Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Mau Nikah Tidak Punya Uang

Posted by Farid Ma'ruf pada 18 Maret 2009

Tanya :

Ustadz, saya ingin menikah tapi ada hambatan dana. Orang tua saya juga tidak bisa membantu. Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengumpulkan dana. Bagaimana solusinya ustadz?

Jawab :

Islam bukan agama yang mempersulit, melainkan memberi kemudahan (yusrun), termasuk bagi orang miskin yang ingin menikah. Nabi SAW bersabda,”Sesungguhnya agama (Islam) itu mudah, dan tidaklah seseorang memperberat urusan agama, kecuali dia akan dikalahkan oleh agama.” (HR Bukhari, no. 38).

Kemudahan itu nampak dalam solusi berikut :

Pertama, Islam menetapkan kemiskinan bukan penghalang (mani’) bagi orang miskin untuk menikah. Menikah hukumnya boleh bagi orang miskin, tidak haram. Kepada mereka, Allah SWT berfirman (artinya) : “Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya.” (QS An-Nuur : 32). Imam Ath-Thabari menafsirkan ayat ini bahwa,”Kemiskinan mereka tidaklah mencegah mereka untuk dinikahkan.” (Tafsir Ath-Thabari, 19/166).

Kedua, Islam menganjurkan agar mahar seringan mungkin. Nabi SAW bersabda,”Sebaik-baik mahar, adalah yang paling ringan [bagi laki-laki].” (HR Al-Hakim, Al-Mustadrak no. 2692). Mahar boleh berbentuk benda (‘ain), atau dalam bentuk jasa (manfaat). Nabi SAW pernah bersabda kepada lelaki miskin yang akan menikah,”Carilah [mahar] walau hanya cincin besi.” Namun lelaki itu tak mendapatkannya. Lalu Nabi SAW bertanya,”Apakah kamu punya hafalan Al-Qur`an?” Lelaki itu menjawab,”Ya, surat ini dan surat itu.” Lalu Nabi SAW menikahkan lelaki itu dengan mahar berupa hafalan surat yang dia miliki. (HR Malik no. 968, Bukhari no. 4740, An-Nasa`i no. 3306, Ahmad no. 21783).

Ketiga, Islam membolehkan berutang (istiqradh) untuk mengatasi persoalan ini. Berutang hukumnya jaiz (boleh), karena Nabi SAW juga pernah berutang (istiqradh) kepada orang lain. (An-Nabhani, An-Nizham Al-Iqtishadi fi Al-Islam, h. 259).

Keempat, Islam juga membolehkan akad dhoman (jaminan), yaitu akad yang dilakukan seseorang untuk menggabungkan tanggungan pihak lain kepada tanggungan orang itu. (Rawwas Qal’ah Jie, Mu’jam Lughah Al-Fuqaha, h. 213). Kalau ada orang lain yang menjamin pembayaran mahar untuk isteri Anda, ini dinamakan akad dhoman, dan ini boleh menurut syara’. (An-Nabhani, An-Nizham Al-Iqtishadi fi Al-Islam, h. 185).

Kelima, Islam memberikan solusi berupa puasa, sebagai upaya menjaga kesucian diri (iffah). (An-Nabhani, An-Nizham Al-Ijtima’I fi Al-Islam, h. 97). Firman Allah (artinya) : “Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya.” (QS An-Nuur : 33). Sabda Nabi SAW,”Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kamu sudah sanggup menikah, menikahlah. Karena menikah itu lebih menjaga pandangan mata dan memelihara kemaluan. Kalau ia belum sanggup, hendaklah ia berpuasa karena puasa itu perisai baginya.” (HR Bukhari no. 4677, Muslim no. 2485)

Inilah sebagian solusi Islam, yang jika diamalkan akan dapat mengurangi beban biaya nikah. Yang kami cermati, kadang seseorang memperberat dirinya dengan sesuatu yang di luar kemampuannya, padahal itu tidak diwajibkan syara’. Misalnya walimahan, padahal walimahan hukumnya sunnah, tidak wajib. Demikian pula memberikan srah-srahan (hadiah) kepada calon isteri, hukumnya mubah, tidak wajib. Wallahu a’lam. [http://www.konsultasi-islam.com]

Yogyakarta, 16 Maret 2009

Muhammad Shiddiq Al Jawi

Iklan

40 Tanggapan to “Mau Nikah Tidak Punya Uang”

  1. abigibran said

    hmm .. tergantung pribadinya x ya ..

  2. omiyan said

    sekarang ini orang menikah dengan pesta intinya demi jaga gengsi, padahal Islam tidak seperti itu

  3. muslim said

    Alhamdulillah, islam bukan agama yang mempersulit umatnya.

  4. wah.. masukan buat saya nih..

    *sambil ngeliat target untuk nikah 2011 — amin..

  5. […] Here is the original: Mau Nikah Tidak Punya Uang […]

  6. Taufik said

    Saya tinggal didaerah yang semuanya serba mahal. saya juga ingin nikah saya juga sudah ihtiar dan berdo’a tapi sangat susah cari uang sampai 25 juta gimana yah

    Tanggapan :
    antum tinggal dimana? kok butuh dana sampai 25 juta?

    • wah mahal amat 2 juta saja cukup atau bisa kurang dari itu…
      maharnya kapal kali…?

    • Itatse said

      Pasti tinggalnya di daerah SULAWESI….. rata2 org sulawesi matre’ siiihhh… siri’ na pacce….. gengsi terus dijaga.. heran saya.. karna sya juga orang sulawesi… (sulawesi selatan)… Islam meringankan, orangnya yg membuat jadi berat sekali….

  7. Hanya sebagai gambaran untuk ikhwah…Sungguh!Sayapun saat memutuskan menikah tiada memiliki persiapan dana…Tetapi dengan keyakinan Allah adalah dzat yang maha Kaya dan dengan usaha serta perhitungan yang detail maka jalan rizqi itupun datang..oleh sebab itu maka yakinlah setiap hal yang kita niatkan ibadah pasti Allah berikan jalan…nikah adalah bagian dari ibadah,..dan satu hal yang harus senantiasa kita ingat! Pesta yang besar bukanlah sunnah dalam pernikahan, justru kemaksiatn,mubazir dan dosa akan berpeluang terjadi pada pesta-pesta yang besar…

    Tanggapan :
    keyakinan ttg rizki harus kita miliki. btw, kita juga tetap memperhatikan kaidah kausalitas.

  8. farkhan said

    Pertanyaan yang bermanfaat untuk mereka yang mempunyai niat nikah tapi terhalang dana,,,kan bisa ngutang dulu,,,insyaAllah setelah nikah akan dimudahkan rejekinya oleh Allah,,,amin

  9. ade sodikin said

    saya seorang hamba Allah yg sudah lama ingin menikah, akan tetapi ada kk perempuan saya. saya tahu bahwa dalam islam tak ada yg namanya larangan untuk melangkahi kk wanita. saya minta solusi bgimana caranya agar kk keluarga saya dapat mengerti akan niat dan keingnan saya untuk menikah?

  10. honey said

    oke dech….minta doanya semoga calon suamiku segera melajutkan hubungan kami menuju pernikahan. rencana 10-10-10.

  11. ayef said

    Assalammualaikum bukan itu yg di maksud,munkin ustad.
    tetapi membayar di KUA nya, yg tdk ada uang,apa itu bisa di hutang.
    ini banyak terjadi orang berpacaran,lalu di tegur suru menikah
    jawab nya tidak ada uang,kita harus liat ke bawah

  12. anna said

    ustad, gmn caranya nikah sirih?dan apa boleh nikah sirih berlain agama? karena aku bingung banget.

  13. muhammad said

    KALAU MAU NIKAH SIRI JAMAN SEKARANG NI UDAH SUSAH COY…
    LO TERLAMBAT
    DULU SAAT JAMAN GUA MASIH BISA BELUM DILARANG PEMERINTAH
    BAHKAN DULU POLIGAMI JUGA GA MASALAH..
    SEKARANG ??? HMMM KAYAKNYA PEMERINTAH SALAH NIH..
    MASA KAWIN AJA PAKE LARANG2 SEGALA
    LIAT TUHH ARAB…
    YA GA ?

  14. Anwar Hidayat said

    Islam itu nggak mempersulit kita ko…
    Bahkan Islam itu membuat kita menjadi “mudah”

  15. nia said

    hmm…. kalo pihak orang tua yang memberatkan karena gak enak ma rekan2 kerja, gimana???

  16. Siswandi said

    Anna:> nikah siri g haram kok. Sah bg islam. Krna plaksanaannya sama aja. Cuma pemerintah yg mlarang. Mngpa dilrang? Krn tdk trdftar. Yah, g msuk ke dokumen Negara gtu. So. Jika ini trjdi, Negara Kesatuan Republik Indonesia akan ksulitan mendata warganya. Dn mlakukn tndakan2 yg brkaitan. Yg pastinya status warga akn lambt/tdk ter-update.
    Brgkali gtu dh.. Jk slh klimat tlg di repair ya.. Hee.

  17. Azzama said

    Masalahnya ortunya itu yg minta pesta2,sedangkan mau cari calon mertua yg menerima apa adanya sulit.

  18. fitri said

    jaman skg bnyk pasangan yg pacaran beda agama tetpi ktika mo merid masuk ksalah satu agama n stlah merid kembali k agama semula.apakah sah pernikahan itu dalam islam?

  19. Agus Mulyawan said

    Alhamdulillah…
    Mertua saya paham akan hukum islam, malah dia tidak mau ada pesta resepsi segala, cukup pengajian dan undang tetangga..
    Tadinya pihak orang tua saya tidak setuju, malu, dan gengsi, setelah 1 tahun saya buktikan niat saya serta seringnya usaha saya untuk meluluhkan hati mereka, akhirnya mereka mengerti bahwa di islam resepsi itu sunnah dan sebaliknya mengelar resepsi karena tujuan gengsi malah menjadi dosa besar.

    Kami nikah hanya bermodal dana 5 juta, tahun 2011 kemarin. Urus surat, KUA, mas kawin (alat shalat dan Al-Quran), serta pengajian sederhana, bagi saya itu udah sangat bahagia, karena ketimbang bikin resepsi megah tanpa ada doa bersama. Jangan pernah takut untuk memutuskan untuk menikah, yang harus dipikirkan bukan dana, tapi kesiapan kita untuk menjadi kepala keluarga yang baik dan mendidik keturunan kita untuk menjadi para pejuang dijalan Allah.

  20. niceyusuf said

    Alhamdulillah. saya sudah baca sekilas artikel di atas
    saya remaja yang belum genap berusia 20 tahun. tapi keinginan untuk menikah sudah ada
    mengingat fitnah di zaman sekarang yang kian berat untuk dihadapi maka saya berkeinginan untuk menikah
    saya sudah bekerja namun belum punya cukup uang untuk menikah karena saya harus membayar biaya kuliah juga biaya kreditan motor
    ada seorang akhwat di tempat saya bekerja yang saya minati
    orang tua si akhwat pun sudah memberi lampu hijau asal dengan cara yang benar yaitu langsung melamar tanpa pacaran.
    masalahnya saya sampai sekarang belum menemukan tempat untuk meminjam uang baik pada kerabat maupun teman
    sudah begitu si akhwat dari keluarga betawi yang pada umumnya kalau menikah pasti ngadain acara resepsi yang lumayan WAH.
    kata teman saya yang sudah menikah minimal harus punya uang 15 juta

    duh duh duh
    galau !

  21. Baskoro said

    Ustad, sya mau curhat.
    Sya bru punya anak lg yg ke 2 mertua dan istri sya mengharuskan kekah shabis lebaran ini tp kondisi sya lg blum pnya uang ustad,klo wktu anak pertama alhamdulilah rejeki sya lancar jd sya tdk pusing sprt skrg ini.orang tua saya mau bantu tp sya malu dan apa boleh kalau mama sya yg membelikan kambing kekah pakai uang mama sya?sya sdh berdoa minta petunjuk allah swt tp mungkin smpai saat ini blum dksih jalan dan petunjuknya,jd gimana ya ustad sebaiknya?gara2 soal kekah sya sma istri sering bertengkar,karna kmauan sya nggu kalo sya ada uang tp pihak istri tetap memaksa,sya stres ustad mikirinya.mohon sran pak ustad bagaimana baiknya.

  22. Mumet said

    Saya juga pusing ustad kalau di sumatra dtmpat mertua kalo acara harus WAH krn mertua lumayan berpangkat,tp untuk kondisi saat ini sya bnar2 lg kosong dananya ustad,mertua bilang sya siapkan kambing dan pernak perniknya kalau tenda dll mertua yg biayai,tp dng kondisi saat ini sya bnr2 lg kosong ustad jd stres sya mikirinya. Tgl 26 tdk lama lagi ustad,harus gimana ini ustad.mohon pencerahanya ustad.trimaksih

    • tendy said

      Ass…
      Semua solusi’a ada di diri kita masing”…
      Inti’a qta serahkan semua urusan kita sma allah swt.di samping itu perbanyaklah sedekah dan jalankan perintah allah swt terutama dlm sholat.
      Saya bulan november ini tepat’a tgl 4-11-12 saya akan menikah,dan dana pun tidak ada,sedangkan orng tua kami berdua ingin pesta,alasan’a karna saya anak pertama dan calon istri saya anak terakhir.
      Emang stres di pkiran saya,tpi stlah saya shalat tahazud dan shalat sunah dhuna,serta sedekah,menjadi hati tenang dan yakin klo pesta itu akan terjadi.kita serahkan semua’a sma allah,dan yakini hanya allah yang dpat menolong kita,insya allah,semua’a akan berjalan dengan indah pada waktu’a.

  23. Rinz said

    pak ustad ,saia ingin menikah,tetapi biaya saia belum punya kebetulan hubungan saia sudah begitu lama sekitar 4 tahun lebih,dan disitu sudah banyak sekali fitnah,pernah juga saia digosipkan hamil,dengan inginnya menikah saia ingin menghindari fitnah ,saia takut dosa karena kebetulan kami kerja bareng,tapi alhamdulillah kami selama kerja bareng tidak pernah melakukan hal2 yang dilarang agama,apa tetep dosa pak ustad ,terima kasih ?

  24. Mahoney said

    Saya juga lgie galau ni Ustadz , saya perempuan dan umur sdh semakin tua, tp calon sy gakk punya modal buat pesta, sementara ortu saya tdk mau kl tdk ad pesta , malahan katany itu malah bikin fitnah d bilang hamil duluan gitu ustadz , aduhh pusing sy ustadz, manalah sy baru lulus dan pekerjaan gaji minim bgt , mgkin sy memang d takdirkan belum menikah2 sampe skrg, sedihh bgtz ustadz 😦 😦

  25. Jagatmaya said

    Bayar KUA nya juga mahal pak ustadz, penghulunya juga, minimal 2 juta baru mau menikahkan…

  26. Syukron…
    Informasi yang sangat bermanfaat…

  27. PRIYANTO said

    bismillahirrohmanirrohim….saya ingin menikah,kondisi ibuk aqu lg sakit,kami keluarga gak punya,sungguh kami ingin menikah,,,kami uda berdoa,usaha,dan cb pnjm dana,tp apa daya blm jg terlihat solusi pintu keluar,pdahal kami hnya bth sekitar 7jt an….jk ad lbh kami jg sangat bahagia,ya ALLAH,YA ROSUL ,tlng bantu kami….adrikni ya ALLAH YA ROSULULLOH

  28. Ida said

    Saya ingin bertanya nh , ada seorang peria adalah kekasih saya dan kami memutuskan akan menikah blan depan atw pun blan yang akan datang tetapi kekasih say slalu blg dana nya blum ada dan lg berusaha slama brtahun thn kami pacaran tp blum jg ada risky nya bagaimna solusinya agar kami cepat menikah tanpa membebani diri sendiri dan orang lain ,,,,

  29. Raka said

    Assalamuallaikum..
    Apakah agama islam dalam pernikahan di wajibkan acara/pesta?
    Dan,apakah mas kawin dari pernikahan wajib dengan barang perhiasan..seperti cincin atau kalung..
    Dan,apakah mempelai pria wajib memakai cincin mas tersebut..?tolong min penjelasaan nya..

  30. Terimakasih, 🙂 sangat bermanfaat ilmunya

  31. hamba yang juga ingin menikah said

    banyaaaaak sekali ternyata yang ingin menikah dan tidak punya dana. untuk para ustadz adakah solusi untuk masalah ini? kali aja bisa buat kumpulin donatur lah buat yang ingin menikah dari para ustadz dan yang memiliki kelebihan rezky.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: