Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Apakah yang Mendorong Iran Merubah Sikapnya Tentang Pemurnian Uranium?

Posted by Farid Ma'ruf pada 20 Oktober 2009

Soal: 
Apakah yang mendorong Iran merubah sikapnya tentang pemurnian Uranium? Selama bertahun-tahun sebelumnya Iran tetap bersikeras pemurnian Uranium itu harus dilakukan di Iran bukan di luar negeri. Akan tetepi hari ini setelah pertemuan Jenewa, khususnya pertemuan bilateral Amerika-Iran di sela-sela pertemuan Jenewa, pajabat Iran mengumumkan sikap mereka terhadap apa yang sebelumnya mereka tolak? Kami mohon penjelasan masalah ini. Mudah-mudahan Allah memberi balasan yang lebih baik kepada Anda.

Jawab:
Perubahan sikap Iran atas sikapnya yang sebelumnya bersifat tetap selama lima tahun terakhir itu, terjadi secara tiba-tiba dan tanpa indikasi sebelumnya, khususnya terkait masalah pemurnian Uranium. Yaitu persetujuan Iran terhadap pemurniaan Uranium untuk pertama kalinya dilakukan di luar negeri. Hal itu diangap sebagai konsesi dramatis substantif dalam politik nuklir Iran. Sebab terjadinya konsesi itu karena adanya tekanan Eropa dan Yahudi terhadap Amerika sampai pada pentingnya aksi militer riil terhadap Iran. Maka tidak ada yang bisa dilakukan Amerika untuk melepaskan diri dari tekanan itu kecuali memberi rekomendasi kepada Iran dan memaksanya untuk bersikap luwes menghadapi badai itu dan menerima pemurnian Uranium dilakukan di luar negeri Iran. Dengan itu Amerika bisa melepaskan diri dengan mudah dari tekanan keras Eropa dan Yahudi terhadapnya.

Pertemuan Jalili dan Barini di Jenewa, dan pada waktu yang sama Motaki berkunjung ke Washington setelah tiga puluh tahun, keduanya merupakan tahapan kunci dalam perubahan sikap Iran seratus delapan puluh derajat itu. Perubahan itu bisa meyakinkan Eropa untuk menerima perubahan baru itu dan kembali kepada rangkaian perundingan dengan Iran pada tahun-tahun ke depan jauh dari ancaman perang atau sinyal ke arah perang. Peluang untuk itu digugurkan di tangan Eropa. Perubahan itu membuat Eropa kehilangan lembaran tekanan terhadap Iran dan politik Amerika di dalamnya.

Dengan demikian, melalui konsesi Iran yang tiba-tiba itu, Amerika berhasil menggugurkan senjata yang selama ini dimanfaatkan oleh Eropa dalam persaingan sengit dengan Amerika di wilayah timur tengah.

16 Syawal 1430 H
4 Oktober 2009 M

Sumber : http://hizbut-tahrir.or.id/2009/10/20/soal-jawab-apakah-yang-mendorong-iran-merubah-sikapnya-tentang-pemurnian-uranium/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: