Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Konsultasi Bisnis Syariah; Rubrik Baru Syariah Publications

Posted by Farid Ma'ruf pada 26 September 2007

Syariah Publications. Mengakomodasi banyaknya pertanyaan mengenai bisnis yang syar’i, maka redaksi memberikan satu rubrik baru, yaitu Konsultasi Bisnis Syariah. Kami memandang penting rubrik ini karena selama ini pertanyaan-pertanyaan yang mendominasi rubrik konsultasi adalah dua bidang yaitu : ekonomi syariah dan pergaulan pria wanita (problem suami-istri, pergaulan pra nikah, dll). Uniknya, banyak masalah keluarga yang sebenarnya berhubungan dengan ekonomi, misalnya : penghasilan suami lebih kecil, ikhwan merasa minder terhadap calon istri yang lebih kaya, suami sering bekerja keluar kota, dll.

Beberapa pihak menilai bahwa jawaban yang diberikan tim konsultan selama ini kurang solutif bagi penanya. Misalnya terhadap kasus-kasus seperti : 1) Mereka yang bekerja di suatu lembaga keuangan berbasis riba (bank konvensional). 2) Mereka yang mengelola usaha bisnis tetapi meminjam modal dari lembaga keuangan konvensional. Para penanya yang telah sadar tentang haramnya riba ingin keluar dari jerat riba tersebut. Akan tetapi ia tidak mempunyai pekerjaan lain, sementara kemampuan dan pemahaman tentang bisnis syariah sangat kurang bahkan tidak ada. Jawaban tim konsultan telah membuat kegelisahan batin baginya, tetapi belum tentu mampu mengeluarkan dia dari sistem riba. Oleh karena itu, kami berharap rubrik baru ini bisa menjadi salah satu sarana yang mampu membangkitkan pengunjung website Syariah Publications untuk berbisnis secara syariah.

Penjaga gawang rubrik ini Insya Allah adalah Bey Laspriana. Beliau adalah C.E.O. Syafaat Advertising, sebuah perusahaan advertising berskala nasional yang dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Perusahaan yang berkantor pusat di Yogyakarta dan telah beroperasi selama hampir 10 tahun ini dikelola oleh tiga orang aktivis dakwah yaitu Andika DJ, Bey Laspriana, dan Dwi Condro Triono. Andika dan Bey adalah pakar advertising serta pengurus salah satu ormas Islam.  Dwi Condro Triono adalah kandidat doktor ekonomi Islam Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta, serta dosen Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Hamfara Yogyakarta.

Berikut ini kami jelaskan sedikit profil rubrik baru ini :

 

Profil Rubrik Bisnis Syariah

Bisnis syariah merupakan bagian dari muamalah Islam yang memberikan kontribusi besar dalam membangun ekonomi Islam. Sebuah konsep yang dasar-dasarnya telah diletakkan oleh Nabi Muhammad saw, dan terbukti sangat relevan diterapkan di era kapan pun termasuk saat ini.

Dalam perkembangannya, mau tidak mau bisnis syariah harus mengalami up date pada aspek praktis agar bisa memberikan manfaat sesuai kebutuhan dan kemajuan zaman. Lebih dari itu, dibutuhkan pula dorongan-dorongan spiritual hingga para pelaku bisnis syariah siap untuk menghadapi tantangan dan persaingan di era global.

Rubrik ini akan di asuh oleh pemerhati sekaligus praktisi bisnis syariah, Bey Laspriana. Dia adalah pendiri Syafa’at Advertising dan Spiritual Leadership Training and Education Center (SLTEC), keduanya di Jogja. Pikiran-pikirannya dituangkannya pada www.beyblog.syafaatadvertising.net, dan sejumlah tulisannya telah dimuat di beberapa situs bisnis syariah. (Redaksi; www.syariahpublications.com)  

Iklan

Satu Tanggapan to “Konsultasi Bisnis Syariah; Rubrik Baru Syariah Publications”

  1. irfak said

    untuk pembukuan /akuntansi bisnis syariah bentuknya seperti apa dan bagaimana perbedaannya dengan akuntansi konvensional?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: