Konsultasi Islam

Mengatasi Masalah dengan Syariah

Hubungi Kami

Anda bisa menghubungi kami di alamat berikut :

Email : faridmaruf@yahoo.com atau faridmaruf@gmail.com

Yahoo Messenger : faridm_yk

SMS : 08175423370

Alamat Pos : Jalan K.H.A. Wahid Hasyim nomor 76 Bantul Yogyakarta 55712

Atau silakan mengisi form berikut ini. Pesan anda akan langsung terkirim ke email kami (tidak terpublish di blog). Pesan mohon jangan terlalu panjang.






46 Tanggapan to “Hubungi Kami”

  1. sifa said

    Ass…..,
    Saya adalah wanita berusia 20 tahun,saya sdh berpacaran selama kurang lebih 4 tahun. Saya sudah di lamar oleh pacar saya sejak 3 bulan yang lalu dan sampai saat ini saya belum di nikahi. Saya dan calon saya ingin sekali menikah,tapi calon saya belum punya biaya untuk pernikahan. dan sekarang saya harus memilih apakah saya mau menunggu dia sampai dia mampu atau kalau saya tidak mau saya di persilahkan untuk mencari laki-laki yang menikahi saya dalam waktu dekat? saya bingung,karna saya sayang sama dia. Pertanyaannya apa yang harus saya lakukan saya menunggu dia yang ga pasti kapan menikah atau saya cari laki-laki lain?
    Terima kasih

    • klo menurut aq uda jlas di dlam al qur’an:
      1. (an-nur : 32) “menikahlah saja, pasti Allah beri kekayaan,,,,,,,,,,,,,
      2. (hud : 6) “menikahlah saja Allah yang akan akan ngasih makan dan di kehidupan umat.a”

  2. kaida said

    ass

  3. cinta said

    a

  4. cinta said

    ass

  5. aktha said

    bolehkah ana ikut menjadi anggota konsultasi ini

  6. Diriku said

    saya inin menanyakan mengenai hubungan suami istri sebagaimana yang pernah di muat oleh Ust. Muhammad SA.

    apakah benar boleh/mubah hukumnya berhubungan badan dengan istri yang lagi haid??

    saya ingin lebih memahami lebih jauh penjelasan ustadz pernyataan ini, karena selama ini yang saya tahu bahwa haram hukumnya berhubungan badan dengan istri yang sedang haid..( maaf “berhubungan seks dengan alat kelamin”).

    terima kasih sebelumnya

    hamba ALLAH yang ingin memperbaiki keimanannya..

  7. tika said

    Ass,saya ingin bertanya kepada ustadzah mengenai
    1.tentang konsep islam pada masa kehamilan itu seperti apa?

    2. bagaimana cara agar setiap kita belajar cepat masuknya dan ga’ mudah lupa?

    3.saya ingin curhat masalah bagaimana kita dapat meraih kesuksesan untuk menjadi bidan dan bagaimana cara menghilangkan rasa was2 “apakah saya bisa”.

    4.bagaimana cara agar kita dapat disayang Allah SWT?

    terimakasih ustadzah sebelumnya saya minta maaf.tolong jika bisa dibalas secepatnya.

  8. sastro w said

    bagaimana hukumnya mendatangi pesta perkawinan, yg mana si perempuan adalah murtad mengikuti si lelaki

  9. yopie said

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya ingin menyampaikan pertanyaan tentang buang air kecil yg menganggu saya saat hedak mengerjakan sholat dan sudah bertahun-tahun saya alami(sejak dari kecil).
    Setiap saya selesai buang air kecil,zakar saya selalu ada sisa dan meneteskan air kencing(walaupun sedikit sekali) padahal saya sudah berkali-kali membasuhnya atau membersihkannya hingga saya berdehem 3x tp tetap saja keluar walaupun cuma sedikit.Sehingga menghambat saya saat hendak sholat dan lebih parahnya lagi saya sempat tidak bisa sholat karena kejadian tersebut sampai saya trauma.Saya takut kl saya tetap sholat dengan kondisi saya tersebut maka sholat saya tidak diterima karena najis tersebut.
    Saya sampai sering berganti ganti celana dalam saat hendak sholat karena khawatir sholat saya tdk sah.
    Sampai saya mepunyai cara yaitu menunggu sampai tidak menetes lagi tp waktunya sampai lama hingga berjam-jam,dan kemudian saya baru menuanaikan sholat.Tp kemudian saya tahan agar tidak buang air kecil lg selama berjam-jam walaupun secara kesehatan tentunya tidak baik.Saya takut bila kencing lg maka membersihan dan menungu sampai bersihnya susah dan memakan waktu sehingga menhambat kegiatan saya.
    Pernah suatu saat teman saya mengatakan:kalau setiap habis buang air kencing maka berdehem 3x dan kl tetap menetes didalam celana maka katanya tidak apa-apa dan boleh utk sholat.Tp saya kemudian bertanya ke banyak orang lain dan mereka ada yg setuju tp jg banyak yg menolaknya.
    Mohon saya dijelaskan apa yg harus saya lakukan menghadapi cobaan ini.Saya sangat stress memikirkan hal itu.Demi Allah saya ingin sholat dan saya ingin sah sholatnya.
    Saya tunggu balasannya.
    Wassalamualaikum.wr.wb

  10. y Awaluddin said

    Ass.ww. Ust tolong stiap referensi/buku yang ust pakai dalam pembahasan materi di cantumkan jg dmana dapat diperoleh/dbeli dan harganya sehingga kami2 yang masih buta akan ilmu syariah dapat jg membaca dari buku yang ust gunakan…Jazakallah khairan katsiraa
    Wasalam WW

  11. muslimah said

    Assalamualaikum,saya ingin menanya ustad apa hukumnya berkahwin tanpa wali.Saya sudah membaca dan mencari jawapannya cuma disini saya menjadi agak keliru mungkin kerna pandangan manusia itu sen diri.Ya gini sebenarnya adik saya seorang janda dan berkahwin dengan suami orang masalah ialah mereka berdua berkahwin tanpa wali dan berkahwin di sempadan thailand kerna alasannaya berkahwin di negara sendiri terlalu sukar dan sulit.Walaupaun ayah saya mengiizinkan tetapi bapa saya tidak pergi bersama mereka dan apa yang peliknya kami sekeluargapun tidak tahu siapa yang menikahkan mereka adakah seorang kadi yang sah disisi islam.
    kini adik saya telah hamil dan perkahwinan mereka tidak diiktiraf.Saya sebagai kakak yang paling tua sudah dari awal tidak merestui perkahwinan mereka kerna dasarnya tidak sah.saya telah cuba untuk berbicara secara baik dengan ayah ibu dan adik saya sendiri mengenai hal ini mereka ternyata menolaknya.saya seorang anak yang tahu serba sedikit asas-asas agama sudah berusaha sedaya upaya untuk mengembalikan mereka ke jalan yang benar.Apa yang menyedihkan saya mereka telah menolak syariat yang telah di tentukan Allah.Nauzubillah……

  12. muhsin said

    segera setalah dibenahi, pesan saya yang pertama dihapus agar tidak menimbulkan keinginan (syahwat) bagi orang yang membacanya

    Tanggapan :
    Terima kasih atas koreksinya. Kesalahan telah kami perbaiki.

  13. ulan said

    hai boleh ikut konsul gak

  14. riska said

    assalamualaikum wr.wb

    saya ingin sekali berbagi dan mencari solusi dengan masalah yang saya hadapi… saya terlahir dari keluarga yang bisa dibilang cukup miskin ..saya ini selalu didik dari kecil seperti layaknya anak2 cowo sepantaran saya hingga saya dewasa sifat kelelkian saya terbawa samapai sekarang saya duduk dikelas 3 smp di sekolah negri awalnya saya tak tau apa yang saya rasa waktu itu terhadap teman wanita saya …saya rasa ketertarikan saya sudah muncul mulai kelas 4 sd sesama teman wanita saya hingga kelas 3 smp saya baru menyadari ini suatu hal yang janggal dan sangat menjijikan bagi orang normal disekitar saya..saya selalu menahan keinginan saya untuk berpacaran sesama jenis ..saya juga ingin mencari solusi dari dahulu seperti ke pskiater atau ke ustadz tapi…karna masalah keluarga tentang ekonomi yang kurang memungkinkan saya tidak pernah ke pskiater kalo ke ustad saya malu akan hal ini …karna orang tua saya juga tidak tahu apa yang terjadi pada anaknya ..ortu saya sering sekali mengejek saya lesbian karna berpenampilan seperti anak cowo jadi saya takut mengungkapkan hal yang sebenarnya saya takut orang tua saya trauma dan marah dan malah mengusir saya seperti yang perenah mereka bilang jika salah satu anaknya ada yang tidak normal walaupun mereka mengycapkanya dengan nada bercanda saya jadi takuttttttt sekali …tapi saya tidak suka sama lelaki ..saya sudah berusaha tapi sulit saya hanya bisa mencintai sesama jenis saya harus bagaimana ..saya benar2 ingin mencintai lawan jenis dalam hidup saya tolong saya saya bingung dan takut ortu marah?????????

    Yahoo! Toolbar kini dilengkapi dengan Search Assist. Download sekarang juga.

  15. riska said

    tolong bantu saya …saya takut menikah…saya benci lelaki …saya benci…tapi saya TIDAK MAU MENCINTAI SESAMA JENIS LAGI..BANTU SAYA SAYA..HANYA ANAK2 YANG TIDAK TAHU APA2

  16. riska said

    SAYA INGIN HIDUP NORMALLLLLLLL KOK RASANAYA SUSAH ..SEKALI WALAU SAYA SUDAH BERUSAHA TAPI HATI SAYA HANYA MENCINTAI SESAMA PEREMPUAN DAN MUDAH SEKALI JATUH CINTA TERHADAP SESAMA SAYA ..PLEASEEEEEEEEEEEEEEEEE BANTU SAYAAAAAAAA SAYA TAKUT ORANG TUA MARAHHH

    • muza said

      assalamu’alaikum..
      aku baru baca nih..ikut komen ya?barangkali membantu
      masalah Riska bikin ga nyaman pasti.
      coba perbanyak ibadah…sedekah, sering2 sholat malam dan sholat sunnah lain. Minta petunjuk sama Allah…Allah pasti akan menjawabnya. Yang sabar ya? semoga cepat diberi petunjuk sama Allah

  17. M said

    assalamualaikum. ustad saya sudah mengirim email ke ustad. mohon dibalas ya. jazakallah khairan…

    wassalamualaikum wr wb.

  18. Juniar said

    saya ingin menikah tapi hubungan saya dengan pasangan saya tidak direstui orang tua saya (pihak laki2)lantaran perbedaan derajat bagaimana solusi yang tepat

  19. lely said

    Saya seorang istri tinggal di kota suami ,rumahtangga sudah 7 tahun tapi sampai sekarang suami saya tidak pernah berubah kebiasaan tidak percaya,kurang menghargai saya dan yang lebih parah dia slalu menerima curhat wanita lain yang maaf udah bersuami juga serta suka dunia malam,sekarang apa yang harus saya lakukan pak sedangkan keluarga suami cenderung keluarga yang cuek dan kurang memperhatikan hal kecil cenderung slalu mengambil kesempatan dan pengorbanan saya cenderung tidak dilihat,mohon bantuannya ya pak langkah apa yang harus saya ambil apa cerai itu langkah yang baik

  20. ika kusuma said

    Assalamualaikum…saya mau tanya, mohon dijawab karena menurut saya ini urgent:saya mengalami haid yang berkepanjangan (selama 1 bulan lebih) saya sangat ingin sekali beribadah dibulan puasa ini, apakah puasa saya mengingat saya selalu mengeluarkan darah.
    terima kasih wassalam

  21. abu haqi said

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ust. Ana mau tanya.
    Bagaimanakah hukumnya mengambil air di masjid untuk keperluan masak/rumah tangga tanpa sepengetahuan takmir(masjidnya di buka). karena pada waktu itu pompa di rumah saya mati. mohon balasannya secepatnya… Syukron wasss

  22. apsari said

    Saya Apsari ingin menanyakan saya perempuan dari bali.Saya mempunyai pacar yang muslim sedangkan saya hindu.Saya pun sudah sangat cinta pada pemuda muslim itu.Orang tuanya pun mengijinkan kita nikahtetapi harus islam dulu.Saya pun menyetujuinya karena sebelumnya saya sudah ingin masuk islam.Karena islam menurut saya agama yang indah.Tetapi kluarga saya di bali tidak mengijinkan saya menikah dengan pemuda itu.Dan saya pun memutuskan untuk pergi dari rumah.Dan pemuda itu mengajak saya pergi ke rumah orang tuanya di blitar.Saya pun pergi demi bisa menjadi mualaf.Bagaimana cara agar saya bisa diislamkan,apakah nama saya sebagai orang bali harus dirubah,apakah perlengkapan umat islam perempuan,pantangan umat islamdan apakah perbuatan saya termasuk perbuatan dosa?

  23. andra said

    assalamu’alaikum,ustadz saya mw bertnya n mhon solousi nya??
    saya seorang mhs di salh stu PT d padamg.bgni ustadz saya baru mengontrk rumh,saya dan temn2 mengntrak selam 1th.tp yang nmanya kontrak harus lunas dimuka.yg masalh dsni sya trpaksa membyar kekurangan yang ada.dan tentu saja ini membuat saya agak gmna ya!!kan gak enk kta sama2 ank dr kampung yang orang tuanya cm seorang ptani,kan gak punya uang banyak.dan tman yang dlu pernah mengtakan akan memprthankan rmah ini ktanya pokoknya masalah uang jangan kwatir!tapi setelah itu dia sndri yang gak bayar.tentunya saya merasa tersinggung jd bgaiman penyelesaiannya ustadz???? syukran

  24. Tika said

    Ass Ustd, saya tika umur 20 tahun saat ini saya sedang menjalani taaruf dengan seorang ustd tahun ini kami niat ingin melangsungkan pernikahan namun sebelum kami menikah kami ingin melakukan shlt istikharah terlebih dahulu kami ingin mendapatkan petunjuk yang terbaik dari allah namun dalam mimpi dya kami bertemu namun hilang lagi mimpi itu terjadi 3x berturut-turut dan kalau saya sampai sekarang belum bermimpi atau diberikan petunjuk oleh allah sekarang saya sedang keadaan bungung tad, apakah mimpi itu suatu pertanda bahwa kami tidak jodoh? apakah mimpi itu adalah benar petunjuk dari allah? namun jika memang allah berkehendak lain saat ini saya belum siap menerima tad karena saya masih sangat mencintai dya dan dya juga sebaliknya lalu dya mengatakan kepada saya untuk saat ini kita hanya dapat berpasrah pada allah kita serahkan semuanya pada allah kalaupun kita jodoh pasti takan kemana dan kita juga harus berusaha lagi dan berdoa dengan sungguh-sungguh karena sesungguhnya allah akan mengabulkan doa hambanya yang bersungguh-sungguh saat saya ingat perkataan dya semakin berat tad untuk melepaskan dya apabila suatu saat kami tidak berjodoh jadi apa yang harus saya lakukan? afwan mohon bantuannya

  25. Budy said

    assalamualikum……
    dengan berat hati saya ,memohon masukan dari ustadz…begini ustadz, say mempunyai kakak perempuan dia selalu dizalimi oleh suaminya, maksudnya buakn kekerasan fisik tapi lebih, kemasalh perasaan, suaminya selingkuh dan kakak say sudah sadarkan dia bahkan kedua orang tuanya juga sudah memberiakn petuah, tapi dia tidak mendengarkan ustad, bukan hany itu ustad dia juga tidak menghargai kedua oarng tua say bahkan tidak pernah bicar sedikit pun,,sekali pun itu hany menanyakan kabar,mungkin dia malu punya istri orang miskin.. , sepertinya kakak say sangat sabar untuk menjalaninya, pernah kakak say minta ceria tapi katany, nati2 dulu dilihat dulu bagaiman keadaanya, kaisn kakak q ustd dia hanya dianggap sebagai boneka,truz lebih parahya ustd dia selingkuh sama istri orang..say saj yang melihat kelakuan kakak ipar saya tidak tahan ustad…. hanya sekilas ini yang say bisa ceritankan.
    wass………

  26. Garcia said

    boleh gak bantu aku tuk menyelesaikan masalah aku.

  27. ainaljkr said

    sila hantar kan kepada saya tentang bab2 agama..

  28. LOKMAN said

    apa suami boleh menuntut anaknya setelah cerai fasak. sedangkan suami tidak pernah memberi nafkah kepada anaknya. malah bekas isterinya juga terpaksa membayar rumah dan kereta

  29. solihin said

    assalamu’alaikum pa ustd aku mau nanya waktu aku bertengkar ama istri aku sempet kesalahan ucapansaya ucapankeluhanbegini ” aduh kalau lama terus begini mungkin hubungan kita lama – lama bisa cerai ” itupun ucapan spontan mungkin karena saya emosi . yang aku tanyakan pa ustd ,apakah status saya ini sudah jatuh talak 1 walaupun aku masih sayang ama istri .?

  30. tony said

    assalamu’alaikum ust
    mohon petunjuknya………
    saya mendapat musibah yg saya alami kurang lebig 5 th,saya lelah,letih jg frustasi mencari solusinya,musibah itu;saya bisa mencium kalo ada jin ato setan didekat saya,tanpa saya sengaja.bau yg saya cium kdg bau darah,menyan ,dupa atau wangi,dll kebanyakan baunya g enak.saya sholat 5wkt,dan saya jg dah bertobat nashuha,saya jg melakukan terapi ruqyah beberapa kali tp tdk ada reaksi apa2.mohon petunjuknnya
    terima kasih.wassalam

  31. Taufiq said

    Sya mw tnya, blehkah kta mmplajari ilmu tnaga dalam. trus bgaimana pula hkumnya orang2 yg punya jin untuk mlindungi dri maupun untuk jaga jaga

  32. Farel said

    Assllamualakun wr.wb
    Pak. . Saya mw tnya mengapa saya selalu bepmimpi tentang hal-hal yg mengenai sholat. . Apkah arti dan maknanya . Trimksh

  33. FAISAL DMK said

    SAYA PERNAH BERJINAH SE BAYAK 7 KALI.KERENA SAYA MAU TAKUT KE HILANGAN DIA,TAPI DIA MENINGGAL KAN SAYA , GIMANA?
    SAYA DARI UMUR 10 TAHUN UDAH JADI BUDAK NAFSU SENDIRI, SAMPAI SEKARANG USIA SAYA 27 TAHUN SAYA SERING MELAKUKAN ITU,GIMANA?

  34. Dedy Hans said

    Assalamu’alaikum wrwb …
    Ustaz af1 mo tanya :Wajibkah seorang Muslim turunan mengucapkan kalimah Syahadah untuk menyatakan keIslaman dirinya dengan disaksikan org2 yg pernah bersyahadah???? tlg berikan dalil2nya.
    Syukron pak ustadz

  35. febry said

    Ass,
    Pa ustadz tolong beri tau saya.
    Jika seseorang melakukan toubat nasuha, apakah semua perbuatan jahat dan keji di dunia akan diampuni dan tidak memdapatkan ganjaran yg setimpal.?
    karena setau saya Allah SWT maha penerima toubat waloupun dosanya sampai setinggi langit. apakah artinya jika dosanya diampuni lalu perbuatan jahatnya bebas dari ganjaran yg setimpal di dunia. sedangkan orang yang di zholiminya tidak pernah menaafkanya. dan apakah orang yg tdk memaafkanya karena sakit hati yg mendalam ada hukumannya..?
    Mohon balasanya….
    Wss..

  36. rosa said

    saya baru sebulan menikah, tapi suami sikapnya berubah total, dia bilang dia tidak ada rasa dg saya, tapisemua rukun nikah sudah terjalani, adilkah ini buat saya setiap hari saya menagis minta diberi kesabaran oleh Alloh, apa yg harus saya lakukan?kalau ditanya baik2, suami selalu bilang saya tidak punya salah, yg slah adalah dia, dia beri waktu 1 bulan atau 2 bulan, kalau dia tidak tahan dia akan meninggalkan saya, saya tidak tahu apa masalahnya, gmana ini? apa yg harus saya lakukan???

    terima kasih

  37. pujangga merana said

    Assalamualaikum Wr.Wb pak ustad saya punya istri tapi dia terpaksa pergi meninggalkan saya karna kehendak orangtuanya, kami rumah tangga sudah 1hn & belum dikaruniai anak, kami berdua saling mencintai, tapi orangtua istri saya tidak setuju dengan hubungan kami, karena ekonomi yang kurang menunjang, istri saya dipaksa keluarganya untuk pulang meninggalkan saya dengan ancaman akan menganiaya bahkan membunuh saya apabila dia tidak pulang. padahal kami berdua sah menikah dimata agama & hukum, dengan wali ayahnya sendiri, tapi mengapa ini harus terjadi setelah kita menikah? saya sekarang hanya bisa pasrah dan berserah diri pada sang Khaliq, hati saya sangat terpukul,sakit,& kecewa yang teramat sangat dalam, tolong bantu saya dari masalah ini ustaz. yang saya mau tanyakan ustaz, 1. hukum nya dalam islam bagaimana dan ganjaran apa yang Allah berikan pada mereka? 2. siapa yang berdosa? 3. dan apa yang terbaik yang harus saya lakukan selanjutnya menghadapi masalah ini? terimakasih banyak ustaz wassalam Wr.Wb.

  38. kuyunglapaceh said

    Terkadang aku lupa setelah buang air kecil tidak dicuci..terus ketika terdengar azan.saya langsung ambil air wudhu dan trs sholat..
    Bagaimanakah sholat saya dan kesempurnaanya.

  39. Mursalin said

    mohon bantuannya dalam memecahkan problem . . .

  40. seorang pria said

    pak ustadz.. sy mau nanya..sy ini klo kencing saya lepas celana lalu sy urut2 dan saya kencangkan otot kencing sy shingga sya yakin tiada lagi bkas air kencing…tpi ktika sy mau pasang celana seringkali sy merasa ada gerak di di saluran kencing saya tpi sy ga tau sy itu kencing lgi atau tidak krena masih basah…dan juga seringkali sy selesai mandi trus sholat mau sujud tiba2 sy mrasakan jg disaluran sy itu sperti ada yg gerak….hukumnya gimana pak? dan ketika batuk2 sy mrasa jg ada gerak suatu di saluran kencing saya pas sy coba sentuh sampai kedalam lubangnya seperti ada lengket tpi dicium tidak bau seperti kencing..

  41. miratul ulya said

    assalamu’alaikum ustadz. sy mau tny, suami sy menjatuhkan talak 3x kpada sy. solusi yg baik menurut islam untuk rujuk kembali dgn suami sy gimana ustadz.? & berapa lama msa iddah sy dlm keadaan tidk mngandung ? mhon jwabn ustadz, trimaksih. wassalam……

  42. amel said

    Assalamualaikum…saya ingin bertanya tentang arti sebuah mimpi setelah saya melakukan shallat istikharah dan saya melakukan shallat itu krna ingin meminta petunjuk untuk kelangsungan rumah tangga saya antara saya harus lanjut atau bercerai “di dalam mimpi itu saya menerima sebuah cincin emas dri suami saya yg tujuanx untuk di pakaikan ke anak saya tapi cincin itu tida terlihat seperti cincin emas asli krna dri wrna yg sdikit aga berbeda dan terlihat aga kotor dan berkarat tapi saya sendiri melihat suami saya membelinya di toko emas” saya mohon bantuannya atas apa arti dari sebuah mimpi saya ini karena saya sendiri tida bisa mengartikan sendiri mimpi tersebut,sebelumnya saya ucapkan terima kasih.wassalam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: