Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Antara Kuliah, Bekerja, dan Dakwah

Posted by Farid Ma'ruf pada 22 November 2009

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Ibu Pengasuh Rubrik Konsultasi Keluarga yang saya hormati, Saya seorang akhwat dan saat ini sedang menjalani perkuliahan di salah satu PTN di Bandung. Sambil kuliah saya mencoba mencari kerja sampingan untuk menutupi biaya hidup sehari-hari. Masalahnya orangtua saya sudah tidak bisa membiayai hidup saya lagi. Kakak sayalah yang sekarang ini membantu biaya kuliah. Sekarang saya bekerja sebagai tenaga pengajar privat.

Alhamdulillah dari sana beban orangtua dan kakak saya bisa terkurangi. Selain kuliah saya juga sedang belajar mendalami pemahaman Islam. Selama mengajar awalnya saya tidak mempunyai masalah karena semua aktivitas saya tidak ada yang terganggu.

Namun, dengan semakin padatnya aktivitas semester ini terutama kuliah dan ngaji, terpaksa mengajar privatnya jadi sore atau malam sehingga hampir setiap hari saya selalu pulang malam. Siangnya kuliah, ngaji dan dakwah, malamnya ngajar. sebenarnya saya merasa risih dengan kondisi seperti ini, namun harus bagaimana lagi. Kalau tidak sambil bekerja agak kesulitan juga menghadapi hidup di zaman kapitalis seperti sekarang ini. Mohon tausyiah dan solusinya bagaimana, agar saya bisa sedikit tenang. Jazakillah.
Wassalamu’alaikum Wr Wb.
Tika
Bandung

Jawaban :

Wa’alaikumssalaam Wr Wb.
Tika yang baik,

Insya Allah saya bisa memahami kesulitan dan kegundahan yang Anda rasakan saat ini. Saya rasa keadaan seperti ini, banyak juga dialami oleh akhwat yang lain. Tidak sedikit  Muslimah yang harus melakukan tiga aktivitas sekaligus, kuliah, dakwah dan bekerja. Semua ini dilakukan tentu saja karena tuntutan situasi. Kalau Anda diminta memilih, saya yakin akan memilih yang lebih baik. Perempuan memang tidak punya kewajiban untuk menafkahi dirinya, tapi dalam kondisi  seperti sekarang ini, di mana kita hidup bukan dalam sistem Islam, kadang-kadang bekerja terpaksa harus dilakukan.
Tika yang baik,

Saya salut dengan para Muslimah yang mampu melakukan ketiga aktivitas itu  sekaligus. Hal seperti ini tentu bukan situasi yang mudah dihadapi. Pertama, jelas memerlukan kekuatan fisik yang prima. Kedua, membutuhkan manajemen waktu yang baik agar ketiganya dapat terlaksana dengan baik pula. Anda patut bersyukur bahwa selama ini masih bisa melakukan ketiganya. Allah masih memberikan kekuatan dan kesehatan. Anda masih punya kakak yang mau membantu membiayai kuliah, Anda juga masih diberi kesempatan untuk mengajar privat yang dengan itu kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi. Alhamdulillah, Anda juga telah mendapatkan  pemahaman bahwa dakwah merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan seorang Muslim, sehingga Anda ingin mengembannya dengan sebaik-baiknya. Hadapilah semua ini  dengan rasa syukur,  insya Allah Anda akan lebih tenang. Hanya saja ketiga aktivitas itu memang membutuhkan kekuatan yang luar biasa. Anda harus menghadapinya dengan penuh semangat, serius belajar  agar kuliah segera berakhir dan satu  beban berkurang. Kalau Anda saat ini merasa penat dan risih dengan kepulangan yang malam hari, cobalah atur kembali jadwal ketiga aktivitas tersebut. Anda bisa membicarakan dengan murid lesnya, biasanya mengajar privat waktunya lebih fleksibel. Anda juga bisa membicarakan persoalan ini dengan akhwat yang lain yang sama-sama terlibat dengan aktivitas dakwah. Siapa tahu ada teman Anda yang bisa membantu memberikan jalan keluar. Biasanya dengan berbagi cerita akan mengurangi sedikit beban. Kalau memungkinkan, cobalah untuk mencari alternatif pekerjaan yang lain.
Tika yang baik,

Sama-sama kita sadari bahwa hidup dalam sistem kapitalis seperti sekarang ini membuat  sulit bagi kita untuk menjadi Muslimah yang ideal. Anda sendiri sudah merasakannya. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi kita untuk ikut terlibat dalam aktivitas dakwah yang bertujuan untuk mengembalikan kehidupan Islam. Dalam kehidupan Islam para Muslimah akan mendapat tempat yang terhormat. Kalau kita tidak bisa merasakan hasilnya, mudah-mudahan anak cucu tidak mengalami hal yang sama. Semoga Allah SWT selalu melindungi Anda dan memberikan jalan yang terbaik untuk menjalani kehidupan ini.[]

Sumber : http://mediaumat.com/konsultasi/981.html

Tinggalkan Balasan

 
