Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Kiat Mengakses Internet di Rumah untuk Mendapatkan Informasi Terkini Rukyatul Hilal Internasional

Posted by Farid Ma'ruf pada 11 September 2007

Syariah Publications. Informasi hasil rukyat seringkali harus kita terima menjelang subuh atau bahkan setelah adzan subuh. Itu pun harus dengan susah payah. Ada seorang syabab yang rela harus berkali-kali pulang balik antara rumah – warnet sejak pukul 02.00 dinihari sampai subuh. Ia pun harus mau bertambah sedikit kerepotan untuk menerima telepon dari syabab-syabab lain yang jauh dari akses internet. Jika ada informasi bahwa hilal terlihat, maka ia segera menyebarkan berpuluh-puluh sms kepada syabab-syabab yang lain. Gembiranya mengetahui ada syabab yang rela berkorban seperti ini.

Di lain tempat, ada syabab yang sengaja menumpang tidur di kantor temannya yang ada akses internet. Kebetulan temannya itu bekerja sebagai penjaga malam sebuah kantor perusahaan swasta. Kepala kantor telah mengizinkan penggunaan akses internet tersebut. Alhamdulillah ada syabab gigih seperti ini.

Bagaimana dengan para akhwat? Apakah ada juga yang pergi ke warnet saat dini hari? Saya tidak tahu (mestinya tidak ada). Saya hanya mendapatkan informasi bahwa ada akhwat yang harus menumpang semalam di rumah/kos rekan akhwat yang lain karena ia tidak punya telepon atau hp (haree genee gak punya hape?).

Semua kerepotan dan kemungkinan keterlambatan penyebaran informasi tadi terjadi karena ada masalah pokok, yaitu :

  1. Informasi hasil rukyat internasional direlease selepas tengah malam (waktu Indonesia).
  2. Informasi tersebut tidak segera diberitakan (atau bahkan tidak diberitakan sama sekali) oleh media massa Indonesia, khususnya radio dan televisi.

Walhasil, umat Islam di Indonesia yang bersandar pada hasil rukyat internasional harus mengakses langsung media massa internasional yang memberitakan hasil rukyat internasional. Media itu adalah situs internet.

Akses Internet di Rumah, MUDAH dan MURAH

Dari uraian di atas nampak bahwa masalah utama yang dihadapi adalah sulitnya akses internet. Masih banyak umat Islam di Indonesia yang mengandalkan warnet. Sebagian yang lain mengakses di kantor pada jam kerja. Masih sedikit yang berlangganan akses internet di rumah. Alasan utamanya barangkali adalah masih mahalnya biaya akses internet bagi kebanyakan masyarakat.

Dalam tulisan ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengakses internet di rumah dengan biaya yang murah, tanpa harus berlangganan internet yang mahal. Ada dua macam cara yang akan saya jelaskan, yaitu :

1. akses internet via hand phone tanpa dikoneksikan dengan komputer

2. akses internet via hand phone dengan dikoneksikan ke komputer

Tidak Harus Mahal

“Akses dari hp? Wah, pesawatnya pasti mahal. Hp yang dipakai pasti juga mahal.” Itulah ungkapan kekhawatiran yang saya terima terkait akses internet via hp. Padahal, faktanya tidaklah demikian. Kita bisa menggunakan pesawat hp seharga Rp 300 ribuan untuk mengakses internet. Biaya pun tidak mahal. Berikut ini tutorialnya yang saya susun berdasarkan pengalaman pribadi. Dalam contoh ini, pada percobaan pertama saya menggunakan pesawat hp Motorola C381 (teknologi GSM). Pesawat hp ini saya beli dengan harga Rp 365 ribu (second) bulan Juli 2007 yang lalu. Pada percobaan kedua, saya menggunakan pesawat Nokia 2280 (teknologi CDMA). Harga pesawat ini Rp 290 ribu (baru), harga per awal September 2007.

Syarat-syarat :

1. HP berteknologi GPRS (atau teknologi lain yang bisa digunakan untuk mengakses internet).

2. Kartu operator memungkinkan akses internet (pastikan telah anda set dengan benar. Cara setting bisa dilihat di bagian lampiran)

Selengkapnya, silakan download file PDF di sini

6 Tanggapan to “Kiat Mengakses Internet di Rumah untuk Mendapatkan Informasi Terkini Rukyatul Hilal Internasional”

  1. ian said

    menyambung kalimat pengantar diatas yang menyinggung masalah penampakan hilal, sekarang sudah bisa dilihat secara streaming online di internet. Bisa dilihat di http://plasa2.plasa.com/hilal/index.php

    syaratnya punya koneksi internet minimal broadband (karena real-time) sehingga saya rasa kalo cuman lewat GPRS saja tidak kuat.

  2. julfan said

    Alhamdulillah, info yang menarik.

  3. hersurant said

    Blognya bagus, isinya bagus, Mas Farid kalau boleh ajari gimana caranya bikin blog bisa bagus seperti ini. Email saya her_isura@yahoo.co.id.
    Sebelumnya, Jazzakallah khairan katsiran

  4. Terima kasih atas kunjungan dan perhatiannya thd blog ini. Sebenarnya blog ini dari sisi tampilan biasa saja sih. Btw, smg ke depan saya sempat untuk menulis bbrp artikel ttg cara membuat blog.
    Saya dulu membuatnya jg hanya mencoba-coba saja. Tidak kursus terlebih dahulu.

  5. sakti said

    thnx ya atas cara seting internetnya

  6. syahuri said

    assalamualaykum…
    salam kenal…
    saya mau donlod yang di http://indoupload.net/files/5836/Kiat%20Mengakses%20Internet%20di%20Rumah.pdf , tapi muncul pesan di browser: “The requested URL /files/5836/Kiat Mengakses Internet di Rumah.pdf was not found on this server.

    Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.”

    makasih atas atenisnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: