuman/tanpa diketahui orang lain. Terus menikah, tapi nanti. Soalnya pacarku pengen banget, gituan.

    • aisyah berkata

      saya rasa itulah yang digelar penzina khoiri mukhsin,,,penzina yg mlkkn persetubuhan scre hala melalui akad nikah yg sah mnurut syariat islam..x silap saya ia dkenakn 100 kali sebatan..x silap saya la,,

  7. Engong berkata

    Bagaimana hukum islam tentang pencabulan hewan?

  8. ahmad berkata

    apa benar bagi orang yang berzina tidak diterima amal ibadahnya selama 40 hari 40 malam

  9. ayi berkata

    Saya ada masalah…macam ni,saya sudah bezina dengan teman wanita saya.Ibu bapanya sudah mengetahui perbuatan kami.sekarang saya ingin bertanggung jawap terhadap apa yang telah saya lakukan.cuma ibu bapa teman wanita saya tidak ingin saya bertanggung jawap.Sekarang saya sudah tidak melakukan perbuatan itu.Apa yang perlu saya lakukan?apa hukum dari segi islam terhadap ibu bapanya?

    • titiz berkata

      yaah…. gmn ea….

    • ac berkata

      kalo bener2 mau tau lo harus di jilid ( cambuk). insya Allah lunas dosanya

      • Merlin berkata

        Terimakasih atas tulisan nya yg sangat berbobot. Alhamdullilah di daerah saya aceh, kami sudah mulai melakukan hukuman cambuk. Tapi kalau rajam, setau saya belum.
        Saya sangat setuju dgn hukuman cambuk yg memang menjadi syara’ agama islam, tp yg susah sekali negara kita adl negara hukum. Yg berlaku nya ham. Jd ya, yg sering kita lihat lihat baik d tv maupun di lingkugan. Org zinah itu kalou gak dikawinin. Ya dibiarin aja gt. Itulah yg menyebabkan allah murka, trhdp kita. Makanya terjd banjir,tsunami, gmpa dll. Itu adl laknat allah yg di perlihat kan. Tp kita tetap aja belom sadar!

    • triawanprabowo berkata

      waduhhhhhhhhh

    • sudarmo berkata

      menurut agama islam emang benar orang brzina dihukum rajam atau dicambuk 100 kali untuk menghupus dosanya itu. klau gitu mampukah kamu dicambuk 100 kali klau mnurut hukum UUD negara tidak ada kemanusian lihat pancasila ke dua dihukum dipenjara. semuanya sudah diatur untuk kebaikan kita semua. saya sarankan utamakan akhirat atau agama daripada dunia agar kita selamat. Amiin

  10. natalia amir berkata

    kenapa orang di indonesia banyak sekali yang berbuat zina? padahal sudah tahu bahwa zina itu sangant besar dosanya. tapi negara indonesia yang mayoritas muslim, seolah menganggap zina itu sebagai hal yag wajib dilakukan antar sesama pasangan. sunggu miris, mereka tidak pernah peduli dengan hukum akhirat.

  11. Add_ji berkata

    Asskum wr.wb
    klo mnurt q, km hrs meyakinkn org tua tmn anda, akn alsn2 yg logis (dgn kaidh2 islam).
    Mslahx, ortu tmn anda bkan yg mnentukn bsar kcilx dosa anda.
    Smoga bs mmbantu,
    Wasalm wr.wb

    • Ria intran berkata

      itu lh keadaan masyarakat dinegara ini yg sbenarnya,,,,bnyak diantra mereka yg tdak tau akan hukum islam,,mereka sudah mengikuti budaya barat yg mereka anggap itu baik,

  12. surya berkata

    Aslm. wr.wb
    saya ingin bertanya detail nya mengenai zina…
    yg sudah termasuk zina had (farji/kemaluan) itu apakah antara kemaluan cwo dgn kemaluan cwe yg menyentuh itu sudah dianggap zina atau kemaluan cwo yg sudah masuk seluruhnya br dianggap zina ???
    lalu misalkan bagaimana kemaluan cwo br msuk sdikit(1 cm dr ujung kemaluannya) lalu dicabut….
    apakah itu sudah termasuk zina had ????
    dan hrus dihukumi sesuai dgn syariat yg ada atau ada ijtihad2 tertentu dlm hal itu.

    setahu saya pasangan yg berzina itu dlm syariat islam memang tdk boleh menikah dgn pasangan yg melakukan nya. mohon dikoreksi apabila saya salah…

  13. phanjie berkata

    bagaimana cara-cara bertobat untuk org yang pernah berzina..?

  14. ok.ahmadkhuzairi berkata

    asalamualikum saya punya cerita dan pertanyaan, ada seorang janda mempunyuai anak seorang perempuan/laki2, kemudian sang janda melakukan perjinaan dengan si B yang notabane si B ini sudah mempunyai istri dan anak jua , sejak mereka berjina mereka tidak pernah melakukan pernikahan sampai saat ini, stelah mereka dewasa, anak-anak mereka mau melakukan pernikahan,dan anak-anak mereka tidak mengetahui bahwa ibunya telah berjina dengan ayahnya, yang menjadi pertanyaan saya, bagaimana setatus perkawinan anak2 mereka. mohon petunjuk
    wassalam

  15. kalau udah usaha buat bertanggung jawab atas perbuatan itu,artinya menjalaninya atau dengan menikahinya kelak tetapi cewe itu tidak mau gimana?

  16. bolehkah ke duanya itu menikah? dan kalau tidak menikah apa yang harus di lakukan keduanya? sedang siperempuan tidak mau bertanggung jawab atas perbuatanya itu?

    • andanmara berkata

      klo setau ane sih boleh menikah gan, tapi klo seandainya mereka punya anak cewek dari hasil perbuatan jinanya itu si bapak biologisnya ga boleh jadi wali nikahnya

  17. Rusdiansyah berkata

    Bagaimana status anak hasil perzinahan…?

  18. eko berkata

    bagaimana klo di indonesia tidak berlaku hukum zina. kita harus menggunakan hukuman apa sebagai penggantinya?

  19. pelaku zina berkata

    hahah hukum islam itu gak sesuai dengan hati nurani..masak katanya dari Allah tapi hukumnya kejam semua, ..Allah kejam banget.. kenapa hukum dari Allah tidak sesuai dengan hati nurani kita …??? heran aku..poligami boleh, tapi anak kiai boleh gak dipoligami..jawabnya pasti gak boleh..hahahah lucu. …

    • Oke berkata

      Klo kamu gak tau dengan jelas ttg islam jangan komentar,kelihatan kalau pengetahuanmu dangkal sekali Ok…perbanyak belajar!!!

      • afifah berkata

        YA BENAR SY STUJU DENGAN ANDA, KLU SEKIRA NYA TDK PAHAM TENTANG ISLAM JGN LAH KAMU SE ENAK MULUT MU, MNGELUAR KAN KT KT YG JLS2 KMU TDK PAHAM? BNYK2 LAH ISTIGFAR YA MAA….S???

    • deta berkata

      yg di atas aq…. mas /mbak, km umur brapa ? bsa d pikir dlo sblum ngomong ? plajari dlu, d mengerti, baru komentar yaa……
      saya yg umur 15 aja bsa ngomong gini, masa km yg lbih tua dari saya ngomongnnya gt….
      hihihiih… malu atuh mas/mbak…..
      element berzina : agama apapun + jauh dari ajaran agamanya + pihak ke 3 ( setan ) + pergaulan = perzinahan….. jangan pernah melupakan smua element itu…
      kalo, dy zina trus d hukum….. pikir aja sendiri knapa dy d hukum ( liat element )

      • kiayi berkata

        ya ini lgi tdk paham tentang hukum islam lbih baik diem saja anda? banyak banyak lah anda istigfar

      • kiayi berkata

        eh knpa gue harus malu mang lu siapa? justru itu jawaban gue mateng buat km yg kurang paham tentang islam? bagai mana anda tau klu umur saya tua dari anda ngaco situ yah?

    • ichsan berkata

      jangan salah,apa dasarnya antum sampai-sampai bilang kalau “islam tidak sesuai dengan hati nurani” mungkin yang lebih tepat “islam tidak pernah sesuai dengan hati dan nurani antum yang mungkin cuma butuh mengumbar yang namanya …maaf…”

      “Allah tidak pernah kejam pada hambanya.”

      kalau antum mandi dengan bensin dan bermain api.
      maka antum sendiri yang akan terbakar oleh mainan antum sendiri…..

      mungkin satu lagi……….

      seumur hidup antum.
      “berapa kali antum khatam baca Al-Qur’an…..?????

      sampai-sampai mau nantang mempoligami anak kiai segala…..?????

      • abdul berkata

        Semoga yg menamakan diri “Pelaku Zina” segera mendapatkan hidayah dan segera memiliki hati nurani.

    • Fatah Yasin berkata

      baca dulu baik2, orang membahas masalah perzinahan, kok ngelantur ke poligami. apapun alasannya, perzinahan tetap aja haram……!!!
      kalo pelaku zina tidak dihukum, apa jadinya dunia ini?

    • Latif berkata

      yang jelas penulis diatas “pelaku zina” tidak tau apa itu Islam, dan hanya ingin hedonsm saja..

    • mawan berkata

      “pelaku zina” pasti atheisme ya agama anda….astagfirullah…

    • Kalau misalnya adik/istrimu di zina i orang,apa kamu iklas/rela.
      Mana yg lbih kejam,membunuh org yg meniduri adik/istrimu,atau meniduri adikprempuan/istrimu? Pikir baik2,dn jgn asal jeplak kalau istri/adik/ibumu tdk ingin ditiduri(dizinai) orang lain

    • Pelaku Zina yg terhormat :
      Hati nurani bkn hukum islam…!
      Hati nurani pny manusia.
      Hukum Islam pny Allah..
      Emg loe sama seperti Allah…?

    • pencari jalan kebenaran berkata

      sebenarnya semua hukum allah itu mengacu pada keadilan. bukan kekejaman
      dalam kasus perzinahan mengapa yg sudah menikah bila berzina di rajam. itu karena sudah menodai fitrah yg telah di berikan oleh allah.
      lagi pula relakah anda bila istri atau suami anda berzina dengan orang lain.?

      • sudarmo berkata

        inilah nafsu yg mlampai batas adalah prbuatan setan hanya hati bisa mengendalikan. maukah kamu masuk neraka sama setan. hanya kamulah yg tahu baik & buruknya

  20. eko berkata

    apa benar kalok orang ciuman dengan pacar ibadahnya tidak diterima selama 40 hari/malam????????

  21. aishah berkata

    askom… kalau umor dlam linkungn belasan tahun? slpas mreka lakukn pnzinaan? adkah mreka d masukan ke pemulihan akhlak? hm… prmpuan dan lelaki yg brumur blasan tahun. atau kne hukuman?

    • ichsan berkata

      belasan tahun…..?????

      sudah baligh…..?????

      setahu ana tidak ada pengecualian atau peringanan hukuman dalam masalah perzinahan selama mereka sudah baligh…..

      cepatlah bertaubat saudara/saudariku…..

      tetap lah ingat “Allah itu dzat yang maha pengampun dan maha penyayang”.pada semua hamba yang senantiasa mengintrospeksi diri dan mengingat mati…..

  22. [...] Hukum Orang Berbuat Zina Zina Menurut Hukum Islam Larangan Menuduh Wanita Baik-Baik Lagi Mukminah Berbuat Zina Kitab Al-Hudud Jinayah dan Hudud [...]

  23. ABAH ODIH berkata

    pertanyaan dan jawaban kurang memuaskan…..mslhnya yg nanya ingin berzina dan sbnrnya dia sdh tau hukumnya dan berusaha untuk membwt hkm sendr,bgimana klo kita nikahi dulu pasangan kita lalu gauli dia sepuas2nya

  24. Deni berkata

    Yg brzina wajib d razam biar ga ada yg brani mlakukan’y lg…

    Salam ukhuwah…

  25. zul berkata

    Bagaimana dgn kasus ariel, cut tari & luna maya ? Apakah setelah minta maaf sudah selesai ?

  26. ardi berkata

    1). Apakah benar stelah melakukan zina,amal ibadah kita tidak di terima oleh allah selama 40 tahun????
    mohon dijelaskan pengertianya??

  27. masih cupu berkata

    walah…. saya orang awam,,, tapi kira2 seperti ini; Zina = Dosa Besar(titik)
    saya fikir iman dari masing2 individu yg hrs dipertanyakan/dikaji oleh diri sendiri… Tulus gak menjalani perintah Allah s.w.t ?

    emang berat klo melawan kebutuhan biologis (bagi yg belum menikah… :p), wayahna juragan…..
    matak kudu gawe cing baleg, trus kawin (nikah),….. “mama rela melakukan apa aja buat papah…!!!” asoooyyyy….

  28. Putrie berkata

    misi..misi.. ikut nimbrung ya?? kata tmenku, zina itu bisa diampuni kalo si pelakunya bertanggung jawab (menikah) kelak. Apa ntu bener?

  29. Cepot berkata

    Aslm. Salam KeNAL sahabat. Bahasan yang menarik, coba kita kaji lagi kenapa terjadi zina dan kenapa hukumnya begitu keras. Buat mbak Putri, dalam hukum islam dosa zina akan diampuni setelah dihukum cambuk 100x bagi yang belum menikah dan rajam sampai mati bagi yang sudah menikah. Dosa besar hanya akan diampuni dengan taubatan nasuha mbak Putri. Jadi jangan ngerasa aman dengan berzina loh.he..saya juga tidak sebaik tulisan saya.

  30. pangeranislam berkata

    assalamu alaikum?:jika kita telah meng menggawuli seorang perempuan dengan sama2 mau:kemudian kita ingin bertanggung jawab(menikahinya) tapi dia meng hindar itu apa hukuman nya buat kita?dan untuk nya yg menhindar?

  31. abdoel berkata

    Mas atau Mbak, inget MATIIIIIIIIIIIIIIIIII.

  32. [...] TERMASUK RIBA?Hukum Menonton Film PornoSEPUTAR JODOH DAN PERNIKAHANEuthanasia Menurut Hukum IslamHUKUM ORANG BERBUAT ZINAHukum RebondingHukum Ikut [...]

  33. oia berkata

    mw nanya, caranya tobat karana zina g5n y? tys yang katanya amal an yang di lakukan oleh orang yang pernah berzina g d ampuni selama 40 thun 2 g5n?, apakah Allah masih mw mengampuni dosa2 orang2 yang dah ngelakuin perbuatan ithu? mohon di jwab

  34. Awife berkata

    Assalamualaikum,

    Pak apa hukumnya kalau saya mengetahui suami saya berzinah? kalau kita bicara saksi 4 orang pastinya tidak ada, tapi secara tidak sengaja saya melihat rekaman video handphone adegan perzinahan yg direkam suami saya sendiri. Perempuan yang ditiduri suami saya pun adalah istri orang. Dosa kah saya Pak kalau saya tidak membawa kepihak yang berwajib? saya minta suami saya sholat taubat… Apakah saya harus menikahkan suami saya dengan wanita yg dizinahi ini? karena wanita tersebut kemudian mengajukan perceraian terhdp suaminya dgn menyampaikan delik aduan yg isinya fitnah… Mohon bantuannya Pak, karena saya betul-betul bingung… Wassalam,

  35. Mama Mimi berkata

    Dosa hamba lebih banyak dari butir pasir di pantaiMu ya Rabb
    Lebih banyak dari buih di SamudraMu ya Ilahi
    Lebih besar dari gunung yang menjulang..
    Kalau Engkau tidak mengampuni hamba ya Aziz
    Tentulahlah hamba akan merugi di kampung akhirat nanti.

  36. prayogo berkata

    lalu gmana jika kita melakukan zina lalu bertaubat, tapi kita melakukan lagi dan ingin bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat(Taubat Nasuha)

  37. one_d berkata

    taubat nasuha boleh2 saja dan bagus, tapi jangan lupa hukum Allah berlaku di dunia dan di akhirat, kita bisa minta maaf tapi hukum Allah pasti berlaku,
    Yang Perlu di ingat sebelum melakukan zinah adalah, :

    Sahabat, Berhati-hatilah dengan perbuatan zina karena zina adalah hutang, coba kita cermati baik-baik nasehat dari Imam Syafi’i
    Imam Syafi`i yang mengatakan, “BERHATI-HATILAH DENGAN ZINA, SEBAB ZINA ADALAH HUTANG. BARANGSIAPA YANG BERZINA MAKA TUNGGULAH PEREMPUAN-PEREMPUANNYA (IBU, SAUDARA, ISTRI, ANAK, DLL) AKAN DIZINAHI WALAUPUN LEWAT LUBANG DINDING RUMAHNYA.”

    Rasulullah SAW telah bersabda: menceritakan pengalamannya saat diisra`kan:
    “Pada malam aku diisra`kan, aku dibawa pergi melihat sekumpulan manusia yang sangat banyak jumlahnya, terdiri dari kaum wanita, ada yang digantungkan pada payudaranya dan ada pula yang digantungkan pada kedua kakinya dalam keadaan terjungkir. Mereka mengeluarkan suara jeritan dan rintihan kesakitannnya. Aku bertanya: ‘Hai Jibril, siapakah mereka?’ Jibril menjawab:’Mereka adalah wanita-wanita yang suka berzina, tega membunuh anak-anak mereka dan menyerahkan diri mereka kepada selain suami mereka.”

  38. kisana berkata

    apakah orang yg mlakukan zina apabila sdah dhukum rajam dosanya sdah terampuni oleh Allah.?

  39. arjayanto berkata

    gmn caranya agar qta terhndar dri brbuat zina

  40. hamba Allah berkata

    Saudara-saudaraku,
    Saya ingin bertobat dari perbuatan zina!
    Tapi kalau menunggu Daulah Khilafah saya tidak pernah akan bersih selama-lamanya.
    Ataukah saya perlu pindah kewarganegaraan ke negeri yang menggunakan hukum Islam, agar saya bisa dihukum secara Islam.
    Mohon dibantu… dan berikan saya dalil-dalilnya, karena saya yakin hukum Islam sangat adil.
    Sebagai catatan: saya seorang intelektual muslim, jadi bukan orang bodoh yang sama sekali tidak memahami Islam – hanya pengetahuannya saja tidak seluas samudera. (untuk mereka yang menganggap hukum Islam hanya membodohi orang-orang awam)
    Terima kasih saudara-saudaraku.

    • Listi Ani berkata

      Semoga Allah memberi petunjuk bagi hambaNya yang hendak bertobat. Banyaklah mendengar ceramah agama atau mengikuti majelis ta”lim atau membaca buku tentang agama Islam dan berteman dengan orang-orang shaleh. Insya Allah akan menemukan yang kita cari. Di balik kesukaran pasti ada kemudahan. Amin…..amin ya Robb.

  41. sedikit tahu berkata

    Hukum islam itu dah sempurna. sblm diterapkan, qadhi harus membuktikan dengan adanya 4 orang saksi, Bila saksi membenarkan maka sangsi hukum dijalankan. di sebat 100x bagi yg belum kawin dan hukum rajam bagi yg telah kawin.Tapi kalau tidak ada saksi, maka sipelaku di minta bersumpah dg atas nama Allah kalau telah melakukan zina. Bila mau bersumpah maka hukuman dilaksanakan. Tetapi kalau dia mengingkari (padahal dia jelas2 berzina) dan tdk ada saksi yg melihatnya maka dia terbebas dari hukum dunia, tetapi hukum akherat lebih berat. Kalau tdk ada pemerintahan islam yg berhak menerapkan hukum islam (tdk ada khilafah), padahal dia ingin menebus dosa/hukuman di akhirat dg hukum islam, ini perkecualian, ya bertobat aja dg sungguh2. Kira2 begitu yg anna pahami. mohon maaf bila masih ada yg salah ada yg salah.

  42. hasan9053 berkata

    zina adalah dosa besar.
    jangan dekati zina,..

  43. no free sex berkata

    lo tau gag? manusia itu udah enak ? Udah d kasi tau pedoman yg bener lwat alquran n hadist. Tapi kalo masih ada manusia yg bego, otak’a ga dipake.. Cuma nurutin nafsu doank.. Ya begini ini jadinya kawin.. Tanpa mau ada ikatan.. Melakukan perzinahan, persis kaya binatang malahan mungkin manusia kaya gini lebih rendah dari binatang. Klo binatang wajar kawin tanpa adanya ijab kabul lah.. Manusia punya akal masa langsung nyosor aja tanpa ijab kabul. BUAT PARA PEZINA MUNGKIN NEGERI INI TIDAK MENGUTAMAKAN HUKUM ISLAM JADI GA ADA HUKUMAN DERA CAMBUK ATAU RAJAM BAGI YG MUHSON. TAPI INGET HUKUM AKHERAT MASIH BERLAKU KETIKA SEMUA YANG DITUTUPI AKAN DIBONGKAR KELAK DI HARI KIAMAT NANTI.

  44. muhammad syuhada berkata

    saya masih bingung nih, kan !! begitu banyak hukuman dari ajaran islam tentang zina. apakah dengan kita bertaubat dengan khusu semua bisa diampuni oleh Allah Swt. yah walaupun saya tau Allah Swt maha pengampun dan penyayang. .

    silakan !! dijawab, semoga yang menjawab selalu mendapatkan hidayahnya dari Allah Swt. Amin.. .

  45. cipz berkata

    gimna caranya bisa bertaubat dengan khusu????????????

    tlnog jwb????????????

  46. rhy berkata

    kan ktany ada toleransi bagi pezina yaitu mnikh dgan sesama pezina..
    mksudnya sesama pezina itu,,,org lain ato org yg brsetubuh dgan dr kita,,,,?

  47. verly berkata

    bagaimana jika wanita diperkosa dan ditengah proses kimpoy nya wanita itu malah merasakan “kenikmatan hubungan intim” ? apa itu termasuk zina bagi si wanita?

  48. fadamaho berkata

    bagaimana jika wanita diperkosa dan ditengah proses kimpoy nya wanita itu malah merasakan “kenikmatan hubungan intim” ? apa itu termasuk zina bagi si wanita? dan wanita itu malah mimnta lagi sama si “pengocok” untuk ngentot lagi? dan malahan si “pengocok” gak mau karena “gawuknya” udah lower, gimana tu masalahnya?

  49. janu berkata

    kita berlindung kepda Allah dr perbuatan keji dn mungkar, smua orng tdk ingin dihukum dn masuk neraka, mereka melakukn kemaksiatan krn kebodohan mereka sndri, smoga kita semua selamat dunia akherat

  50. anton berkata

    semoga anak-anak muda sekarang pada sadar, jangan mengikuti budaya barat.,

  51. mdh”ja mereka” cpt toubat yg melakukan nya,,,

    ingt dunia sdh tuA Jd jgn lahh dunia ne d slimuti dengan dosa,,,,

  52. [...] *) https://konsultasi.wordpress.com/2007/01/18/hukum-orang-berbuat-zina/ [...]

  53. arga berkata

    apakah berzina itu sholat kita tidak di terima allah?

    • Listi Ani berkata

      Urusan amal ibadah sholat itu urusan Allah menerima atau tidak , manusia tak seorangpun yang tau karena ilmu kita keciiiiiil sekali. Zinah dan sholat lain hukumnya walau saling berkaitan. Yang jelas Allah itu Maha Pengampun dan Maha Penyayang pada hambanya yang berusaha berjalan di jalan yang lurus. Ada kisah pelacur bertobat makamnya begitu wangi ketika meninggal . Itu kuasa Allah dan rahasia Allah. Wallahu Alam bissawab . Semoga kita mengambil pelajaran dari yang terjadi di sekitar kita dan semoga kita selalu menjadi hamba yang selalu diberi petunjuk ke jalan yang benar. Amin…. Y Robbal alamiiin

  54. yayat berkata

    Tdk dipungkiri di indonesia bnyk yg berbuat zina. Pdhl sudah tahu itu dosa besar dan hukumnya haram (bagi muslim).
    Tdk cukup hanya tobat, berzina itu ada hukumannya, tinggal pilih apa mau dihukum di dunia (cambuk atau rajam, hak Allah yg diberikan pd hasil persidangan), apa nanti aja di akhirat….(hukuman di akhirat tentunya berlipat drpd hukuman di dunia). Tobat yg sebenar2nya tobat tentu ada prosesnya, termasuk di dlmnya adalah menjalani hukuman yg ditetapkan oleh syara’.
    Hukum islam tentang zina ditegakkan di dunia bukan untuk melawan hak asasi manusia. Tp untuk mendidik manusia supaya memiliki derajat yg mulia, tdk diperbudak setan yg bisa menjadikan kita sederajat dengan hewan…
    Nafsu birahi itu hak yg melekat pd setiap manusia, baik tukang becak, kiyai, bahkan pejabat tinggi negara. Hanya saja bagaimana kita mengendalikannya, itu yg membedakan kita apakah kita sederajat dengan hewan atau tidak.

    • ANGGA berkata

      Kayak hewan ya mas, pas pengen tinggal cari layannya…. Hhhehehe…….

      Kalo ga nemu yg gratisan, bayar pun ga masalah asal nafsu terpuaskan………

      Pdhl semua ada waktunya, klo ML tp blm nikah itu dosa, coba ML-nya udah nikah, jdnya ibadah……

  55. mudjar berkata

    klau org yg brbuat zina tp gk smpek hamil di luar nikah.. stlah itu kduanya mnikah, stlah menikah dan di kruniai anak, apakah anak itu di sebut anak haram?

  56. herdi berkata

    bagaimana dengan hukum d indonesia ?? d indonesia kan tidak ada hukum cambuk .. apakah boleh langsung menikah si penzina dgn psangan zina nya tanpa d cambuk
    ??

  57. Wage Wardana berkata

    Assalamualaikum…. Saya punya masalah dan sekiranya saya perlu bantuan saran harus bagaimana tindakan saya…. saya mohon kebijaksanaan nya dalam membaca permasalahan yg saya hadapi ini,… dan mohon menanggapis ecara seadil2nya…

    Saya mempunyai seorang istri yangs aya nikahi pada tahun 2004,.. dan setahun kemudian kami dikaruniai seorang putra,… saya bukan lelaki yang kaya dan hanya berprofesi sebagai tukang dagang minuman ringan ( saat menikah ). setelah menikah saya di beri cobaan, usaha saya bangkrut dan saya harus kerja serabutan untuk menafkahi anak istri yang ga mau ikut saya tinggal dengan saya di jakarta… istri saya hanya ingin tinggal di bandung bersama orang tuanya,… Dan setiap saya dapat rezeki saya selalu pulang ke bandung,.. Awalnya dia ga permasalahkan, namun akhirnya dia mulai “panas” karena adiknya selalu di kirimin duit oleh suaminya yang berprofesi sebagai anggota polisi perairan, seminggu dikirimin 2 juta, dan setiap bulan 2 juta oleh suaminya itu,… sedangkan saya hanya kerja kuli bangunan yang punya penghasilan 27.500 sehari.

    Dan hari2 berikutnya mulai deh terasa menyesakan,.. dia minta cerai,.. dan saya coba menahan,.. sampai 3 kali dia minta cerai,… dan pada pertengahan 2006,.. awal Ramadhan saya datang ke bandung berniat menengok istri saya dan membawa rezeki 400 ribu hasil kerja kuli saya,… ternyata saya di sana tak dianggap,.. karena adik ipar istri saya ( yg berprofesi sebagai polisi ) itu membawa duit 5 juta dan oleh2 yang banyak sekali.

    Sedikitpun saya ga dianggap,… sampai akhirnya istri saya naik pitam, dia maki2 saya, dan minta cerai,.. dia bilang, “kita pisah baik2 atau saya ajukan ke KUA” saya hanya menjawab,.. “saya datang kemari untuk nengokin kamu dan anak kita,.. salah saya apa sampai kamu minta cerai? mabuk ngga, main perempuan juga ngga, judi ngga, cuma kerja dan cari nafkah yang saya lakukan selama ini” Dan dia tetep ngotot. Akhirnya saya kembali pulang ke jakarta,… pagi2 sekali.

    Dan seminggu sebelum Hari Raya, saya datang lagi karena hendak memberikan duit untuk anak istri saya berlebaran,… tapi saya ga datang ke rumahnya karena pernah di “usir” secara halus,… rezeki saya pernah disebut DUIT PANAS. DUIT GA SEBERAPA dan BUKAN DUIT PANGKAT.

    dan saat itu saya dapat berita dari tetangga2nya yang ada disitu,.. katanya dia dah berhubungan dengan lelaki lain,.. Wallahu a lam tentang berita itu,..saya hanya bisa bersabar aja,…

    dan selanjutnya saya ga bisa datang lagi ke rumah nya,.. karena selalu di usir,.. dan rezeki yang saya berikan pun selalu di tolak,…

    Beberapa tahun berjalan, dan selama itu juga saya selalu berusaha mengirimkan rezeki saya untuk anak saya, walaus ering di tolak dan dihina,…

    Hingga akhirnya tahun 2011 kemarin saya dapat khabar, kalo istri saya telah dinikahi oleh lelaki lain,… dan dia di bohongi oleh lelaki itu, yang mengaku duda cerai mati ternyata masih punya anak istri,…

    Jujur , saya menangis,… namun saya ga mampu berbuat apa2,.. ingin hati saya menuntut mereka,.. tapi keadaan saya ga memungkinkan hal itu,… alasan mereka, karena saya dah sekian tahun ga menafkahi,…

    hingga kini, mereka telah di karuniai seorang putri…

    Apa yang saya harus saya lakukan? memberinya THALAQ? sedangkan mereka dah menikah di bawah tangan ( nikah syiri ) …

    Saya dah mencoba untuk ikhlas,… namun hati ini selalu aja menangis,… terakhir kali saya jumpa anak saya waktu anak saya berusia 11 bulan, dan kini 2012 usianya sudah 6 tahun,.. selama itu saya ga bisa jumpa,..

    Apa yg harus saya lakukan,.. bagaimana hukum islam tentang ini semua? saya mohon penjelasan nya.

    Terima kasih

    Wassalamualaikum wr wb

    • Hamba Allah berkata

      Subhanallah, perjalanan hidup yang sungguh menguji kesabaran, semakin beriman, semakin berat ujiannya, kita percaya bahwa Allah tidak mungkin membebankan pundak hamba yang tak sanggup memikulnya,. semoga Allah menguatkan hati, memberi kesabaran, dan menunjukkan jalan-Nya
      “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar: 10)
      Sabar itu ada tiga macam yaitu [1] sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, [2] sabar dalam meninggalkan yang haram dan [3] sabar dalam menghadapi takdir yang terasa menyakitkan.

      • Wage Wardana berkata

        Apakah dosa2 mereka ( jika memang hubungan mereka merupakan suatu dosa ) itu akan jatuh ke saya? apakah saya yg harus memikulnya? karena pernah ada seorang ustadz yang mengatakan kepada saya bahwa jika seorang istri yang tidak di nafkahi baik sengaja atau tidak sengaja dan atau apapun alasan nya yg menyebabkan si istri tidak di nafkahi, jika berhubungan dengan lelaki lain -baik dinikahi atau berhubungan di luar nikah – maka saya lah yang harus memikul beban dosa atas perbuatan mereka,… saya takut banget …. jika memang begitu adanya saya akan jatuhkan thalaq , walau mereka dah nikah syiri kepada istri saya tersebut, karena saya takut akan hukuman ALLAH….

        Dan apabila ALLAH berkehendak lain dan mengijinkan istri saya kembali ke saya, apa yg haris saya lakukan kepada si lelaki yang usdah menikahi sitri saya itu? ..mohon pencerahan nya, terima kasih

  58. aSkm,gmana hukumx zina kalo seorg istri yg jauh dr swami yg berzina ma swami orang tp mereka sama2 membthkan,tp mereka g mw hbngn pernhan mereka masing2 berantakan.jd hbngnx berjalan dgn sndrix tanpa da yg tau.mta syaranx y

  59. guz berkata

    ass.numpang lewat…kalo ada jinah terus 40 rumah bakal kena apes…ada hadis sohehnya gak…sukron..

  60. otji berkata

    Assalamualaikum…Wr Wb,
    Bgimana hukumnya jika istri mengetahui bahwa suaminya tinggal satu rumah tanpa ikatan pernikahan? Padahal sang istri sudah memperingatkan sang suami untuk meninggalkan perzinahan tsb, bahkan meminta sang suami menikahi wanita yg dizinahinya tsb, ttpi tidak menceraikannya (mengizinkan suami berpoligami). Mereka sudah “kumpul kebo” slama bbrp bulan. Sang suami beralasan belum menikahi wanita itu karena wanita yg dizinahinya itu meminta sang suami untuk menceraikan sang istri. Mohon penjelasan hukum dan dalil pendukungnya. Wassalam, terima kasih.

  61. fadyl berkata

    pak saya mau konsultasi
    apakah taubat seorang penzina yang sudah berulang kali bertaubat tetapi berulang kali pula ia kembali berzina karena tidak tahan godaan, dan ketika ia mau bertaubat kembali taubatnya akan terima oleh allah swt atau tidak?
    dan bagaimana cara menyembuhkan penyakit kambuhan seorang penzinah berat?
    karena saya sudah terjerumus ke perzinahan semenjak saya smp yang sekarang saya sudah 23tahun
    saya takut allah murka dan menutup pintu taubat bagi saya

    • dahend berkata

      Bagi yg belum menikah sesungguhnya kesempatan taubat dari dosa zina itu masih sgt terbuka lebar. Sejatinya berdasarkan ketentuan Al Qur’an memang proses pelaksanaan had(hukuman) cambuk itu sendiri memang harus dipersaksikan di depan segolongan muslim tp dalam kondisi kita sekarang maka hukuman itu bisa dilaksanakan secara tersembunyi jika si pelaku benar2 berniat bertaubat dan ada seorang yang paham tentang tatacara pelaksanaan hukuman cambuk tsb.
      Tentang hukuman tambahan yaitu dibuang selama satu tahun dapat dilakukan setelah dilaksanakan hukuman pertama yaitu cambuk dengan cara merantau atau mengasingkan diri di pesantren dsb. Wallahua’alam…

    • Hamba Allah berkata

      Berpuasalah, karena jika mampu memaknai puasa dengan sebaik-baiknya, insyaAllah terjauhkan dari nafsu syahwat. seperti perintah Rasul kpd sahabat yang tak kuat menahan nafsu syahwat untuk berpuasa.

  62. Deddy guanda berkata

    Bagaimana hukumnya zinah dengan organ organ dia sendiri contoh; onani,mengkhayal.dlltolong jelaskan dan rincikan.dan mohon cara mengobati penyakit psikilogis ini apakah ada cara selain dengan zikir

  63. angga berkata

    bagaimana hukum bagi pasangan yang pernah berbuat zinah, apakah si pasangan itu bisa menikah dengan orang lain (yang belum zinah) atau si pasangan itu hanya bisa menikah dengan pasangan itu sendiri(pasangan zzinah). terimakasih.

  64. Wage Wardana berkata

    Assalamualaikum wr wb

    Saya pernah menulis tentang permasalahan saya disini, namun belum mendapat jawaban yang mnrt saya memuaskan,.. kalo harus sabar ya hingga detik inipin saya masih mencoba bersabar,… ini postingan tentang permasalahan yang pernah saya kirimkan

    “28 April 2012 pada 9:18 pm

    Assalamualaikum…. Saya punya masalah dan sekiranya saya perlu bantuan saran harus bagaimana tindakan saya…. saya mohon kebijaksanaan nya dalam membaca permasalahan yg saya hadapi ini,… dan mohon menanggapis ecara seadil2nya…

    Saya mempunyai seorang istri yangs aya nikahi pada tahun 2004,.. dan setahun kemudian kami dikaruniai seorang putra,… saya bukan lelaki yang kaya dan hanya berprofesi sebagai tukang dagang minuman ringan ( saat menikah ). setelah menikah saya di beri cobaan, usaha saya bangkrut dan saya harus kerja serabutan untuk menafkahi anak istri yang ga mau ikut saya tinggal dengan saya di jakarta… istri saya hanya ingin tinggal di bandung bersama orang tuanya,… Dan setiap saya dapat rezeki saya selalu pulang ke bandung,.. Awalnya dia ga permasalahkan, namun akhirnya dia mulai “panas” karena adiknya selalu di kirimin duit oleh suaminya yang berprofesi sebagai anggota polisi perairan, seminggu dikirimin 2 juta, dan setiap bulan 2 juta oleh suaminya itu,… sedangkan saya hanya kerja kuli bangunan yang punya penghasilan 27.500 sehari.

    Dan hari2 berikutnya mulai deh terasa menyesakan,.. dia minta cerai,.. dan saya coba menahan,.. sampai 3 kali dia minta cerai,… dan pada pertengahan 2006,.. awal Ramadhan saya datang ke bandung berniat menengok istri saya dan membawa rezeki 400 ribu hasil kerja kuli saya,… ternyata saya di sana tak dianggap,.. karena adik ipar istri saya ( yg berprofesi sebagai polisi ) itu membawa duit 5 juta dan oleh2 yang banyak sekali.

    Sedikitpun saya ga dianggap,… sampai akhirnya istri saya naik pitam, dia maki2 saya, dan minta cerai,.. dia bilang, “kita pisah baik2 atau saya ajukan ke KUA” saya hanya menjawab,.. “saya datang kemari untuk nengokin kamu dan anak kita,.. salah saya apa sampai kamu minta cerai? mabuk ngga, main perempuan juga ngga, judi ngga, cuma kerja dan cari nafkah yang saya lakukan selama ini” Dan dia tetep ngotot. Akhirnya saya kembali pulang ke jakarta,… pagi2 sekali.

    Dan seminggu sebelum Hari Raya, saya datang lagi karena hendak memberikan duit untuk anak istri saya berlebaran,… tapi saya ga datang ke rumahnya karena pernah di “usir” secara halus,… rezeki saya pernah disebut DUIT PANAS. DUIT GA SEBERAPA dan BUKAN DUIT PANGKAT.

    dan saat itu saya dapat berita dari tetangga2nya yang ada disitu,.. katanya dia dah berhubungan dengan lelaki lain,.. Wallahu a lam tentang berita itu,..saya hanya bisa bersabar aja,…

    dan selanjutnya saya ga bisa datang lagi ke rumah nya,.. karena selalu di usir,.. dan rezeki yang saya berikan pun selalu di tolak,…

    Beberapa tahun berjalan, dan selama itu juga saya selalu berusaha mengirimkan rezeki saya untuk anak saya, walaus ering di tolak dan dihina,…

    Hingga akhirnya tahun 2011 kemarin saya dapat khabar, kalo istri saya telah dinikahi oleh lelaki lain,… dan dia di bohongi oleh lelaki itu, yang mengaku duda cerai mati ternyata masih punya anak istri,…

    Jujur , saya menangis,… namun saya ga mampu berbuat apa2,.. ingin hati saya menuntut mereka,.. tapi keadaan saya ga memungkinkan hal itu,… alasan mereka, karena saya dah sekian tahun ga menafkahi,…

    hingga kini, mereka telah di karuniai seorang putri…

    Apa yang saya harus saya lakukan? memberinya THALAQ? sedangkan mereka dah menikah di bawah tangan ( nikah syiri ) …

    Saya dah mencoba untuk ikhlas,… namun hati ini selalu aja menangis,… terakhir kali saya jumpa anak saya waktu anak saya berusia 11 bulan, dan kini 2012 usianya sudah 6 tahun,.. selama itu saya ga bisa jumpa,..

    Apa yg harus saya lakukan,.. bagaimana hukum islam tentang ini semua? saya mohon penjelasan nya.

    Terima kasih

    Wassalamualaikum wr wb”

    Dan skrg sudah tanggal 13 september 2012,…. akhir bulan ini saya berniat menemui anak saya di bandung,…

    apa saya pantas menuntut kembali keutuhan rumah tangga saya? karena jika istri saya mau kembali , insya ALLAH saya akan menerimanya lagi,….

    saya mohon pencerahan nya berdasarkan aturan ISLAM yang berlaku,…. saya mohon dengan sangat .. bantulah saya dalam permasalahan saya ini

    terima kasih

    Wassalamualaikum wr wb

    • indah berkata

      kita sama2 punya masalah dlm perkawinan kita. Kenapa suami setia seperti anda mendapat istri seperti itu. Sedang saya yg selalu setia mendapat suami pezinah. kenapa kita tidak dipertemukan saja.

      • Wage Wardana berkata

        Insya ALLAH jika memang ALLAH berkehendak, dan jika pun tidak,… saya yakin ALLAH telah menyediakan yg terbaik untuk kita, Namun bukan berarti kita tidak berusaha, sejujurnya sejak kejadian yg saya alami… saya trauma, terutama menyangkut materi, saat ini usia saya sudah 36 tahun, dan pekerjaan saya saat ini hanya penjaga warnet + tekhnisi panggilan ( freelance ) , saya kuatir penghasilan yang saya dapatkan tidak mencukupi kebutuhan berumah tangga. Namun sekali lagi saya tekankan,. Jika ALLAH telah berkehendak, apapun bisa terjadi,…insya ALLAH kita bisa di pertemukan

  65. aidyn berkata

    Ass. Bagaimana hukumx klo brzina sama” mau tp dgn dasar dibayar pake uang…(dgn alasan sicewek trdesak ekonomi jd saya lakukan)…

  66. Ada aja berkata

    gue hilaf… gue kmrin krja breng tmen gue cwe ke luar kota, kbetulan kita nginep satu kontrakan, gk sengaja gue nglakuin zina ma tmen gue.. jujur gue nyesel! gue takut sama Allah… gue msti gmana??

  67. Terlanjur Zina berkata

    Kalau berbuat zina dilakukan hanya untuk membuat pasangan zina itu merasakan kebahagiaan yg selama ini tidak didapat dari suaminya…apakah dosanya sama dgn zina lain…? bukankah ia ada juga nilai ibadahnya karena membahagiakan orang lain? selama ini wanita pasangan zina tsb menderita karena suaminya tidak mampu membahagiakannya atau memenuhi kebutuhan sex nya, sementara wanita itu tidak/blm bisa minta cerai karena alasan yg tdk memenuhi syarat secara agama….ada tidak rujukan hukumnya bila ditemukan masalah ini? mohon jawaban..yg tidak menghujat…

    Tanggapan :
    Tetap dosa besar. Islam ada aturan main yg jelas. Walau niatnya “membahagiakan”, tp caranya salah, maka dosa pula.

  68. Assalamualaikum,.
    Ida mau nnya, ida puny cowok tpi cwokny ida itu pernh berzina dg cwek lain, terus kalau misalnya cwokny ida itu mau nikh ma ida, di perbolehkn gk sdgkn ida msih virgin, n cwokny ida itu belum di hukum dlm hkumn islam,

  69. indah berkata

    akhirnya suami saya mengaku dia telah menikah siri krn dia tak kuat utk selalu berbuat zinah. dan kini istri simpanannya sedang hamil 2 bln, padahal saya sedang hamil 7 bulan. hukum bagi suami saya satu2nya adalah rajam sampai mati. Tp itu tak bisa dilakukan di negara kita. dia bilang dia akan bertobat. Apa tobatnya diterima? kalo tidak diterima, saya ingin menggugat cerai suami nanti bila masa iddah saya sudah berakhir. mohon bantuan anda. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    • Wage Wardana berkata

      Maaf jika saya sok tau, tapi setau saya,.. jika memang seseorang bertobat dengan sungguh2, menyadari kesalahan2nya dan merubah semua keburukannya menjadi sebuah kebaikan serta tidak mengulangi perbuatan nya lagi, insya ALLAH tobatnya akan diterima. Namun walau begitu, adalah hak ALLAH untuk menerima taubat hamba2nya,… cobalah Ukhti Indah merujuk kepada Al Quran dan Al Hadist tentang hal Taubat…kita harus yakin ALLAH MAHA PENERIMA TAUBAT BAGI HAMBA2NYA YANG MAU SUNGGUH2 BERTAUBAT__ Mohon dibukakan pintu maaf seluas2nya jika jawaban saya tidak benar atau menyalahi aturan agama,…

  70. ar_rahmi berkata

    laris banged komennya pak ustadz?

  71. jimmy berkata

    Kalau kekerasan, penyiksaan dan pembunuhan memang halal, tetapi berzina haram. Hukum dalam Islam memang aneh.

  72. Hmm bertatapan saja itu sudah berzina ,, apalagi anak muda zaman sekrang ituh kan kalo pacaran lebih dari sekedar bertatapan ,, ada yg pegangan tgan, ada juga yg dicium terusss pelukkan ,, kalo ituh dihukumnya gimna ya ?? apa harus dirajam juga ??

  73. Syaiful berkata

    Assalamualaikum….
    saya mw tny nih ak mhn bntu ak dg mslh ak ni…..

    ak pny cew kan?tp cew ak it da pny pcr lg kmi kan da lm gk ktmu dah hmpr 6 thn ampe 7 thn an…..
    nah tiba2 dy ngaku da prnh nglakui zinah ma pcrny it….
    scra kan ak syg bngt m dy tp dy dah gtu…..
    Ak hrs gmn lg?ak mhn bntu ak.ak mw trma dy ap adny krna ak syg bgt m dy….
    ak hrs gmn?apkh ak hrs tngglin dy?ak mhn bantu ak…..
    wassalamualaikum.

  74. VENDRA berkata

    menurut gw lbh baik dibina saja supaya sadar dan kembali ke jalan yg benar.

  75. Rizaldy berkata

    bagaimana hukumnya apabila seorang anak memberi nasehat kepada seorang ibu yang berbuat maksiat/zina(kesalahn)?

  76. wahyudi berkata

    saya adalah suami yg di tinggal istri,istri kabur dng selingkuhanya.sampai saat ini blm ketemu di mana mereka berdua.sesuai pasal 284 apakah bisa saya menuntut istri dan selingkuhanya …?sedangkan alat bukti seperti sperma mustahil untuk saya dapatkan.

    • Wahyuni berkata

      Kalau menurut Islam, bukti perzinahan itu bukanlah dngn sperma, tapi dibuktikan dengan menghadirkan 4 org saksi yg melihat kalau istri kamu selingkuh.

  77. 121212desember berkata

    sya brpndpat,stau sya jka suami tdak bsa mnjadi imam dan tak mnap kahi istri anak lbih dari 3 blan kta brhak meminta gugat ceray,karna ith sdah kwjiban sang suami trhdap istri anak yua, adapun kta bsa blank kpda orank tua yua bgai mna ini urusan yua????

  78. lukmanul hakim berkata

    mbak bleh menuntut crai ma suami x

  79. sepatu berkata

    semoga kita tergolong diantara orang-orang yang sholeh, amin dan jauh dari zina

  80. dani keren berkata

    mas ap hukum nya kalau kita memasukan pnya lelaki kedalam pnya perempuan kalau kita tidak tau kalau itu dosa

  81. dani keren berkata

    kalau kita berzina kita tidaktau kalau itu dosa ap hukum ny pak ustat

  82. marningsih berkata

    jika-ada-laki-laki-bersetubuh-dengan-adiknya-laki-laki-dengan-memasukkannya-ke-dubur-tetapi-jika-adiknyadiam-saja-apa-adiknya-juga-dosa-besar…

    Tanggapan :
    Jika rla/tidak melawan, ya tentu dosa.

  83. anjas berkata

    pak mohon ptunjuknya tolong d baca ceritaku ini tentang dosa zina yg ku alami dan mohon solusi dri ini karna sya bner” bingung msti ngapain lg d dunia ini.
    lsung aja.
    sya mlakukan zina uda gk terhitung lg brapa kali yg prtama kali saya lkukan wktu duduk d sma.
    prtma sya mulai pacaran sma cwe pertmaku aq mlakukan zina hanya berciuman dan remas payudara saja tnpa bersetubuh.tp ahirnya putus.
    pcarku yg k dua sya hampir mlakukan ml yg pertama tp bru sampai masuk bru nmpel dh kluar.tp ahirnya putus hub jg.
    pcar sya yg k 3 sya blm bernah berstubuh dgn dy tp hanya skedar pake tangan dan ngemut punya saya tp ahirnya bubar jg.
    nah kl ini agk beda pak sya pernah lakuin sma 2 temen sya sdri pdahal bkan pcar dlm wktu yg berbeda slah satunya 2x sya lakukan itu dgn dy.

    tp skr pak yg bner” buat sya bingung sya skr punya 2 pacar d jogja dan d serpong
    yg satu d jogja sdah jln 4thun tp dy dri kluarga sderhana tp dy prihatin.
    dan yg satu bru jalan 1thun lbih tp dy dri kluarga yg brkecukupan dan anak smata wayang lgi ttp ibunya sdah mninggal sblum thun baru kmrin.
    dan dgn kduanya sya telah mlakukan hub suami.istri bhkan sya lupa udah brapa kali krna saking seringnya dan yg lbih parahnya lgi yg d jogja dlu sya dapet prawannya tp.yg d serpong sdh gk prawan.
    nah sampai skr kduanya blm tau klakuan sya ini akan ttp juni ini hampir sya ktahuan belangnya tp berhasil.sya ttupi dgn bersilat lidah dan rayian mnis ku (ampuni aq y allah) dan ahirnya kduanya sma” percaya.
    tp dlm hatiku sungguh ya allah gk bsa tenang sungguh aq bingung skr antara kduanya antara tanggung jawab dgn mereka dgn allah dgn dosa yg mungkin lbih bsar dri dunia ini ya allah.
    dan slama ini pula kwajibwn shalat 5 wktu bnyak yg aku tinggalkan.ya allah
    apa yg harus saya perbuat skr ini sungguh saya bingung dan gk tenang jlano hidup d dunia ini.
    aq benar” sdah jauh khilangan arah hatiku bnar” gelap.
    apakah yg harus ku perbuat skr.
    siapa yg harus ku pilih.
    bgaimana tanggung jawab saya atas smua yv q perbuat.
    apakah sya msih bsa terampuni.
    apakah kelak sya masih bisa menghirup wangi surga klak saat ku mati.
    pak buk atau siapa saja ini mohon bantuan nasihat nya karna sbenernya sungguh sya malu bercerita sperti ini apa.bila sampai bertatap muka.

    • cHa berkata

      Pilih lah pasangan yang paling lama menemani anda…
      tidak perduli dia orang berada atau tidak…
      yang jelas betanggung jawab lah dan memohon ampun kepada allah ,, sebesar apapun dosa anda asal anda bersunguh2 dan tidak mengulangi ny lagi maka insya allah ,, allah akan mngampuni dosa2 anda…

  84. faya setya berkata

    numpang nanya ya mas / mbak..
    ada pihak yang mengatakan katanya zina di luar nikah menurut ajaran islam tidak di terima sholatnya selama 40 tahun.. apakah itu benar??? mohon balasanya

  85. Muhamad sayidil ayamin berkata

    Subhanallah

  86. abinazar berkata

    apakah bisa di hukum kedua pelaku perzinahan jika terbukti melakukan zinah???
    ada bukti2nya???
    apa hanya si pria saja yg mendapatkan hukuman seperti saudara ariel peterpan???
    padahal mereka melakukan nya berdua.
    itu kan sama aja gak adil dong.si wanita bebas sedangkan si pria di hukum.

  87. Confution berkata

    Assalamualaikum, Wr. Wb.
    Tolong Solusi nya Mas/Mbak/Om/Tante, ..

    Saya baru pertama x ini punya Pacar, skian lama kita pacaran, ..
    dy, baru mau cerita katanya Dy Pernah ber buat ML (making love)
    sudah 3 tahun dy berbuat itu, ..Miris sperti Pelacur, ..
    dengan Bergonta ganti pasangan, ..

    tetapi dy sadar, lalu masuk psantren 2 tahun yg lalu, ..

    lalu, ..Pertanyaan saya, ..

    Wanita, ini Haram atau tidak hukum, nya jika di nikahi, ?
    lalu, .. bagai mana saya menerima ini smua, ..

    bayangin deh Bekas Orang Gan, ..

    Please Gimana Baik nya TOLONG INI YAH, ..

  88. SATRIO WELAS berkata

    Gw muak dg kelakuan para pejabat dan para artis, mrk spt binatang gk bermoral. kdng mulut nya mengucap nama alloh tp kelakuan spt setan.

  89. azraili berkata

    masaalah pergaulan zaman sekarang sangatlah miris tetangga saya punya anak gadis masih sekolah pacaran sama anak yg baru lulus dari smu dan udah bekerja skrg begitu juga anak laki2nya yg masih kuliah pacaran sama anak smu, anak laki2nya skrg udah meninggal karna lukemia pacaran kedua pasang ini sy lihat layaknya sepasang suami istri kenapa sy katakan demikian karna udah bebas keluar masuk rumah layaknya rmh sendiri kadang2 berdua duan aja bahkan tidak tau waktu semua itu di openin sm ortunya sy sangat miris melihatnya, pernah org tuanya saya tegur melalui saudaranya , sy minta tolong kesaudaranya tolong kasih tau org tuanya antau anak2nya supaya tidak seperti itu ternyata di sampaikan tapi hal itu orng tua dari anak2 itu sepertinya tdk terima malah balik mengatakan apa yg saya katakan kesaudaranya apakah meninggalnya anak laki2nya dikarenakan hukum Allah yg tidak mengindahkan nasehat orng lain ? sptnya orng tuanya bangga anak2nya berbuat spt itu ,bagi sy kalau kezaliman terlihat oleh sy sy wajib menegurnya karna perbuatan mereka Allah akan melaknat 40 rumah kiri kanan dan muka belakang bukan kah begitu hal itu yg sy takutkan bagaimana ini solusinya?

  90. Wahyuni berkata

    Aq mau minta pendpt kalian semua yg berkunjung di situs ini. Saya adalah janda 1 anak. Sebelum nikah saya bukan muslim, saya mask muslim krn suami dngn hrpn suamiku akan mengajariku tentang Islam. Rapi pada saat aq minta untuk di ajari sholat, suamiku malah bilang : belajar sendiri dari buku. Aq pun pinjam buku tata cara sholat dari adik sepupu ku.. Pertanyaan ku adalah : apakah hukum suami yg tdk mau membimbing dan menafkahi istrinya?? Krn setelah kami menikah dia tdk prnh menafkahi saya, hingga anak kami lahirpun orang tuaku yg memenuhi keperluan kami.

  91. emilia berkata

    sebelum memberi komend sayamohon maaf dulu ya mbak? Mbak kan istilahnya sudah berkorban,nah minta bantuan sma orang lain yg mengerti perbanyak belajar sholat dan doakan suami mbk,saya yakin suami mbk akan dibukakan hatinya,sabar dan sabar adalah kuncinya terus berdoa dan berusaha bikin kue untuk penghasilan mbk sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 921 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: