Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Hukuman Mati Bagi Orang Yang Murtad

Posted by Farid Ma'ruf pada 18 Januari 2007

Soal: Ustadz yang terhormat, saya mau nanya tentang hukum seputar orang murtad. Bagaimana pandangan Islam terhadap orang-orang murtad, kapan seorang bisa dianggap murtad, dan gimana dengan hartanya?

Jawab: 1. Definisi Riddah Dan Hukumnya

Riddah dan irtidad menurut al-Raghib, adalah, “al-ruju’ fi al-thariq al-ladziy jaa minhu” (kembali ke jalan dimana ia datang). Akan tetapi lafadz riddah khusus untuk kekafiran, sedangkan kata irtidad mencakup kekafiran maupun yang lain (Imam asy-Syaukani, Nail al-Authar, Kitab al-Riddah). Kedua lafadz itu disebutkan dalam al-Qur’an. Allah SWT berfirman:

Sesungguhnya orang-orang yang kembali ke belakang (kepada kekafiran) sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka, syaithan telah menjadikan mereka mudah (berbuat dosa) dan memanjangkan angan-angan mereka.” (Qs. Muhammad [47]: 25).

Hai orang-orang yang beriman barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka, dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mu’min, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan tidak takut kepada celaan orang-orang yang suka mencela.” (Qs. al-Mâ’idah [5]: 54).

Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran) jika mereka sanggup.” (Qs. al-Baqarah [2]: 217).

Musa berkata, ‘Itulah tempat yang kami cari.’ Lalu keduanya kembali, mengikuti jejak mereka semua semula.” (Qs. al-Kahfi [18]: 64).

Hukum bagi orang yang murtad adalah dibunuh, sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

Barangsiapa mengganti agamanya (murtad) maka bunuhlah dia.” [HR. Jama’ah, kecuali Imam Muslim, sedangkan menurut riwayat Imam Ibnu Majah tidak seperti lafadz di atas].

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah Saw bersabda:

Tidaklah halal darah seorang muslim, kecuali ia menjalankan salah satu dari tiga hal ini, yaitu (1) kafir setelah beriman; (2) berbuat zina setelah menjadi orang muhshan, (3) membunuh orang yang terjada darahnya.

Dalam riwayat Imam Ahmad disebutkan, “Allah dan RasulNya telah menetapkan bahwa orang yang murtad dari agamanya maka ia harus dibunuh.

Abu Dawud meriwayatkan, “Abu Musa datang bersama seorang laki-laki yang telah murtad. Kemudian Abu Musa menasehatinya selama 20 malam. Datanglah Mu’adz bin Jabal, kemudian menasehatinya, lelaki itu menolak. Kemudian dipenggallah leher lelaki itu.

Dalam sebuah riwayat dinyatakan, bahwa ‘Ali bin Abi Thalib pernah membakar orang-orang yang zindiq. Dari ‘Ikrimah, berkata, “Amirul Mu’minin ‘Ali bin Abi Thalib mendapatkan orang-orang zindiq itu, lalu beliau ra membakar orang itu. Hal ini sampai Ibnu ‘Abbas, lalu Ibnu ‘Abbas berkata, ‘Seandainya aku, maka aku tidak akan membakar mereka, sebab, Rasulullah Saw telah melarang. Rasulullah Saw bersabda, ‘Janganlah kalian menghukum (seseorang) dengan hukuman Allah (membakar)’.

Hadits ini menunjukkan dengan jelas bahwa hukuman bagi orang-orang yang murtad adalah dibunuh, bukan dibakar. Sebab, ada larangan dari Rasulullah Saw untuk mengadzab seseorang dengan ‘adzabnya Allah, yakni dibakar. Selain itu, keumuman hadits, “Barangsiapa murtad maka bunuhlah ia”, menunjukkan bahwa hukum murtad adalah dibunuh. Sedangkan apa yang diperbuat oleh ‘Ali r.a. tidak bisa digunakan argumentasi, sebab bisa jadi ia belum mengetahui ada riwayat yang melarang mengadzab seseorang dengan ‘adzabnya Allah (membakar), sebagaimana yang dikemukakan oleh Ibnu ‘Abbas.

Selain itu ada riwayat yang dikeluarkan Abu Dawud, dari Ibnu Mas’ud dengan lafadz, “Sesungguhnya tidak boleh mengadzab dengan api, kecuali Rabb-nya api (Allah).Imam Bukhari juga meriwayatkan dari Abu Hurairah, “Sesungguhnya tidak mengadzab dengan api, kecuali Allah.” [Imam Bukhari dalam bab Jihad].

Sebagian ‘ulama berselisih pendapat mengenai hukum bunuh atas wanita yang murtad. Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fâth al-Bârîy berkata bahwa para ‘ulama berargumentasi dengan hadits, “Barangsiapa murtad maka bunuhlah ia.” [HR. Jama’ah]. Huruf “man” di sini berlaku umum untuk laki-laki maupun wanita (murtadah). Kecuali Abu Hanifah, ia tetap berpegang teguh kepada hadits tentang larangan membunuh murtadah. ‘Ulama Hanafiah juga berargumen bahwa “man syarthiyyah” tidak mencakup bagi mu’annats. Namun, jumhur ‘ulama membawa ma’na hadits-hadits yang menunjukkan larangan membunuh murtadah, kepada larangan membunuh wanita kafir di peperangan. Adapun sebab mengapa Rasulullah Saw melarang membunuh wanita, dikarenakan beliau pernah melihat seorang wanita dibunuh, hingga kemudian beliau melarang membunuh wanita. Beliau Saw bersabda, “Bukanlah semestinya perempuan ini diperangi!” Bukan bermakna tidak boleh membunuh wanita yang murtad. Dengan demikian, pendapat Abu Hanifah adalah pendapat lemah dan harus ditinggalkan. Selain itu al-Hafidz Ibnu Hajar, menjelaskan bahwa ada hadits dengan sanad hasan, yang menunjukkan bahwa seorang wanita yang murtad juga harus dibunuh. Bahwa Rasulullah Saw ketika mengutus Mu’adz ke Yaman, beliau berpesan, “Setiap lelaki yang bertindak murtad, maka panggillah ia! Bila ia menolak untuk kembali ke dalam Islam, maka penggallah lehernya! Begitu pula setiap perempuan yang bertindak murtad, maka panggillah ia! Bila ia menolak untuk kembali lagi ke dalam Islam, maka penggallah lehernya!” Juga ada hadits yang diriwayatkan oleh ad-Daruquthni dan al-Baihaqi dari Jabir, “Bahwa Ummu Marwan murtad, kemudian Rasulullah memerintahkan para shahabat untuk menasehatinya agar masuk Islam kembali, jika ia bertaubat (maka diampuni), jika tidak maka ia dibunuh.

Pada masa kekhalifahannya Abu Bakar al-Shiddiq pernah membunuh seorang wanita yang murtad, dan para shahabat mendiamkannya. Selain itu, jumhur ‘ulama juga berpendapat dengan suatu kenyataan bahwa wanita juga mendapatkan hak sama dalam masalah hudud, sebagaimana laki-laki; seperti zina, minum khamar, mencuri, dan lain-lain (lihat Imam asy-Syaukani, Nail al-Authar, Kitab al-Riddah).

Dari hadits di atas juga dapat disimpulkan bahwa dalam kasus riddah (murtad) ada pengampunan jika ia mau kembali kepada Islam. Taubatnya diterima selama ia tidak mengulang-ulang kemurtadannya. Namun jika ia murtad kembali setelah bertaubat, maka jika ia bertaubat lagi maka taubatnya tidak diterima. Ini didasarkan pada firman Allah SWT:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman kemudian kafir, kemudian beriman, kemudian kafir, kemudian semakin bertambah kekafirannya, maka Allah tidak akan mengampuni mereka dan memberi petunjuk jalan kepada mereka.” (Qs. an-Nisâ’ [4]: 137).

Sebagian ‘ulama Syafi’iyyah berpendapat bahwa bila seorang kafir berpindah ke agama kafir lainnya, maka ia harus dibunuh. Mereka berargumen dengan hadits riwayat Jama’ah, “Barangsiapa murtad maka bunuhlah ia.Imam asy-Syaukani, menjawab pendapat ini dengan menyatakan, bahwa hadits ini secara dzahir tidak berlaku bagi orang kafir masuk Islam (pindah dari kekafiran menuju Islam). Maka yang dimaksud “agama” di dalam hadits tersebut adalah agama Islam. Sebab, agama yang hakiki (benar), adalah agama Islam. Sebagaimana firman Allah:

Sesungguhnya agama yang diridloi di sisi Allah adalah agama Islam.” (Qs. Ali-Imran [3]: 19).

Selain itu, bahwa agama kufur pada hakekatnya adalah sama. Atas dasar itu, jika seseorang berpindah dari agama kufur menuju agama kufur lainnya, maka pada hakekatnya ia tetap dalam kekafiran. Allah SWT berfirman:

Barangsiapa mencari agama selain Islam, sebagai agama, maka ia tidak akan pernah diterima.” (Qs. Ali-Imran [3]: 85).

Selain itu ada hadits-hadits yang diriwayatkan dari berbagai jalan menunjukkan pengertian seperti di atas. Imam ath-Thabarani mengeluarkan hadits dari Ibnu ‘Abbas, “Barangsiapa murtad dari agamanya, yakni agama Islam, maka penggallah lehernya.

2. Kapan Seseorang Dianggap Kafir/Murtad
Menurut Syaikh Dr. ‘Abdurrahman al-Maliki, seorang muslim bisa jatuh kafir dengan empat indikasi berikut ini, (1) dengan keyakinan (i’tiqad), (2) dengan keraguan (syak), (3) dengan perkataan (al-qaul), (4) perbuatan.

Pertama, dengan keyakinan. Ini bisa dilihat dari dua sisi; (a) menyakini dengan pasti sesuatu yang berlawanan dengan apa yang diperintah, atau yang dilarang. Semisal menyakini, bahwa Allah memiliki sekutu. Menyakini bahwa al-Qur’an bukanlah Kalamullah. (b) mengingkari sesuatu yang sudah ma’lum dalam masalah agama. Semisal mengingkari jihad, mengingkari keharaman khamr, mengingkari hukum potong tangan, dan lain-lain.

Kedua, keraguan dalam ber’aqidah, dan semua hal yang dalilnya qath’i. Misalnya, ragu bahwa Allah itu satu; ragu bahwa Muhammad Saw adalah Rasulullah; atau ragu tentang sanksi jilid bagi pezina ghairu muhshon.

Ketiga, dengan perkataan yang jelas, tidak perlu ditafsirkan atau dita’wilkan lagi. Semisal, seseorang yang mengatakan bahwa ‘Isa adalah anak Allah, Muhammad bukan nabi, dan lain-lain. Sedangkan perkataan yang masih belum jelas, atau masih perlu dita’wilkan maka tidak memurtadkan pengucapnya.

Keempat, dengan perbuatan yang jelas tanpa perlu ta’wil lagi. Semisal, menyembah berhala, melakukan misa di gereja dengan tata cara misa ala gereja, sembahyang di Pura atau Wihara dengan ritual Hindu, dan lain-lain. Sedangkan perbuatan yang belum jelas, tidak mengkafirkan pelakunya. Seperti masuk ke gereja, membaca Injil, dan lain-lain.

Sedangkan, menurut Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah dalam al-Ikhtiyarat, “Orang yang murtad itu ada yang syirik kepada Allah dan ada juga yang karena membenci Rasulullah Saw; ada yang membiarkan ingkarnya orang yang ingkar dengan hati; ada yang menuduh salah seorang sahabat, tabi’in atau tabi’ut tabi’in yang berperang bersama orang-orang kafir, dan ada yang membolehkan demikian; ada yang ingkar terhadap sesuatu yang sudah disepakati (ulama) dengan pasti dan ada yang membuat wasilah antara dia dengan Allah yang dijadikan tempat menyerahkan dirinya, dijadikan tempat berdoa dan dimintai. Dan barangsiapa yang ragu-ragu terhadap salah satu sifat Allah dan sebagainya padahal dia sudah mengetahuinya, maka dia itu bisa disebut murtad; tetapi kalau dia belum tahu, maka tidak bisa disebut murtad.” (lihat Imam asy-Syaukani, Nail al-Authar, Kitab al-Riddah).

3. Harta Orang Murtad

Seorang yang murtad sebelum ia bertaubat, maka ia adalah pemilik hartanya, dan apa yang ia usahakan. Namun jika ia diminta kembali kepada Islam menolak, maka ia dijatuhi sanksi bunuh; atau jika ia meninggal setelah kemurtadannya, maka hartanya digunakan untuk melunasi utang-utangnya, serta mengurusi jiwanya, memberi nafkah kepada isteri, dan orang-orang yang ada di bawah tanggungjawabnya. Jika hartanya tidak tersisa setelah itu, maka masalahnya dianggap telah berakhir. Namun jika ada sisa, maka hartanya diserahkan kepada baitul maal. Harta mereka disamakan dengan harta fai’. Sebab, orang yang murtad harus diajak untuk kembali kepada Islam, namun jika ia menolak, maka ia wajib diperangi (dibunuh). Dalam kondisi semacam ini hartanya seperti harta fai’.

Dalilnya adalah sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Abu Bakar terhadap orang-orang yang murtad. Abu Bakar memerangi orang-orang yang murtad, dan menghalalkan darah dan merampas harta mereka, disebabkan karena kemurtadan mereka. Atas dasar itu, harta mereka bagaikan harta ghanimah. Seluruh shahabat menyetujui tindakan ini. Artinya, apa yang dilakukan oleh Abu Bakar ra telah menjadi ijma’ di kalangan para shahabat.

4. Hukuman Mati Bertentangan Dengan Al-Qur’an?

Di zaman sekarang banyak orang Islam yang tidak menerima bahwa hukuman bagi orang murtad –yang tidak mau bertobat– adalah hukuman mati. Salah satu alasan adalah bahwa hukuman tersebut bertentangan dengan prinsip tidak ada paksaan dalam hal agama (al-Dien), yang terdapat dalam al-Qur’an surah al-Baqarah [2] ayat 256: “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat.

Kesalahan atas memahami fakta murtad dan ayat di atas berakibat kefahaman yang keliru, dan kebertentanangan itu lahir atas kesalahan mereka untuk memahami ayat di atas. Jika kita mengkaji ayat di atas dan hadits-hadits yang digunakan, kita akan berkesimpulan bahwa tidak ada bertentangan sama sekali. Oleh karena itu ayat di atas tidak bisa digunakan sama sekali untuk menolak hukuman mati bagi orang murtad. Karena ayat di atas hanya terkait dengan pemaksaan terhadap orang kafir untuk masuk Islam. Jadi meskipun wajib bagi orang kafir untuk masuk Islam (lihat Qs. Ali-Imran [3]: 19, 85), mereka harus masuk Islam atas kesadaraan sendiri, dan bukan karena ada paksaan dari kita (misalnya dengan ancaman terhadap jiwa mereka jika tidak mau masuk Islam). Sedangkan hadits-hadits yang digunakan terkait dengan hukuman bagi orang Islam –baik dia sudah muslim sejak lahir, atau seorang muallaf– yang keluar dari Islam. Wallahu a’lam bi ash-showab. [Ramadhan]

About these ads

52 Tanggapan to “Hukuman Mati Bagi Orang Yang Murtad”

  1. Upthea berkata

    Salam,
    Seseorang Murtad dari agama lain (mis : islam)ke agama lain (mis : kristen) maka agama baru yang diyakininya akan menyelematkan dia dari hinaan dan kematian. Apapun agama yang diyakininya mengajarkan kebaikan dan jalan keselamatan. Jadi yakinilah apa yang menjadi agamamu (terakhir).

  2. sayan berkata

    iiiiiihhhh…. ngeriii …. jadi muslim

    • Mery Christine berkata

      kenapa mesti NGERI jadi Muslim??? sekarang aja byk yg murtad ( cm karena iming2 materi) tp gak ada yg kepalanya lepas dr badan. Sesuka hatilah yg menjalani…. toh baru terasa kalo udah mati nanti, berhadapan dgn Sang Khalik. Tidak ada yg akan menolong. Kalo di dunia masih bisa lari kalo dikejar orang….hehehehe

  3. nisa berkata

    Ass..ustadz saya mau bertanya, bagaimana hukum hudud bagi seseorang yang murtad lalu ia masuk islam lagi?

  4. vendika berkata

    bila masuk gereja karena iseng ato pengen tau hukumnya apa,karena meski iseng tapi beberapa kali ke gereja.
    terima kasih

    • achen moeslim berkata

      itu blom di katakan murtad selagi saudari tidak mengikutinya dan berkeinginan mengikuti ajran tersebut trims

  5. bebek berkata

    islam terlalu keras….tak tertarik apa2 dilarang…!!!

    • pangeranislam berkata

      islam keras kata siapa???yang salah diagama manapun dihukum…..jangan melihat islam dari keburukan lah???coba belajar dulu tentang islam….seperti saya memban tah orang menyembah yesus ada dalilnya…dan pernah belajar tentang kitap yesus…..yang mengeluar kan kitap2 injil yg baru itu pun yahudi…bukan yesus…virman nya bukan yesus pun yang berkata tapi yahudi…yesus berkata aku bukan lah tuhan tapi ciptaan allah sewaktu yesus didalam ayunan…benar??

    • IMAM MANSU berkata

      Islam tidak memerlukan manusia kafir, manusia dimuka bumi semua kafir semua Alloh SW tetap maha Besar begitu juga Manusia semua muslim semua di muka bumi ini yg untung tetap manusia bukan Alloh SWT

      • Gasing berkata

        Tanpa manusia kafir kita tidak mungkin naik haji, coba loo pikir, lo naik haji pakai apa, bukan kah kamu naik haji pakai pesawat buatan orang kafir, kamu naik mobil buatan orang kafir, sebahagian besar kebutuhan hidup manusia, termasuk kita yang beragama Islam, masih tergantung kepada karya teknologi orang kafir, kita baru bisa bikin gado- gado sama tempe. Jadi kita harus berterima kasih kepada orang orang kafir, karena mereka lah yang dapat hidayah dari Allah.

      • Abdullah berkata

        Tanpa orang kafir kita tidak mungkin menunaikan ibadah haji, mau naik apa Broo, kan pesawat, mobil, kapal api semuanya buatan orang kafir, komputer, alat komunikasi semua buatan alis penemuan orang kafir, juga energi di temukan dan dikembangkan oleh perusahaan orang kafir, jadi jangan pak Imam bilang kita muslim tidak butuh orang kafir, entar kelihatan banget wawasan kita cetek alias oon.

      • Rachmat berkata

        orang kafir yang penemu hapir semua teknologi tranfotasi, komunikasi, energi dan obat obatan madern

  6. Benny berkata

    free will dan kebebasan adalah pemberian Tuhan yang diberikan pd manusia. tentunya dalam perjalanan hidup kita seringkal diperhadapkan pada pilihan2. contoh : waktu kita berjalan pasti dihadapkan pada pilihan persimpangan jalan. Pilih ke kiri? atau kekanan? atau bahkan diam dengan konsekwensi yang tentunya juga harus kita pikul. pilihan kita ke kiri atau kanan akan menentukan :
    1. waktu tercepat atau waktu yang paling lambat kita mencapai tujuan,
    2. resiko teraman atau yang paling tidak aman yang mungkin kita hadapi, dll.

    dalam memilih tentunya manusia lain ngga usah ikut campur. karena akan mengganggu hak dasar manusia tsb.

    tp dlm Islam saya tidak melihat adanya pilihan. sekali masuk, maka no way out. jika tetap nekat keluar maka matilah jalan keluarnya!

    hal ini menurut saya adalah sesuatu yang absurd!Apakah hal ini disebabkan oleh paranoid dan ketakutan Islam, bahwa jika orang murtad tsb dibiarkan hidup, maka ada kemungkinan dia akan menjelek-jelekkan islam? Sehingga untuk mencegahnya, maka org itu harus dibungkam selamanya.

    apa bedanya Islam dengan kisah Pinochet,Hittler, Suharto dll,yang membungkam oposisinya dengan kematian?

    saya percaya bahwa Emas, sekalipun dilempar kedalam kubangan yang penuh kotoran, dia tetaplah Emas!
    Kebenaran tidak perlu dibela, karena kebenaran akan membela dirinya sendiri.

    maka kesimpulan saya (maaf), Islam bukanlah kebenaran

    • desy berkata

      jika anda tidak tau ttg islam lebih dalam jangan pernah memberikan komentar.
      saya rasa tulisan ini di tujukan kepada kaum muslimin bkn kepada kaum kafir seperti anda.
      tulisan ini di tujukan untuk mencegah dan memperingati kaum muslim agar tidak masuk ke agama sesat lainnya.
      islam tidak pernah memaksa. INGAT ITU..!!!!!!!!

      • Dian berkata

        Dear,

        Janganlah kau menghukum seseorang, karena kau akan mendapatkan hukuman bagimu…(jelas ini ternyata berlaku, GBU)

    • ari berkata

      hukum dalam islam ada karena ALLAH yg membuat dan bukan dibuat2,bukan rekayasa manusia bukan pula karangan,sudah ketentuan ALLAH,…bagi yg melanggar sudah pasti dihukum,dan hukum ALLAH tdk penah berubah ketetapanya..mau jaman kuno atau jaman modern,umat islam percaya kitab2 terdahulu tp bukan kitab injil yg kalian baca sekarang..yg kalian baca itu sudah disempurnakan dlm alquran,kandungan al quran telah mencakup segala urusan dan apa saja yg ada di bumi dan di langit,beserta mahluk yg ada didalamnya hal yg telah terjadi dan yg belum terjadi,semua ada disana…manusia yg mengingkari ALLAH baik muslim atau non muslim tetap menerima ganjaranya masing2,,,dzolim,kafir,murtad,khianat,dan jahat adalah neraka tempatnya bersama setan dan iblis …..iman,islam,dan taat pd ALLAH dan rasulNya ADALAH surga tempatnya…adapun bagi non muslim hanya ALLAH yg tau….karena jika ALLAH menghendaki APAPUN bisa terjadi….

    • ari berkata

      tambahan: kebebasan yg saudara beny maksud itu terlihat banget kalo tabiat anda seperti binatang….manusia boleh bebas tp ada ketentuanya…binatang itukan sukanya bebas dan liar…tanpa aturan…padahal doktrin seperti itu adalah ajaran gereja setan..jangan2 anda salah satu pengikutnya….atau jgn2 anda seorang komunis tak beragama,atau manusia liar yg sukanya mengadu domba…

    • Mrs. Ranny berkata

      Benny yg terhormat,
      Mungkin di kehidupan dunia anda adalah orang pintar yg terdidik dlm keluarga kaya & free. Sebebas apapun kehidupan anda, tentu anda mempunyai AGAMA yg bertujuan mengarahkan anda kepada kebenaran. Dlm kehidupan modern, telah banyak tumbuh aliran2 sesat & liberal (yg mungkin anda salah satu penganutnya). Dalam hal ini, saya pengen tahu, apa sih yg menjadi landasan aliran anda sehingga bisa mengatakan agama lain (Islam) bukan kebenaran? Apakah anda sudah pernah mendalami Al Qur’an & Hadits (yg merupakan landasan agama Islam) seperti yg dilakukan Biarawati Irene. Irene setelah membaca Al Qur’an (tepatnya Surat Al Ikhlas) mengatakan bahwasannya dia mempelajari dan mendalami konsep ketauhidan dari Surat Al-Ikhlas tersebut. Dari sinilah dia kemudian menerima hidayah Allah SWT. “ Ternyata Surrah Al-Ikhlas tersebut itulah yang menunjukkan konsep ketuhanan kepada saya dan ini juga yang membimbing langkah saya untuk semakin mantep memasuki ajaran Islam “, kata Irene.

      Sebagai orang yg berpendidikan, tentu anda telah mengetahui bahwa seseorang dilarang (secara hukum) mencemarkan nama baik (khususnya suatu agama) tanpa melakukan penelitian & menegakkan hypothesis yg terpercaya. Kita bisa melihat seorang Professor yg tidak tidur siang malam hanya karena melakukan penelitian untuk membuktikan sesuatu. Pun sebaiknya yg anda lakukan sebelum anda mengeuarkan “conclusion” atas agama Islam.

      Nah, segeralah ke toko buku untuk membeli Al Qur’an & Hadist, lalu buktikan ucapan anda apakah BENAR ato SALAH.

      Semoga Allah memberikan hidayah & karuniaNya untuk anda & keluarga anda. Amiin.

      Wassalam.

    • pangeranislam berkata

      setau saya yg telah membaca kitap injil:dan kisah2 yesus:yesus tak pernah mengakui ia tuhan dan yesus
      jugak tidak menyatakan ia yesus tapi ia adalah musa alaihisalam and dia adalah putra maryam…yesus menyatakan ada nabi dan rasul setelah dia yaitu rasul 25(muhammad s,a,w.dan yesus jugak menyatakan dalam kitap2 ya tuhan nya adalah allah s.w.t..yesus jugak menyatakan dalam injil agama yg terahir adalah islam…sagat keras aga lain diban dig kan islam…tidur dgn istri orang kata agama lain bisa..seandai ya istri kamu ditiduri oleh saya kamu marah gak?kalo aku menidurin mamak kamu hukuman yg pantas buat ku apa?

    • IMAM MANSU berkata

      anda adalah Iblis berupa manusia

  7. ishaputra berkata

    Murtad dihukum mati, ajaran absurd!
    Biarpun hadith yang membenarkan hukuman mati bagi orang murtad adalah SAHIH, bahkan jika Al Quran langsung yang mengatakannya, bahkan jika Al Quran berkali-kali mengatakannya, hukuman mati bagi orang yang murtad dari agama (dalam hal ini Islam) tetap tidak dapat ditolerir di peradaban modern. Secara mendasar, agama tersebut bahkan harus dilarang jika memang mengajarkan itu. “Iman” dan “kepercayaan kepada tuhan” tidak bisa dijadikan dasar/dalil untuk membenarkan tindakan yang implikasinya merigukan orang/melanggar HAM. Kalau ajaran yang begitu dituruti/ditolerir, bagaimana nanti jika ada agama yang “menurut kitab suci mereka” harus mengorbankan suku atau agama tertentu sebagai tumbal kepada tuhan mereka? Apakah kita semua akan mentolerir agama tersebut? Tentu tidak!

    Komentar :
    Anda telah mengedepankan akal daripada dalil syar’i. Banyak ajaran agama yang harus dihilangkan karena mungkin dianggap tidak rasional, tidak modern? Apakah begitu? Orang-orang seperti anda inilah penghancur agama Islam

    • teguh berkata

      yang paling pantes di hukum mati tu sebenernya lo tuh ,lo g terlalu percya sih sama neraka mau nyoba ya tserah lo dah agama Islam g sembarangan hukum mati orang pasti ada hikmah didalamnya klo aturan agama lain ya psti g jelas lah maksud n tujuan nya ,n HAM yang lo junjung tinggi tuh g akan bisa nyelesaiin masalah malah nambah masalah liat aja tuh g ada penurunan tinggkat kriminal mlah nambah g ngaruh tu hukum HAM g jelas .azzzz yang thu cara hidup yang bener tu cuma tuhan dia yang ciptain semuannya n terbukti lo baca sana sejarah peradapan agama truss lo bandingin dah betapa gemilangnya peradapan ISLAM yg jauh dri pada peradapan agama lain, n era sekuler saat ini yang banyak bnget masalah,hadeeeh belaJAR DLO sana bru koment ,hri gene ngandelin bacod doang, klauuuut aja lo

  8. syam berkata

    assalamualaikum ustaz saya nak tahu apa hukuman bagi orang yang murtad

  9. Bejo berkata

    Islam mengaku percaya kepada kitab2 dan nabi2 terdahulu….klo pecaya mestinya jg mengikuti aturannya…jadi mestinya larangan membunuh yg erdapat pada 10 perintah Allh jg harus dijalankan…karena Allah melarang membunuh sesama manusia titik dan gak ada persyaratan lainnya..

    • teguh berkata

      enak aja lo bilan ikut2 aturan agama lain agama gwa(ISLAM) adalah peneyempurnaan untuk semua agama2 lain yang dah lo pada ubah2 seenak perut lo pada n yang gwa thu agama2 lain yang murninya g ada sedikitpun yang betentangan sama ISLAM ingat tuh mending lo belajar lagi dah ya kyannya otak lo masih kosong bnget sama larangan2 ALLah” Allah mlarang membunuh titik?? jiah sotoy amat lo ajaran agama kami luas seluas samudra jadi klo cuma thu 10 larangan ALLah mending g usah bacod dah, sory bahasa gwa kya gini bukan karna gwa g sopan ato apa ya di sesuikan lah sama komentar yang jelas terlihat bahwa anda kurang berilmu …

      • Apakah benar anda sudah paham isi Al-quran, Jangan dustai diri Anda. Saya melihat bahwa 95 % orang yang memeluk agama di Indonesia ini karena faktor ketirunan. Dari kecil kita Didogmatis tentang kebenaran agam yang sesui dengan agama orang tua kita, setelah dewasa sebahagian besar kita tidak lagi bisa berfikir NETRAL dalam menganalisis secara koperatif tentang kebenaran ayat ayat pada kitab suci. Karena dogma agama yang kita ketahui dari kecil kita sudah meyakininya secara mutlak, dan berkembang dalam benak kita bahwa agama itu sama dengan organisasi politik, yang butuh dukungan dan partisipasi secara luas dari masyarakat, padahal agama itu sifatnya hakiki dan mutlak tanpa pengaruh jumlah pemeluk, mobilitas pemeliuk dan lain sebagainya. Suatu kepercayaan pastilah di anggap sesat oleh pemeluk kepercayaan lain, karena tolak ukur penilaianya kitab yang memeng berbeda. Alangkah dangkalnya logik berpikir kita kalau kita menganggap orang lain bodoh, dengan dasar penilaian ayat ayat yang kita yakina, tapi tidak diyakini orang yang kita nilai tsb. Ayat ayat dalam kitab suci itu kan dikumpulkan dari tulisan tulisan yang tersebar dalam dalam kurn waktu lebih satu abat. dan coba anda baca tentang keteraturannya, bukan kah ayat ayatnya tidak teratur,tidak berkesinambungan dan berulang ulang.

  10. mega berkata

    apakah orang islam namun percaya dengan agama kristen jga disebut murtad???

    • teguh berkata

      aduuuuuh bukan gtu zzzzzzzz lo baca g postingan di blok kyannya lo pura2 bego ato emang benran sieh, maksud percaya disini beda boss, klo cuma thu truss paham tpi g ikut2tan ajarannya ya g masuk itungan lah tpi klo yakin akan kebenaran agama lain selain islam bru deh, kill him/her(sesuai sarat),zzzzzzzzz

  11. xxx berkata

    orang kristen itu tahu nya cuma mencela, menghina saja tampa ada bukti yang jelas, mengatakan maaf ” islam itu bukan agama yang benar” memang agama kamu benar apa?, kalau benar tunjukan pada kami jikalau yesus mengatakan dirinya adalah tuhan Allah, kayak nya gakkan bisa, kenapa karena tidak ada didalam alkitab yang mengatakan bahwa messiah itu adalah tuhan, dan juga apakah kalian dapat menunjukan pada kami kalau alkitab itu benar firman Tuhan, oya didalam agama yang lain kecuai islam apakah ada hukum-hukum yang masuk akal, seperti hindu mengharamkan sapi, budha, dll. didalam islam hukum-hukum nya sangat jelas. oya 10 perintah tuhan yang diberikan pada musa adalah, mengharamkan patung, pernah nonton filem nya kan? tapi kenyataan nya apa??? lihat gereja katolik… dan tempat ibadah lainnya…. kristen dan sejenis nya gue bilangin agama aneh,,, tukang murtad orang dengan megiming iming uang,,,, jiah dasar gak tahu malu,,, oya lihat kentaan nya umat islam sangat cepat berkembang di seluruh dunia ini bukti agama islam sangat masuk akal, terutama tentang perinsip ketuhanan, dari pada agama yang lain. seperti kamu kristen,, masa ada tuhan bapa tuhan anak tuhan ibu, terus apa bedanya dengan agama hindu, brahma, siwa,dan sinta sama-sama mentuhankan mereka, yang lebih parah agama yunani, tahukan.dari agama yunani itu lah kalian mengadopsi ajaran agama mereka, dasar, 25 desember bukan hari kelahiran yesus, tidak ada yang tahu kapan yesus lahir, tidak tercatat didalam bible, apapun buku-buku yang lain. kristen ubo pan bundung,kelera,

    • teguh berkata

      setuju gwa bro ni orang2 yang ngoment “maaf Islam bukan kebenaran “zzzzzzzzzzzz pda g thu diri bnget ampoooon dah tu bacod dia sama sekali g berilmu bro jd ya maklum aja coz orang bodoh, normal,genius sekalipun jika belajar tentang kebenaran agama gwa yakin pasti pilihan mereka akan berujung di islam tpi klo da orang yang punya argument minus alias cuma beberapa kalimat doang mah mending g usah bacod ya kan, coz keliatan banget manusia diluar kategori bodoh,normal ,genius ya thu sendiri lah bro selain itu idiot mungkin wkwkwwkwkw,

  12. achen moeslim berkata

    saya mersa saya sudah menjadi manusia murtad terkutuk

    tp apa Allah masih mau menerima saya kembali dan memaafkan dosa saya

    • kawan berkata

      Allah Maha Pengampun,percayala hanya didalam Yesus Kristus sahaja beroleh keselamatan di luar Yesus Kristus tidak ada yang akan selamat.

      • Pecinta Islam & umatnya berkata

        Jangan mau di hasut yesus tuhan palsu…tuhan gak mutu…masa tuhan punya alat kelamin…

      • hamba Allah berkata

        yorang yang dijadikan tuhan oleh umat kristen adalah murid dari Nabi Isa a.s. yang wajahnya dirubah oleh Allah swt. menjadi sama persis dengan Nabi Isa karna pengkhianatannya kepada Nabi Isa a.s.,,,

      • rachmad aditya bakrie berkata

        wahai…saudaraQ…kita di larang oleh
        ALLAH yg MAHA MULIA tuk mencela mereka….biarkanlah mereka melakukannya.karena sudah menjadi watak dan turunan mereka tuk berbuat seperti itu…dan jga mereka udah kehabisan akal,bahan dan pikiran tuk membantah….keAGUNGAN RabbNYA….bahkan dengan seperti itu…..islam…akan semakin menunjukkan dengan sendirinya….kemuliaanNYA…bersabarlah wahai saudaraQ….kelak mereka akan digiring dengan diseret2 sambil mengemis2 minta di kembalikan ke dunia…dengan segala kehinaan…dan laknat ALLAH AZZA WAJALLAH beserta orang2 beriman…menyertai mereka….biarkanlah…mereka bersenang2…dengan harta mereka yg melimpah,anak2 dan sanak saudara yg mereka bangga2kan….kelak mereka akan sangat sangat menyesalinya.maka…kelak ALLAH AZZA WAJALLAH…akan bertanya kepada mereka…wahai fulan…di manakah….sekutu-sekutu mu…yg dulu kau bangga-banggakan…dan agung-agungkan????….datangkanlah ??????….mereka hanya tertunduk diam….tak mampu menjawabx….sedang di hadapan mereka telah menanti…siksaan dan azab…yg maha pedih….yg belum pernah terpikirkan oleh seluruh makhluk hidup sekalipun….bagaimana kedasyatan..dan kengeriannya serta kepedihannya….bersabarlah wahai saudaraQ.tetap bermunajatlah…kepada DIA…yg MAHA…memiliki siksaan dan azab yg sangat perihx tak terkira.

  13. bejo berkata

    Saya mau bertanya apakah ada bapaknya yesus,dan yesus itu juga manusia biasa yg di salib karena menebus dosa,coba bayangkan apakah tuhan mau mengampuni dosa orang lain dan diwakilkan oleh orang lain,tetapi dalam islam siapa yg berbuat itu dosanya ditanggung oleh yg berbuat dosa itu sendiri.yang saya ga habis pikir karena yesus ga ada bapaknya mengapa klo orang kristen berdoa pasti menyebut kata2 BAPAK KAMI YANG ADA DISURGA. dan apakah tau klo yesus itu bapaknya disurga,yang sy tau cewe2 kristen itu gampang kita dapatkan untuk disenggama dan itu saya alami sendiri.

    • teguh berkata

      jiah, yesus(Isa) mana ada punya bapak bro kan mariam waktu mau mengandungnya didatangin sama jibril buat ngasih thu klo mau dititipin anak buat jadi nabi nanti klo dah besar, dansesuai sejarah yang gwa thu g ada seorang pun yang bisa membuktikan klo da laki2 yang pernah nyentuh mariam karna semua orang dah thu klo mariam adalah wanita suci yang terjaga lahir batin lagian klo lo baca sejarah mu’zijat isa dia juga dah bilang sendiri waktu dalam ayunannya klo dia lahir tanpa bapak, n emang apa yang ada dalam kitap2 lain pada g jelas n sama sekali g masuk akal,zzzzzzzzzzzz emang masuk akal apa? tuhan yang menciptakan alam jagad raya dengan segala keagungannya repot2 disalip sampe mati pula 3 hari(katannya) buat sekedar nebus dosa2 manusia jiah!!!! yang bener aja tuhan bisa mati wheek!! apa jadinya alam klo tuhan mati aizz nsatu lagi dosa ya yang masuk akal spa yang berbuat dia yang tanggung kok malah tuhan yang naggung hadeeeeh klo punya pikiran ya pasti aneh lah, itulah kenapa banyak orang2 dri agama lain yang g bisa terlalu yakin akan agamanya sendiri padahal yang gwa thu bro bezina dalam agama apapun pasti dosa lah tpi mungkin karna hukum agama yang di anutnya aneh alias g masuk akal ya otomatis g di gubris, tpi saran gwa bro dah lo meding cepet tobat deh ya moga Allah mengampuni dosa2 lo ,amien coz zina klo g tobat masuk neraka yang siksaannya jauuuuuh lbih pedih dri apapun yang ada di dunia.

      • Muhammad Rizky Fernanda berkata

        Do’akan ye! Sungguh-Sungguh! Moga-Mogahan semua orang di bumi Allah ni beragama Islam

      • Gendit berkata

        Baca Alquran , Surat Mariam ayat 16,32, 33 dan Baca lagi surat Anisa ayat 157, Ayat nya bertantanagan, mana yang Anda percaya. Anisa 157, Isa di persamakan alias tidak mati, tapi terangkat oleh awan keSorga dalam keadaan hidup( Injil) tapi di surat Mariam Lahir, mati dan bangkit kembali.

  14. hasim berkata

    saya kira orang yang murtad harus mendapatkan balasan/hukuman menurut islam…

  15. saya berkata

    alhamdulilah saya seorang muslim.. saya yakin akan islam sbg kepercayaan saya… naudzubilahiminzalik bila dunia ini penuh dgn orang2 murtad.. yg sudah jelas2 dia tahu bahwa dari kecil dia sudah mempelajari dan menganut islam. tapi dia murtad.. bnyk artis2 kita yg murtad. bagi saya sseorang yg murtad adl kebodohan. astaghfirullah al adziim..

  16. fazila berkata

    semoga orang yang murtad tu ingat siapa yang menjadikan mereka di dunia ini…

  17. insan sedih berkata

    saya terlalu sedih dan kecewa kerana islam diperkecilkan hingga orang islam menjadi murtad ini menghina islam…sehingga menduakan ALLAH…apa kah hukumnya?

  18. nassel berkata

    Ikut nimbrung nih. Saya kira sudah cukup jelas, kita merujuk pada al Quran surat Annisa: 137. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman kemudian kafir, kemudian beriman, kemudian kafir lagi, kemudian bertambah kekafirannya, maka sekali-kali Allah tidak akan memberi ampunan kepada mereka, dan tidak menunjuki mereka kepada jalan yang lurus.” Lalu ada lagi “Laa ikrohaa fiddhiin” (tidak ada paksaan dalam memasuki agama ini (islam). Saya bukan ahli tafsir, jadi tidak mau menafsirkan. Silakan difahami sendiri dengan hati jernih.

  19. nassel berkata

    Pak Ustadz, Nabi Muhammad saw adalah orang yang paling mulia, paling welas asih, baik terhadap musuh (kafir)apalagi terhadap sahabat dan muslim. Ingat itu.

  20. Muhammad Rizky Fernanda berkata

    Assalamu’alaikum Pak Ustadz. Sejujurnya, saya ragu pada Islam. Namun, pada hati saya paling dalam saya tak mau murtad. Fikiran aneh saya berkata seperti ini :
    “Apakah benar Al-Quran mengatakan seperti itu? Al-Quran pastilah bukan Kalamullah!”
    “Kalau kamu terus percaya pada Islam, nantinya kamu masuk neraka! Memangnya kamu mau?!”
    Jika saya melihat kebenaran Islam, maka fikiran saya berkata seperti ini
    “Itu hanya rekayasa! Sudahlah! Jangan di percaya lagi!”
    Dan kapanpun fikiran saya membujuk saya seperti ini
    “Janganlah lagi beriman pada Allah! Sudahlah! Murtad saja!
    Namun, melihat agama lain pun tak sesempurna Islam. Saya melihatnya sendiri dan saya akui agama selain Agama Islam tak sehebat Islam. Akhirnya, saya usahakan lagi untuk menepis semua keraguan saya pada Islam. Namun sekali lagi godaan datang lagi pada saya. Saya ragu lagi, bagaimana solusi paling tepatnya Pak Ustadz?

  21. Emir Elbaihaqi berkata

    Perlu diingat yg berhak menghakimi/membunuh yg murtad adalah penguasa/pemerintah (tentu pemerintah islam ) setelah melalui proses, bukan sembarang orang boleh menghakimi ..

  22. Elshoddai berkata

    Hahahaha, beginilah jadinya kalau kelakuan orang padang pasir di jaman baheula dijadiin acuan hidup. Kelakuan barbar yang jelas-jelas salah dan bertentangan dengan hak asasi manusia, aja masih pada mau ngebelain. Otak itu dipake bung, jangan dijual ke arab.

    • satria berkata

      maka akan selalu ada orang munafiq di muka bumi ini yg akan selalu menghalangi tegaknya hukum syara tsb termasuk Elshoddai ini. Dia akan berusaha menegatifkan apapun itu yg bernilai Isalam…dgn mengatakan barbar lah dsb…

      • Gendit berkata

        Kalau mati dalam perang, Mati sahid maduk dorga, kalau menang perang dapat harta dan Wanita, Sekiranya hukum belum berlaku alangkah nikmatnya menjadi pasukan Nabi,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 921 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: