Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

BAGAIMANA CARA MEMULAI BISNIS?

Posted by Farid Ma'ruf pada 2 Oktober 2007

Pertanyaan :

Saya sangat ingin mempunyai usaha. Tetapi saya selalu bingung dari mana harus memulai. Apa langkah-langkah konkrit yang bisa dengan mudah saya lakukan?

 Jawaban :

 Memulai sesuatu biasanya merupakan pekerjaan yang susah, bahkan ada yang mengatakan syusah… buanget! Apalagi kalau sesuatu itu adalah hal dan pengalaman yang baru bagi kita. Akibatnya, tidak sedikit sebuah ide brilliant akhirnya tidak terlaksana karena tidak segera dimulai dan direalisasi. Pengalaman ini juga dialami oleh hampir semua pengusaha, siapapun. Baik mereka yang saat ini telah sukses, maupun mereka yang gagal. Itulah tahap sunatullah, karena tantangan awal dari calon pebisnis adalah bagaimana memulai bisnis.

 

Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan melakukan bisnis. Peter F. Drucker, dalam Innovation and Entrepreneurship, mengatakan. “Setiap orang yang memiliki keberanian untuk mengambil keputusan dapat belajar menjadi wirausaha dan berperilaku seperti wirausaha”. Rasanya sudah banyak contoh yang bisa kita lihat. Ada Aa Gym dengan MQ-nya, Purdie Chandra dengan Primagamanya, Bob Sadino dengan bisnis ssayur segarnya, dan masih banyak lagi. Bahkan teladan semua umat manusia, Muhammad saw pun adalah seorang pebisnis ulung.

 

Secara teori, kegiatan bisnis bisa dimulai dengan tahapan-tahapan :

  1. Mengidentifikasi peluang
  2. Memilih dan menentukan bisnis dan bidang bisnis
  3. Membentuk dan membangun badan usaha
  4. Mempersiapkan dan merencanakan operasional bisnis
  5. Yang terakhir, lakukan !

 

 Itu teorinya. Dalam prakteknya, teori ini harus didukung oleh motivasi dan keinginan yang kuat. Sebagian para pakar dan praktisi bahkan menganggap kalau motivasi menjadi modal yang paling dominan yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis.

 

Motivasi seperti apa yang dibutuhkan oleh para calon bisnisman ? George Torok dalam “The Yukon Spirit : Nurturing Entrepreneur”, www.torok.com, mengatakan sebagai berikut :

  1. Memiliki dorongan niat yang kuat untuk maju (personal drive)
  2. Fokus pada apa yang dilakukanya dan arah usahanya (focus)
  3. Memiliki kemampuan yang kuat untuk berinovasi (produk, sistem, cara, metode, service, dst)
  4. Memiliki sikap mental “Saya bisa” (The I can mental attitude) dalam menghadapi persoalan-persoalan yang kedatangannya seperti tamu tak diundang
  5. Memiliki kemandirian dalam mengambil keputusan (berdasarkan pengetahuan, pengalaman, skill, intuisi, dan akal sehatnya)
  6. Memiliki kemampuan untuk “tampil beda” atau memunculkan keunggulan-keunggulan  (kreatif)

 (Bey Laspriana; www.konsultasi.wordpress.com)

38 Tanggapan to “BAGAIMANA CARA MEMULAI BISNIS?”

  1. 081977632968

  2. pili berkata

    bagus sekali tulisan saudara, mungkin itu merupakan suatu saran yang
    menjadi bahan pertimbangan seseorang untuk terjun ke dunia usaha

  3. guswid berkata

    Ass.saya baru memulai bisnis garmen spesifiknya kerudung anak. saya butu modalbesar untuk mempercepat produksi. pesanan lumayan banyak tapi nggak kekejar.
    saya gak pingin hutang dibank yang ada bunganya, gimana caranya untuk mendaptkan bantuan modal. terimakasih….

  4. Bey berkata

    #Guswid
    Saran saya, untuk bisnis yang Anda rencanakan adalah :
    1. Buat rancangan (semacam proposal singkat) yang memberikan gambaran bisnis yang akan dilakukan. Biasanya berisi: garis besar bidang bisnis yg akan dilakukan, desain produk, strategi distribusi, rencana budget. akan sangat baik jika bisa menampilkan ‘kekuatan yang dimiliki’ (Unique selling preposition)
    2. Sounding rencana tersebut kepada rekan-rekan yang se-visi dan tentunya punya dana
    3. Mungkin –sebagai alternatif–tidak ada salahnya mencoba ke lembaga pembiayaan syariah seperti BMT yang relatif mudah dari sisi persyaratan
    4. Jika biaya (budgetnya) besar, buatlah rencana bertahap secara prioritas sehingga biaya besar itu tidak kelihatan dan terasa berat.
    Semoga membantu.

  5. rama berkata

    lanjutin prjuangannya

  6. adit berkata

    bila ingin memulai bisnis hendaklah pilih bisnis bersistem.kenapa?
    agar kita tidak terlalu lama berkubang di dunia “trial and erorr”
    jangan sampai belum sukses, kita udah tua duluan

    muda sukses,luar biasa!
    tua sukses,biasa aja!
    tua blum sukses? NGAPAIN AJAAAA???

  7. agus suhendi berkata

    sangat bagus sekali penjelasannya, mungkin akan jadi rujukan saya untuk memulai bisnis yang akan saya jalankan

  8. noto sudarmiko berkata

    Mau Bisnis dan Informasinya, serta mau dapatkan AUDIO dari TUNG DESEM WARINGIN Gratis. silakan kunjungi situs kami dan beri taukan pada teman.

    Regards
    Noto Sudarmiko

  9. imam berkata

    saya senang bisa menemukan web anda
    saya imam, konsultan sekaligus psikolog tinggal di Malang
    suatu saat mungkin jika berkenan bisa berdiskusi panjang lebar via situs ini. makasih

  10. Iyan.riau berkata

    Saya koq merasa takut ya menjalani usaha,apa dlm driku kgk da jwa wira usaha ya,q seorang mahasiswa usaha pa yg cocok untuk saya?tlg jwbanya krim ke amail atum ya.isaq_yan@yahoo.co.id.wsalam

    • listio berkata

      banyak bisnis misal jual pulsa, bimbel, jual tiket transportasi, terjemahan, makanan dan lain2. Terpenting coba dulu salah satunya, gitu

  11. fajrin berkata

    bisa g’ kalau ada tulisan-tulisan baru di kirim ke email saya?

  12. Nila berkata

    Mohon saran…
    saya telah membuka salon muslimah, dengan 2 karyawan part time (jm 2 sore- 5 sore) dikarenakan mereka masih sekolah, income dengan pengeluaran tidak seimbang, mohon sarannya..
    thanks…

    • listio berkata

      coba buat kesepakatan mereka berdua agar sekolahnya ada yang pagi dan sore jadi nanti salon tidak kosong. Kalau tidak bisa ya cari orang pas, jangan korbankan bisnis anda karena mau menolong, justru kalau pengin nolong ada caranya sendiri, gitu

  13. Tulisannya bagus pak. Saya juga baru buka bisnis

  14. rian berkata

    bagaimana caranya agar adik saya bisa sabar dan tidak punya rasa dendam doa apa atau dzikir apa yang harus saya lakukan

  15. Maya berkata

    Saya ingin membuka warung sate bersama kakak dimana modal semua dari saya dan kakak saya hanya menyediakan tempat dan dia yang akan mengelola nanti usaha warung sate tersebut… bagaimana caranya untuk memperhitungkan hasilnya apakah hasil dibagi 2 atau bagaimana ? Biar adil dan Supaya tidak ada yang keliru saya mohon penjelasannya. Terima kasih.

  16. siti bahjah berkata

    saya sudah punya bisnis kursus bhs.Inggris di rumah saya sendiri dan mempunyai 2 orang guru,tapi saya merasa sulit sekali untuk fokus karena saya juga masih bekerja di salah satu kursus bahasa Inggris di Indonesia. Bagaimana ya Pak?

  17. Jurni berkata

    aku dalam memulai bisnis banyak ragunya gimana cara mengatasinya ya
    balas

  18. Lena Wilia berkata

    Saya ibu rumah tangga yg biasanya hanya mengandalkan penghasilan dari suami, setelah suami tidak ada saya sangat pincang sekali, sedangkan saya harus menhidupi 2 anak,saya mau usaha tapi tidak punya modal,adakah yang bisa membantu saya

  19. Joe berkata

    Assalamualaikum.Apakh ada Usha dagang yg paling disukai Rasulullah saw?

  20. kalo kita merahasiakan jumlah modal kita per barang dagangan kita itu melanggar syariah gk ya..?trims

  21. rasha berkata

    saya mempunyai banyak ide bisnis,,
    tapi saya tak tahu harus mulai dari mana,,
    terkadang takut gagal,,
    bagaimana ya,,?

    • reyzal berkata

      hmmm… saya juga pernah kepikiran gitu..
      menurut saya, gmana klo ide itu di jual, lengkap dengan sistem-sistem dan cara-caranya..

  22. dede berkata

    Assalamualaikum….
    saya ibu rumah tangga ingin mencoba bisnis tapi masih bingung….mohon saran dong…
    1 kalo bisnis online yang harus di persiapkan apa saja untung ruginya apa saja?
    2 karna ngga ada pengalaman jadi saya ajak teman akrab 4orang untuk buka kios kecil2an apa kira bagus? atau mending bisnis sendiri….?
    terima kasih

  23. bambang h berkata

    Assalamualaikum
    Saya adalah kepala rmh tangga yg mempunyai penghasilan pas-pasan, menikah mulai thn 2007, telah dikarunia 2org anak, anak yg terakhir baru berumur 3minggu.
    1thn belakangan ini sy selalu mengalami kesulitan dalam keuangan rmh tangga, hutang numpuk,sementara kebutuhan keluarga meningkat, aplagi sekarang sdh nambah anak 1 lagi. Banyak ide bisnis yg ada dalam benak saya tapi yg jd masalah adalah dari mana sy harus memulai, dan sy selalu takut menghadapi resiko kerugian. Mohon pencerahannya dan gagasannya.

  24. wahed berkata

    orang bisnis hrus berani dulu baru nekad

  25. agus berkata

    tolong dibalas..

    kalau sekarang buka bisnis, terus rugi. bagaimana?
    dan apa yang harus dilakukan setelah itu?
    kira-kira bagaimana jadinya kehidupan saya setelah itu.

  26. harunwawan berkata

    setidaknya kita punya pengalaman,kalau kita rugi itu resiko,kita kembali ke diri kita apa yang harus di perbaiki.dan jangan penah menyerah, dan jangan pernah takut untuk memulai

  27. siska berkata

    Saya baru memulai bisnis les privat untuk SD-SMA di daerah bandung. Jadi kalau ada anaknya/saudaranya yg mw les privat hub.saya City Education Privat 087880380814 supaya bisnis saya bisa lancar. Mohon bantuan dan do’anya :)

  28. Ariesta berkata

    Ass…
    saya seorang mahasiswi di sebuah PTS.Saya berkeinginan membuka bisnis kecil2an yg bergerak di bidang kuliner.Saya memantapkan niat sejak dini krn sy ingin suksek di usia muda.Lalu apa yang pertama kali harus sy lakukan utk memulai bisnis tsb ?
    sebelumnya thx.
    Wass…

  29. [...] konsultasi.wordpress.com [...]

  30. yanto berkata

    Simpel padat akurat

  31. Ima berkata

    saya sudah banyak liat ato coba salah satu sponsor bisnis online tapi uudnya hrs bayar beberapa rupiah untuk daftar sedangkan saya masih awam pada apa yang harus saya lakukan selanjutnya untuk menjalankan bisnis ini. dan uplinenya tidak memberikan instruksi yang detail cuman disuruh mempelajari aja tidak seperti janji yang diberikan,,,, tolong bantu saya supaya bisa menjalankan bisnis online seperti apa yang cocok buat saya Ibu RT tanpa harus seperti MLM gitu karena saya takut sponsor yang ada di internet itu palsu belaka ato penipuan terima kasih

  32. AHYAN SAIDI berkata

    trimaksih postingnya sangat brmutu…. tapi gimana dengan pesaing2 yang buat pusing kepala mas… oh ya.. saya buka dagang sembako plus..cukup maju, tp akhir2 ini saya trganggu oleh pesaing… tambah masukannya mass…

  33. yunita ana pratiwi berkata

    Sya suka sekali mendisain aksesoris, dan beberapa aksesoris sudah ada yg terjual. Saat ini saya hanya bisnis online.

    disaat yg bagaimana sy harus memprrkerjajan asisten buat membantu pembuatan aksesoris dan disaat yg bagaimana pula sbaiknya sy untuk buka toko.

    Karena pemesananpun secara online tdk cukup banyak, tp modal untuk bka toko dan karyawan ada.

    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 921 pengikut lainnya.

