Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Dakwah Terhambat karena Anak Sering Sakit

Posted by Farid Ma'ruf pada 10 Juni 2012

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum.Wr. Wb

Ibu Pengasuh Rubrik Konsultasi Keluarga yang saya hormati,  selain seorang ibu dengan 1 anak usia 14 bulan, saya juga seorang aktivis dakwah. Sejak punya anak, ujian anak sakit sering sekali sehingga dakwah saya tidak optimal lagi. Akhirnya suami me-warning tidak boleh membawa anak ketika keluar rumah sampai kesehatan anak sudah stabil. Apalagi anak saya pernah 2 kali step dan sering opname di rumah sakit. Kami belum bisa punya pengasuh, suami juga belum mau bergantian mengasuh  kalau saya harus keluar rumah, dengan alasan anak masih menyusui dan belum bisa jalan. Mohon solusinya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

BE

Jawa Tengah

Wa’alaikumsalam Wr.Wb.

 

Jawaban :

Ibu BE yang baik,

Dakwah memang menjadi kewajiban bagi setiap Muslim. Sesungguhnya misi utama Rasulullah SAW adalah berdakwah, yakni mengajak semua manusia kepada jalan yang benar. Berkat dakwah yang terus dilancarkkan tanpa henti, Islam bisa tersebar ke seluruh dunia, dipeluk, dipahami dan diamalkan oleh manusia dari berbagai suku dan bangsa. Salah satu inti ajaran Islam memang perintah kepada umatnya untuk berdakwah, dan menjadi ciri seorang Muslim adalah kepeduliaannya terhadap dakwah. Dakwah juga merupakan wujud kasih sayang dan kepedulian seorang Muslim terhadap Muslim lainnya, bahkan sesama manusia.

(Dan) orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka penjadi penolong sebagian yang lain.  Mereka menyuruh yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan RasulNya.  Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah, sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana “. (QS. At-Taubah:71)

Ibu BE yang baik,

Tugas utama wanita adalah sebagai ibu dan pengatur rumah tangga. Walau dakwah merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, tetapi setelah berumah tangga dan punya anak pelaksanannya harus diatur dengan melihat  skala prioritas. Ketika dihadapkan pada beberapa aktivitas rumah tangga dan peran ibu yang semuanya wajib,  maka aktivitas yang paling urgen itulah yang didahulukan. Anda sekarang sedang diuji dengan anak yang sering sakit, sehingga merasa dakwah tidak optimal. Anak sakit, tentu membutuhkan perhatian yang lebih. Apalagi sudah beberapa kali diopname dan pernah step. Cobalah cari tahu kenapa anak Anda sering sakit. Anak-anak biasanya mengalami sakit karena daya tahan tubuhnya belum kuat dan masih sangat sensitif. Terlebih lagi bila pola makan dan istirahatnya kurang memadai. Bila anak sering kali tidak mau makan, dan lebih banyak bermain tidak heran kalau kemudian mudah sakit, kekurangan energi, vitamin dan mineral. Bila anak cukup sensitif, lakukan upaya pencegahan dengan menjauhkan anak dari sumber penyakit. Misalnya, tidak dekat-dekat dengan orang yang tengah sakit supaya tidak  tertular.

Mintalah nasihat dari dokter,  perlakuan apa saja yang boleh dan tidak untuk membantu penyembuhan.

Ibu BE yang baik,

Kalau saat ini suami membatasi aktivitas Anda berdakwah keluar rumah, Insya Allah hanya sementara, tidak selamanya. Sumai Anda insya Allah juga memahami bagaimana seharusnya sikap seorang Muslim terhadap dakwah. Bukan tidak mungkin ia sedang memberikan kesempatan kepada Anda agar dapat memberikan perhatian lebih pada kesehatan si kecil. Toh suami hanya   me-warning tidak boleh membawa anak ketika keluar rumah, sampai kesehatan anak sudah stabil. Bukan melarang Anda untuk berdakwah. Bukankah aktivitas dakwah tidak selamanya harus dilakukan di luar rumah. Sedikit bersabar sampai si kecil benar-benar sehat. Jika sering sakit, Anda juga akan repot. Aktivitas yang dapat dikerjakan di dalam rumah pun menjadi terbengkalai. Jalin kerja sama yang baik dengan sesama ibu-ibu yang lainnya. Manfaatkan kehidupan dakwah berjamaah, sehingga bisa saling membantu. Yakinkan pada suami bahwa Anda akan berupaya sungguh-sungguh menjaga kesehatan si kecil. Mintalah selalu pada Allah SWT agar si kecil segera diberikan kesehatan, dan aktivitas dakwah Anda tetap berjalan dengan lancar. Pertolongan Allah kadang tidak terduga datangnya. Mudah-mudahan Allah SWT melindungi, memberikan jalan terbaik dan meringankan semua beban Anda. Amiin..[www.konsultasi.wordpress.com]

Sumber : Tabloid Media Umat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: