Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Pertarungan Internasional Dibalik Perang Yaman

Posted by Farid Ma'ruf pada 9 Januari 2010

Pertanyaan:

Apa yang sedang terjadi di Yaman? Apakah yang terjadi adalah pertarungan lokal sektarian yang dilakukan oleh kaum Houtsiyun dengan negara? Ataukah yang terjadi adalah pertarungan internasional menggunakan alat-alat lokal? Kami mohon penjelasan dan semoga Allah memberikan balasan kepada Anda yang lebih baik.

Jawab:

Sebenarnya apa yang terjadi di Yaman adalah pertarungan internasional yang memanfaatkan situasi lokal. Amerika berupaya sungguh-sungguh untuk menakut-nakuti pemerintahan Ali Abdullah Shalih yang merupakan orangnya Inggris di Yaman. Amerika paham bahwa Ali Shalih tidak menyisakan seorang pun politisi yang mampu sampai ke pemerintahan. Ali Shalih telah memerangi, menangkap dan mengasingkan semua politisi dari jenis yang lain… Karena itu, Amerika menggerakkan beberapa politisi yunior di selatan (yang dilatih oleh Amerika) untuk meraih kekuasaan politik yang akan datang. Pada waktu yang sama Iran mempersenjatai kaum Hotsiyun dan mendanai mereka untuk menciptakan inti yang membara yang membuat Yaman dan Saudi khawatir… Akan tetapi sampai sekarang ini, rencana politik Amerika adalah mengancam pemerintahan Ali Abdullah Shalih untuk mempermudah pergerakan kepentingan-kepentingannya di Yaman sebagai langkah pertama dari langkah-langkah berikutnya yang ditujukan untuk memasukkan pengaruh Amerika di Yaman secara penuh di jalan yang bisa jadi pendek…

Ali Abdullah Shalih menyadari perkara tersebut, sehingga ia menjalin kontak dengan Amerika dengan jalan mengikat kesepakatan keamanan dengan Amerika untuk menyenangkannya agar AS diam terhadap pemerintahannya… Surat kabar ash-Sharq al-Awsat pada tanggal 12 November 2009 melansir bahwa Yaman telah menandatangani kesepakatan keamanan dan militer dengan Amerika Serikat pasca serangkaian pembicaraan di antara pemimpin-pemimpin militer dan keamanan. Kesepakatan itu ditandatangani dua hari lalu di Shana’a.

Kesepakatan itu meliputi bidang-bidang kerjasama militer dan keamanan, tukar menukar informasi dan tenaga ahli di kedua bidang tersebut. Deklarasi kesepakatan tersebut dilakukan setelah serangkaian pembicaraan antara kepala staf umum militer Yaman Mayjen Ahmed Ali al-Ashwal dan direktur perencanaan di komando gabungan Amerika Brigadir Jenderal Jefrey Smith…

Jadi masalahnya sangat jelas bagi para politisi bahwa apa yang terjadi di Yaman merupakan pertarungan internasional dengan alat-alat lokal. Kesimpulan itu nampak terungkap melalui pernyataan negara-negara yang memiliki hubungan baik secara implisit maupun eksplisit. Menteri negara Inggris untuk urusan Timur Tengah, Ivan Lewis dalam pertemuannya dengan duta besar Yaman di London pada tanggal 24 November 2009, ia menyatakan bahwa di sana terdapat peran Iran di dalam berbagai peristiwa. Ia mengatakan: “Apa yang terjadi di Yaman adalah perang melalui perwakilan…”. Begitu juga menteri Inggris itu pada hari yang sama mengadakan pertemuan sejumlah wakil Inggris untuk mendalami situasi di Yaman. Di dalam pertemuan itu ikut serta duta besar Inggris di Shana’a Tim Torlot yang juga membicarakan peran Iran. Ia mengatakan: “Di sana ada pengaruh Iran sampai taraf tertentu…”. Inggris telah berjanji memberikan bantuan kepada pemerintah Yaman yang mencapai 105 juta Pounsterling selama tiga tahun kedepan terhitung sejak tahun ini.

Semua itu menunjukkan secara jelas bahwa apa yang terjadi di Yaman adalah pertarungan internasional menggunakan alat-alat lokal.

11 Dzul Hijjah 1433 H

28 November 2009

Sumber : http://hizbut-tahrir.or.id/2010/01/09/soal-jawab-tentang-perang-yaman/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: